Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Teknologi NFC NearField Communication Semakin Diminati Di Mata Dunia

ElrondxAvatar border
TS
Elrondx
Teknologi NFC NearField Communication Semakin Diminati Di Mata Dunia
Teknologi NFC
NearField Communication Semakin Diminati Di Mata Dunia

emoticon-Hot News

Hai Agan” skalian, sebelumnya ane mengucapkan slamat dtg di Thread Ane…

Enjoy This Information




Halo agan2 skalian, pasti beberapa dari agan2 skalian sudah mendengar teknologi NFC, bahkan di luar negeri makin diminati dan diperkirakaan akan mendunia dalam waktu dekat. Apa sih itu? Mari ikuti ulasan yang saya buat di bawah ini terlebih dahulu….
emoticon-Request
Near Field Communications (NFC) merupakan nama umum untuk sebuah teknologi baru yang memungkinkan interaksi antar perangkat jarak dekat yang bearasal dari pengembangan dari kartu Radio Frequency Identification (RFID). Berawal dari adanya Forum Near Fielad Communication (http://www.nfc.forum.org/home/) yang didirikan pada tahun 2004 yang merupakan asosiasi non profit yang bertujuan untuk menerapkan standarisasi, mengplementasikan serta mempromosikan teknologi NFC.Ada dua kubu utama: NFC terbuka dan NFC secure. NFC terbuka mengacu pada interaksi antara dua perangkat berkemampuan NFC, atau penggunaan sebuah perangkat NFC untuk membaca sebuah tanda NGC (chip yang tertanam di poster, kartu, atau media cetak lainnya) untuk menerima konten atau melakukan sebuah hal. Secara prinsip RFID memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM. Hanya perbedaanya dengan kartu ATM adalah tidak perlu digesek melainkan cukup didekatkan ke suatu alat yang disebut reader. Di Indonesia sendiri kartu RFID sudah banyak digunakan seperti e-toll untuk pembayaran otomatis di gerbang tol.

NFC secure, di lain pihak, mengacu pada penggunaan perangkat mobile sebagai sebuah dompet atau kartu kredit virtual untuk melakukan pembayaran dengan cara mengibaskannya di atas sebuah pembaca NFC. Sehingga HP atau Smartphone yang sudah tertanam chip NFC dapat bertindak sebagai reader. Untk pertama kalinya teknologi NFC juga akan diintegrasikan ke dalam kartu SIM yang memungkinkan operator kartu untuk memasukkan layanan NFC langsung ke kartu itu sendiri.

Saat ini NFC dipandang sebagai salah satu area yang paling menarik di industri ini dari sudut pandang pendapatan, karena menurut data riset Jupiter diperkirakan akan ada 700 juta ponsel berkemampuan NFC yang terjual hingga tahun 2013. NFC terbuka berpotensi untuk mendorong berbagai peluang bisnis bagi pengembang, peritel, pengiklan, pembuat perangkat elektronik, dan lain-lain. Dengan teknologi NFC terbuka kita cukup menyentuhkan perangkat berkemampuan NFC ke sebuah tanda NFC untuk melakukan hal-hal seperti “check in” di lokasi tertentu, mengumpulkan poin di sebuah toko, atau mengakses situs web tanpa harus mengetikkan URLnya. Tanda NFC juga bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah aplikasi di toko aplikasi online mana pun; misalnya, daripada harus mengunjungi sebuah toko online untuk mencari sebuah aplikasi, anda cukup menyentuh sebuah tanda dan langsung mengunduh aplikasi tersebut.

Tanda NFC, yang harganya sangat murah, menawarkan potensi yang luar biasa bagi pengiklan, peritel, dan pihak-pihak lain untuk menjangkau, memberikan points , dan tetap berhubungan dengan para pelanggannya. Tanda-tanda ini bisa dipromosikan di lokasi mana pun, termasuk penjual ponsel, kedai kopi, atau bahkan di supermarket, dengan hasil yang cepat dan terukur. Dan bagian terbaiknya adalah untuk membaca tanda NFC tidak dibutuhkan infrastruktur yang besar, selain jumlah yang besar dari perangkat berkemampuan NFC yang ada di pasar, dan dukungan para pemasar akan kelebihan tanda NFC.

Selain membaca tanda, dengan NFC terbuka kita bisa dengan mudah menghubungkan ponsel NFC kita dengan yang lain, cukup dengan menyentuhkan kedua ponsel. Dengan cara ini kita bisa dengan mudah memindahkan file gambar, data, musik, seperti foto, atau bermain game, tanpa harus melalui langkah yang memakan waktu untuk melakukan pairing Bluetooth sehingga dilakukan dengan lebih sederhana dan nyaman.
NFC terbuka juga memudahkan anda untuk menghubungkan perangkat mobile anda dengan pengeras suara atau headphone nirkabel berkemampuan NFC. Bayangkan situasi di mana anda, setelah berolahraga sambil mendengarkan musik di headphone, kemudian pulang dan langsung menyentuhkan ponsel anda ke pengeras suara berkemampuan NFC di rumah. Dengan teknologi NFC ini memudahkan proses pembayaran dengan mendekatkan HP atau Smartphone yang sudah berteknologi NFC ke mesin terminal pembayaran sehingga lebih cepat dan lebih sederhana.


