Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dzablayAvatar border
TS
dzablay
Top 10 Tips
Top 10 Tips

agan-agan para pencinta fotografi (khususnya buat nyubie kayak ane emoticon-Big Grin) yang baik hati, jujur, dan tidak sombong, ane nyoba ngasih beberapa tips yg mudah2an berguna buat agan2 semuah... dan mudah2an ga repost

slamat menikmati...
Teknik Komposisi
Komposisi menjadi salah satu elemen yang dapat secara radikal meningkatkan kualitas foto Anda, dan sebuah fitur yang bisa mengangkat gambar Anda dari hasil jepretan biasa menjadi bercita-rasa seni. Kamera dan software pemroses gambar masa kini menyediakan kontrol yang impresif atas eksposur dan keseimbangan warna. Namun, foto Anda takkan pernah berhasil bila semua unsur itu tak berpadu.

1. Background, background, background...
Ketika membidik subyek perhatikan background alias latar belakangnya. Latar yang mendukung tentunya akan semakin memperindah subyek yang biasa-biasa saja. Sebaliknya, pemilihan latar belakang yang tidak bagus bisa merusak subyek yang indah.

2. Simpel-simpel saja
Komposisi terkuat adalah yang pesannya bisa sampai dengan cepat. Potretlah blok-blok bangunan yang membentuk garis dan bentuk. Biasa subyeknya, luar biasa hasilnya.

3. Mempribadi
Apa sih yang membuat Anda tertarik pada suatu subyek – tingginya bangunan, pola-pola yang ada di ladang, bentuk bunga? Munculkan di hasil foto sehingga mencerminkan gaya Anda.

4. Hati-hati dengan cropping
Usahakan agar cropping pascaproduksi tidak menjadi kebiasaan. Akan tetapi, mengembangkan keterampilan dalam cropping pascaproduksi semestinya bisa mempertajam framing Anda di kamera. Bawa pengetahuan dan pengalaman itu ke lapangan dan gunakan cropping atau framing langsung di kamera sehingga setiap pixel di sensor terpakai efektif.

5. Pikirkan angka
Angka gasal biasanya secara visual cenderung lebih menarik ketimbang angka genap. Segitiga, misalnya terlihat lebih dinamis dibanding bentuk bujur sangkat atau persegi panjang. Tiga memang angka “ajaib”...

6. Semangati diri
Katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan menghasilkan karya foto terbaik hari ini. Ini penting, karena setidaknya bisa menyemangati Anda sendiri untuk berusaha lebih baik.

7. Belajar dari pakar
Cobalah Anda melihat hasil karya-hasil karya dari Ernst Haas, Art Wolfe dan William Albert Allard.

8. Hindari klise
Jangan puas hanya meniru foto orang lain yang pernah Anda lihat. Cobalah pikirkan tentang penggunaan lensa, pengaturan, dan sudut pandang yang berbeda. Jangan takut bila harus bertiarap di atas lumpur atau pasir. Bertekatlah untuk menciptakan sesuatu yang lebih artistik dari yang pernah Anda buat tahun lalu.

9. Potret sebanyaknya
Hasil jepretan pertama memang jarang bisa langsung menjadi yang terbaik. Jangan takut untuk memotret sebanyak-banyaknya, karena toh sekarang Anda tak akan menghabiskan film. Gali terus ide-ide Anda untuk meningkatkan kualitas karya.

10. Terus tenteng kamera
Semakin banyak anda memotret semakin kuat pula kesadaran komposisi Anda. Lalu, ketika ada momentum penting muncul, Anda bisa dengan cepat memotretnya dengan hasil komposisi yang jempolan.

contoh foto dari para pakar
Spoiler for :
0
10.2K
89
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
PhotographyKASKUS Official
14.2KThread4.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.