Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andy_lAvatar border
TS
andy_l
Ip Man Movie
IP Man 1
Ip Man Movie
Menurut TS, Ip Man adalah salah satu film kungfu terbaik di tahun 2008.
untuk penggemar film kungfu, tentu jangan lewatkan film ini.

Plot film ini hampir mirip dengan film Fearless (2006, Jet Li), yang menggambarkan perjuangan rakyat china diawal 1900-an saat bangsa China di jajah oleh bangsa Jepang, lalu di akhir cerita di gambarkan sang jagoan melakukan duel dengan Jendral Jepang.

Yang berbeda tentu dari segi karakter, film ini merupakan kisah nyata sosok legenda kungfu master Yip Man (Donnie Yen), seorang ahli kungfu beraliran Wing Chun. Sosoknya yang sederhana membuat dia tidak menerima murid & selalu menghargai musuh yang menantangnya (dgn menutup pintu setiap bertarung one by one).
Pada masa penjajahan Jepang, Yip Man yang hidup serba sulit menerima pekerjaan buruh tambang, karena teman2nya dibunuh saat turnamen beladiri antara Jepang & China, Yip Man memutuskan untuk bertarung dgn antek2 Jepang.

Yang bikin film ini seru karena jurus2 kungfu tangan kosong yang terlihat simple tapi kuat dan mematikan, jurus2 Wing Chun digambarkan sempurna oleh Donnie Yen dengan koreografi jempolan dari Sammo Hung.
Hanya sayang banget adegan puncak saat pertarungan dengan jendral Jepang kurang terasa klimaksnya, mgkn karena si jendral terlalu cepat roboh dihajar bertubi2 oleh Yip Man.
Video Wing Chun vs Kempo
http://youtu.be/QHIoKU-6d_M

Karakter Yip Man diperankan cocok banget dengan karakter Donnie Yen, yang menurut saya ini akting terbaiknya setelah penampilan biasa2 aja di Flash Point & Sha Po Lang.
karakter lain yang mencuri perhatian adalah karakter polisi yang berkhianat menjadi penerjemah Jepang (Lam Ka Tong)
penggambaran kota Fo Shan juga apik digarap oleh sutradara Wilson Yip, lokasi2 film dibuat seakan2 kita dibawa ke masa lalu, rumah2 klasik jaman dulu & kostum2 jaman dulu ala film2 Shanghai.

Sekedar info, meskipun disebut kisah nyata, tapi banyak di dlm film yang tidak sesuai dengan sebenarnya. bbrp diantaranya adalah:
Yip Man aslinya adalah seorang polisi
Yip Man tidak pernah melawan 10 orang prajurit jepang sekaligus dlm turnamen
Yip Man tidak pernah tertembak seperti di akhir cerita
sumber disini


IP Man 2
Ip Man Movie
Ip Man Movie
IP Man 1 menceritakan Yip Man (Donnie Yen) setelah berhasil mengalahkan tentara Jepang pada agresi Jepang ke Cina (1937-1945) lalu pergi ke Hong Kong. Pada tahun 1949 Ip Man datang ke Hongkong, ia berniat meneruskan hidupnya bersama keluarganya di Hong Kong, setelah sampai di Hong Kong dia mengetahui bahwa ada sekolah beladiri di sana yang beroperasi tidak semestinya bukan untuk mengajarkan seni bela diri tetapi lebih sebagai lembaga mafia (triad). Kemudian ia mendirikan sebuah sekolah beladiri untuk membawa seni beladiri kembali ke jalan semestinya di Hong Kong.

Ip Man mendirikan sebuah sekolah beladiri Wing Chun di sebuah atap hotel di Hongkong, yang pada sekuel pertama dibilang bahwa kungfu yang diajarkan oleh Ip Man adalah kungfu untuk perempuan, sedangkan kungfu seharusnya sebagai bela diri kejantanan. Terjadi konflik antara sekolah yang didirikan oleh Ip Man dengan sekolah Hung Ga yang masternya adalah Hung Chun-nam yang diperankan oleh aktor kawakan Sammo Hung. Sudah dipastikan banyak aksi keren, kungfu dan luka-luka pada film ini, apalagi melihat pertarungan antara Donnie Yen (Ip Man) versus Sammo Hung (Hung Chun-nam) menjadikan film ini banyak ditunggu oleh pecinta film-film kungfu --> SERU!!!.
Berikut link di youtube mengenai pertarungan di atas meja antara Ip Man dan Hung Chun Nam --> disini

Begitu juga cerita biografi Yip man yang memberikan pengetahun kita tentang sejarah kungfu di China. Film ini menghabiskan biaya sekitar 100 Juta Yuan ( 15 Juta USD) yang banyak mengambil settingan di Shanghai. Menarik dan layak untuk ditonton.

