Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perabotanlenongAvatar border
TS
perabotanlenong
sudah kah kita "baik" kepada alam?berkabung untuk alam!
entah berapa gunung yang telah kita daki,entah berapa sungai yang telah kita telusuri,entah berapa banyak gua yang telah kita jelajahi,entah berapa banyak paku tebing dan magnesium menempel pada tebing yang kita panjat! dan masih banyak lagi arena bermain kita yang kita lakukan di alam raya ini!
tapi apakah kita pernah memberikan kontribusi kita terhadap alam ini?apakah kita pernah peduli pada alam ini?pernah kita memikirkan kelestarian alam ini?

dengan angkuh nya kita menancapkan paku2 tebing kita dengan keras nya,dengan semangat nya kita mendayung di jeram2 sungai,berjalan tegap beramai2 dengan riang nya membelah hutan,seakan semua itu hanya untuk kepuasan semata! dan pembuktian!

tapi kita lupa,,,,sudah kah kita menjaga alam ini?
seharus nya kita malu dengan kemeja lapangan kita yg penuh dengan emblem2 nama2 gunung,kita malu dengan carabiner tergantung dicelana kita,kita malu dengan foto2 puncak yang kita singgahi,kita harus malu dengan orang2 yang lebih mengabdikan diri nya terhadap alam tanpa harus dipublikasi dan bahkan mereka bukan seorang penggiat alam!,kita harus dengan seorang yang peduli dengan sungai pesanggrahan,kita harus malu kepada seorang laki2 tua yang peduli mencabut dan membersihkan iklan2 yang terpaku dipohon2 kota,kita harus malu kepada seorang petani desa yang menghijaukan gersangnya gunung kidul,kita harus malu kepada pribadi2 sederhana yg rela mengajarkan baca tulis kepada anak2 suku pedalaman,kita harus malu kepada para relawan2 yang dengan ikhlas nya menolong saudara2 kita yang tertimpa bencana alam,,,,,,,,,namun kita lupa! karena kita sombong dan tak peduli!

dimana kita,saat bukit2 mulai tergusur oleh vila2,dimana kita,saat hutan terganti oleh perkebunan2 sawit,dimana kita,saat hutan2 tergunduli oleh pembalakan,dimana kita saat sungai2 terpolusi oleh limbah2 pabrik,dimana kita saat para satwa terjerat oleh jerat pemburu liar?dimana kita saat laut berubah menjadi hitam pekat dan penuh sampah? apa yang pernah kita lakukan untuk alam ini?

thread ini cuman bermaksud untuk mengingatkan kita sebagai penggiat alam,pecinta alam.mapala,sispala atau organisasi2 yang meng claim pecinta alam! untuk lebih peduli terhadap alam ini,jangan hanya menikmati dan mengexploitasi nya!

note: bukan untuk menggurui! hanya untuk introspeksi diri! bagi yang udah(masih) dan pernah melakukan opsih,atau penanaman,pembersiahn pantai,relawan kemanusian,tetap berjuang dan jangan berhenti,bagi yang belum,ayo mari rapatkan barisan dan singsingkan lengan baju untuk peduli kepada alam ini! saya tau opsih bukan hanya digunung,laut,pantai,sungai! maka dari itu! mulailah dari lingkungan sekitar!

mungkin banyak yg gak suka thread ini! jadi tolong dong bataaaa!


Diubah oleh perabotanlenong 29-10-2013 10:36
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
2.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.