Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hendranurcahyaAvatar border
TS
hendranurcahya
Seberkas Cahaya Kehidupan "Harapan yang Tak Pasti"
Sebuah perencanaan kadang sesuai dan kadang pula tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Kita sering berpikir dengan keras dipenuhi dengan kegelisahan dan kekhawatiran serta berharap agar apa yang akan terjadi sesuai dengan yang direncanakan. Namun kenyataannya, apa yang kita hadapi sering jauh berbeda dengan apa yang kita bayangkan. Oleh karena itu yang paling menyenangkan adalah melakukan apa yang menyenangkan buat kita saat ini dan bermanfaat di masa yang akan datang.

Jangan terlalu terpaku pada kesempurnaan perencanaan, sehingga waktu dan pikiran habis terbuang hanya untuk memikirkan perencanaan yang belum tentu terwujud. Yang lebih baik adalah buat perencanaan lalu lakukan apa yang terbaik yang bisa dilakukan, jangan sampai sedetikpun terbuang sia-sia untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Makan roti keras akan lebih berguna pada perut yang lapar dari pada hanya membayangkan daging sapi panggang yang hanya ada di dalam bayangan.

Segala sesuatu yang akan datang dalam dunia ini penuh ketidakpastian. Bisa saja kita berusaha sepajang hidup kita untuk memajukan perusahaan yang kita miliki, namun saat usaha itu telah mencapai apa yang kita inginkan nyawa kita telah hilang dari tubuh kita. Sehingga yang tersisa adalah tanggung jawab kita dihadapan-Nya terhadap harta yang belum sempat kita nikmati.

Namun sesuatu yang pasti adalah kita semua akan menuju kematian. Sejak kita diciptakan kita selalu berpindah dari satu alam ke alam yang lainnya. Pertama kali kita berada dalam alam ruh, kemudian berpindah ke alam rahim, selanjutnya ke alam dunia saat ini, dan akan menuju ke alam kubur, alam masyar dan berakhir ke alam abadi yaitu neraka atau surga.

Semua kehidupan alam di atas berjalan bagai air mengalir kecuali alam dunia saat ini. Saat ini merupakan kehidupan yang sangat singkat tapi sangat menentukan, apakah kita akan mengalir mencapai kehidupan abadi yang penuh kebahagiaan ataukah terjatuh menuju kehidupan kekal yang penuh kesengsaraan. Semua itu tergantung dari usaha yang kita kerjakan saat ini. Oleh karena itu maka persiapkanlah kehidupan kita di dunia ini untuk menggapai sesuatu yang pasti menemui kita.

“…Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.” (QS. Al-Mukmin:39)

“….Sesungguhnya sehari di sisi Rabb-mu adalah seperti seribu tahun dari tahun-tahun yang kamu hitung. (QS. Al-Hajj:47)

“Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu: maka barangsiapa yangingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir. “Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.” (QS. Al-Kahfi:29)

(Apakah) perumpamaan (penghuni) syurga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamer yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka, sama dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong motong ususnya? (QS Muhammad: 15).

Quote:


Spoiler for Thread Sebelumnya:
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2.6K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.