Pemain :
Sammo Hung
Donnie Yen
Siuwong Fan
Katung Lam
Xiong Dai Lin
Calvin Cheng
Sutradara : Yip Wai-Shun
Penulis : Edmond Wong
Sumber disini

IP Man 3
Ip Man Movie
Ip Man (To Yu-Hang) terlahir dalam sebuah keluarga kaya di Foshan. Sejak kecil Ip Man sudah dilatih Wing Chun (salah satu aliran dalam bela diri Kung Fu) namun tak ada yang mengira bahwa Ip Man nantinya bakal menjadi orang yang melekat dengan bela diri itu sendiri. Ip Man menjadi guru Wing Chun dan banyak di antara muridnya yang berhasil mengharumkan nama bela diri ini sendiri termasuk Bruce Lee yang lebih dikenal sebagai seorang aktor.

Sejak usia 13 tahun Ip Man telah mempelajari Wing Chun namun dua tahun kemudian ia harus meninggalkan Foshan menuju Hong Kong karena harus menuntut ilmu di negeri itu. Mungkin Ip Man sudah ditakdirkan menjadi bagian dari Wing Chun, bahkan saat berada jauh dari negeri China pun ia masih bertemu orang yang kemudian menjadi guru bela dirinya.

Setelah berusia 24 tahun, Ip Man harus kembali ke Foshan karena masa pendidikannya sudah berakhir. Ip Man memang tak pernah secara resmi menjadi guru Wing Chun. Ia bekerja sebagai polisi sambil tetap mengajarkan Wing Chun pada orang-orang di sekitarnya. Orang-orang inilah yang nantinya menjadi guru-guru Wing Chun yang terkenal dan mewarisi ilmu Ip Man yang mereka sebut guru besar mereka.

Munculnya dua film yang mengangkat kisah hidup Ip Man, sang legenda Wing Chun, memang membuat orang jadi mengidentikkan Donnie Yen dengan Ip Man, seperti orang mengidentikkan Wong Fei Hung dengan Jet Li. Ini saja sudah menjadi beban berat buat To Yu-Huang alias Dennis To. Ia harus mampu mengimbangi akting Donnie Yen kalau tak mau dianggap gagal memerankan Ip Man. Nyatanya di sinilah justru kegagalan prekuel yang diberi judul THE LEGEND IS BORN: IP MAN ini.

Masalahnya, Dennis To sepertinya 'berusaha terlalu keras' untuk menjiplak gaya Donnie Yen dan yang tertangkap justru adalah 'ketenangan' Donnie di depan kamera. Akibatnya, justru karakter Ip Man seolah kehilangan emosi.

Dengan plot yang sederhana, prekuel ini mencoba menggambarkan 'perkenalan pertama' Ip Man dengan Wing Chun dan bagaimana ia bisa menjadi salah satu guru besar Wing Chun yang disegani hingga kini. Dengan plot yang sederhana dan pemeran utama yang kurang pas membawakan karakter yang ia mainkan, yang tertinggal memang hanya serangkaian adegan perkelahian menggunakan ilmu bela diri Wing Chun. Hanya itu saja.
sumber disini


Mungkin nama Ip Man dan Wing Chun tidak akan terkenal jika saja Bruce Lee tidak menjadi aktor laga yang terkenal dalam film-film kungfunya pada jaman itu. Tidak dapat dipungkiri jika nama Ip Man dan Wing Chun sedikit banyak di populerkan oleh Bruce Lee sang aktor yang adalah murid Ip Man itu sendiri..

Ip Man dan Bruce Lee
Ip Man Movie

Bruce Lee latihan dengan Ip Man
Ip Man Movie

Ip Man Latihan
Ip Man Movie

Ip Man Standing & Ip Man Art
Ip Man Movie
Ip Man Movie

Lebih detail mengenai history (sejarah), Theory, Method Wing Chun, dapat dilihat disini
Terima kasih sudah mau baca thread ini...
0
6K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.