GudipAvatar border
TS
Gudip
11 Gunung Favorit Pendaki di Indonesia
Ini Fresh dan Seger gan....
dan tentunya tidak emoticon-Repost (S)
Ini Buktinya....
Spoiler for No Repost:


Trit ini dibuat berdasarkan SUMBER *liha Post #3 emoticon-Blue Guy Peace

Gunung Favorit Pendaki Di Indonesia

Gunung - gunung di Indonesia sejauh ini banyak yang melampirkan panorama alam yang luar biasa, yang intinya, semua gunung - gunung kita adalah indah adanya. Dan di antara banyak gunung, ada beberapa gunung yang menjadi gunung favorit para pendaki untuk mengisi waktu senggang atau masa liburan. Mengapa menjadi favorit? Ukuran favorit suatu gunung adalah, yang pertama karena keindahan alamnya, dan yang berikutnya karena akses mudah jalurnya dan persediaan ransum air untuk minum di gunung - gunung tersebut.

Dan inilah gunung - gunung yang menjadi favorit para pendaki di Indonesia.

GUNUNG LAWU di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Spoiler for Gunung Lawu:


Ada banyak jalur menuju ke Lawu, yakni, Candi Cetho, Cemoro Kandang dan juga Cemoro Sewu. Di Lawu, lewat Cemoro Kandang, di Pos 1 Taman Sari Bawah kita akan mudah menemukan warung kecil - kecilan yang banyak menyediakan aneka jajanan murah, seperti tempe, tahu dan pisang goreng juga aneka minuman panas. Dan setelah melewati pos bayangan, akan mudah menemukan mata air untuk persediaan minum para pendaki. Tak lupa, aneka makanan juga di sediakan di basecamp - basecamp semua jalur di atas.

GUNUNG RINJANI di Nusa Tenggara Barat.

Spoiler for Gn. Rinjani:


Gunung berketinggian 3.726 mdpl di Pulau Lombok, NTB ini masih menjadi gunung berapi favorit pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Dari puncaknya, saat cuaca cerah di pagi hari pendaki disuguhi ‘sarapan’ panorama Gunung Agung di Bali, Gunung Ijen - Merapi di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa. Obyek menarik berpanorama indah juga sudah didapat sebelum puncak, antara lain Segara Anakan, sebuah danau kawah di ketinggian 2.000 mdpl.



Ada dua jalur yang biasa digunakan poendaki yakni dari Desa Senaru ( 500 mdpl ) dan Desa Sembalun Lawang ( 1.200 mdpl ). Namun jalur mendaki yang paling disukai pendaki dari Sembalun karena bisa hemat 700m ketinggian lalu turun ke Senaru. Jalur Sembalun agak panjang dan datar namun cuaca lebih panas karena melewati savana. Sedangkan Senaru lebih terjal namun sucanya lebih lembut karena berhutan rimbun.

Pendakian ke puncak terbilang lumayan, meniti di bibir kawah dan medannya berpasir yang mudah terperosok. Kendati harus menempuh perjalanan sekitar 3 hari 2 malam, ke puncaknya dengan medan yang cukup menantang namun gunung ini tetap disukai banyak pendaki karena beratnya medan terbayar dengan panorama yang cantik. Kalau ingin mengunjungi 2 obyek lagi yakni Gua Susu dan Gunung Baru Jari ( anak Gunung Rinjani dengan kawah baru di tengah danau ), perlu tambah 2 hari.

GUNUNG BAWAKARAENG di Sulawesi Selatan.

Spoiler for Gn. Bawakaraeng:


Gunung berketinggian 2.830 mdpl yang berada di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi salah satu gunung favorit pendaki Kota Makassar dan sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan selain Gunung Lompobattang. Jaraknya sekitar 75 Km dari Kota Makassar. Di lereng gunung ini ada Malino, tempat wisata berhawa sejuk.

Ada beberapa rute menuju puncaknya. Rute yang sering digunakan pendaki lewat Desa Lembanna yang berada di ketinggian 1400 mdpl. Waktu tempuh sampai puncaknya sekitar 6 - 8 jam. Pemandangan dari puncaknya antara lain panorama laut dan Kota Makassar di arah Barat dan Gunung Lompobattang di arah Selatan. Obyek alam menarik di dekat basecamp desa terakhir, antara lain Air Terjun Lembanna yang berair dingin.

GUNUNG DEMPO di Sumatera Selatan.

Spoiler for Gn. Dempo:


Gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan dengan ketinggian 3.195 mdpl ini menjadi gunung favorit pendaki sekitar Sumsel dan Bengkulu. Biasanya kalau dari Sumsel jalur yang dipilih lewat Pagaralam yang berpanorma indah, sekitar 7 jam perjalanan darat dengan kendaraan roda empat dari Palembang.

Gunung ini diminati karena selain airnya jernih dan mudah didapat sampai setengah perjalanan, pendakian ke puncak utamanya pun tidak terlalu sulit, dan yang pasti pemandangan dari puncaknya indah. Dari puncaknya terlihat kawah, pemandangan Provinsi Bengkulu dengan Lautan Hindia, dan hamparan lembah indah.

GUNUNG SINABUNG di Sumatera Utara.

Spoiler for Gn. Sinabung:


Setelah tidur panjang, gunung berketingian 2.460 mdpl ini meletus. Letusan gunung yang berada di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara ini justru memicu sejumlah pendaki dari luar Sumatera Utara untuk mendakinya termasuk beberapa pendaki Jakarta. Alasannya tentu ingin melihat perubahan yang terjadi pascaerupsi. Diperkirakan gunung berpanorama cantik ini semakin cantik setelah meletus.

Gunung Sinabung merupakan anak gunung raksasa Toba purba yang pernah meletus dahsyat pada 70.000 tahun silam. Berdasarkan pengamatan peta citra satelit, disimpulkan gunung ini merupakan anak gunung terbesar dan aktif di kompleks Gunung Toba yang juga mewarisi kaldera terbesar di muka bumi yaitu kaldera Danau Toba.

GUNUNG SORIK MARAPI di Sumatera Barat.

Spoiler for Gn. Sorik Marapi:


Gunung berapi ini tergolong paling aktif di Sumatera. Sudah 50 - an kali lebih meletus. Justru keaktifannya itulah yang menjadi daya tarik gunung ini hingga sering didaki. Gunung berketinggian 2.891 mdpl ini dapat dilihat dari Bukit Tinggi, Padang panjang dan Kabupaten Tanah Datar.
Diubah oleh Gudip 03-12-2012 02:21
nona212
nona212 memberi reputasi
1
23.9K
243
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.