Apakah NFC aman?
NFC secure, di lain pihak, akan dibatasi hanya ke sejumlah kecil penyedia, dan akan membutuhkan waktu sebelum perilaku konsumen berubah ke arah di mana mereka akan mampu dan merasa aman untuk menggunakan ponsel mereka untuk membeli tiket kereta api, atau hal lain yang lebih mahal. Teknologi NFC pada handphone selangkah lebih maju daripada teknologi RFID di mana pada handphone ditanamkan NFC chip yang dapat bertindak sebagai kartu RFID dan juga sebagai reader sekaligus dengan radius jangkauan pendek

NFC membuka jalan menuju Masa Depan
Dalam pengembangan teknologi NFC, Industri ini dibutuhkan berbagai kemitraan kunci dalam berbagai organisasi pembayaran, bank, operator selular, system integrator, komunitas pengembang, dan lain sebagainya. Semuanya memiliki peran untuk menyukseskan NFC secara komersil.

NFC terbuka akan menguntungkan konsumen dalam skala yang jauh lebih besar dan orang perlu membiasakan diri dalam menggunakan perangkat mereka untuk interaksi NFC, sebelum NFC secure mencapai penetrasi tingkat tinggi.

Dengan semakin banyaknya ponsel NFC yang diluncurkan ke pasar di tahun 2011 dan 2012, NFC terbuka akan mengubah cara konsumen berinteraksi dengan yang lain dan membuka berbagai peluang bagi pengembang. Kami percaya pengembang akan menyambut peluang yang ditawarkan oleh NFC terbuka dalam mengembangkan aplikasi untuk berbagi informasi, membaca tanda, bergabung dengan jejaring social, dan lainnya. Dan peluang NFC terbuka ini akan tercapai jauh sebelum NFC secure direalisasikan.

Semua perangakat NFC memungkinkan untuk membaca dan menulis informasi pada kecepatan tinggi (424kb/s). Koneksi NFC terjadi ketika ada sambungan antar perangkat kompatibel dengan Bluetooth dan Wi-fi. Karena cara dan fungsi yang sangat terbatas itu maka akan menjamin komunikasi antar perangkat yang aman dari kehilangan data.

Beberapa fungsi yang dapat dijalankan melalui fitur NFC:
•\tPembayaran Kartu Kredit yang terintegrasi ke perangkat mobile/HP
•\tPembayaran tiket elektronik untuk penggunaan transportasi
•\tDokumen elektronik pribadi
•\tDownload data seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api
•\tPembayran tiket penerbangan dan pemesanan hotel
•\tMusik dan download foto dari kamera, HP dan pembaca multimedia
•\tKoneksi P2P (peer to peer) untuk transmisi informasi yang mudah antar perangakt nirkabel.

Jadi Teknologi Near Fielad communication (NFC) akan membuat hidup menjadi lebih mudah dan lebih nyaman dalam melakukan kegiatan hal apapun baik transaksi, pertukaran data dan penhubung antar perangkat elektronik secara cepat.

Satu hal yang perlu diketahui adalah banyaknya vendor mobile yang siap meluncurkan berbagai produk mereka dengan teknologi NFC, vendor2 yang sudah memproduksi beberapa smartphone NFC mereka telah mengadakan pameran mobile di beberapa Negara dan hal ini menjadi kabar baik baik bagi sang konsumen maupun produsen dengan teknologi yang semakin maju dan mudah. Berbagai Negara dan perusahaan maupun investor pun sudah siap menggunakan teknologi NFC ini dan Negara yang sudah melakukannya seperti di Amerika, Korea, Jepang, China, Hongkong, Australia, dan beberapa negara di Eropa tentunya.

Berikut adalah foto dari beberapa negara yang sudah menggunakan Teknologi NFC baik dari Pemerintah maupun Perusahan-Perusahaan Swasta:
emoticon-Matabelo
Spoiler for Pameran mobile berteknologi NFC:


Spoiler for NFC untuk belanja di Market:


Spoiler for NFC untuk masuk Airport:


Spoiler for NFC untuk pembelian Bahan Bakar:


Spoiler for NFC untuk pembelian makanan/minuman di mesin:


Spoiler for NFC untuk bermain:


Lanjut Bawah Gan!!
0
8.4K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.