- Beranda
- The Lounge
Yuk gan kenalan sama Lampu Xenon atau HID
...
TS
.VOC
Yuk gan kenalan sama Lampu Xenon atau HID
yuk gan kenalan ma lampu yang bikin silau dimata
semoga bermanfaat
Quote:
Spoiler for pic:
Lampu utama atau depan yang digunakan pada mobil dan sepeda motor saat ini, jenisnya makin beragam. Paling banyak atau umum adalah filamen pijar dengan gas halogen (disebut lampu halogen).
Kendati demikian, yang makin populer saat ini adalah high intensity discharge (HID), juga dikenal dengan xenon. Sedangkan yang paling mutakhir dan mulai berkembang adalah Light Emitting Diode (LED).
35 Watt
Lampu HID dan LED dikenal irit energi dan menghasilkan cahaya jauh lebih terang. Kendati demikian, pemakaiannya masih kalah banyak dibandingkan dengan halogen. Penyebab, harga HID dan LED masih mahal. Semetara halogen, selain harganya jauh lebih murah, pemasangannya juga gampang.
Sebgai contoh, khusus HID sebagai lampu utama mobil (standar), hanya membutuhkan listrik 35 watt (juga ada 50 dan 55 watt dan bekerja dan bekerja pada tegangan 24 volt), sedangkan halogen 55 watt. Sedangkan sinar atau cahaya yang dihasilkan tiga kali lebih terang dibandingkan halogen.
Kendati demikian, untuk start, xenon memerlukan tegangan yang sangat tinggi, mencapai 23.000 volt, sedangkan halogen cukup 12 volt. Namun bila sudah menyala, tegangan yang diperlukan berkisar 80- 90 volt.
Start Dingin
Untuk start dingin, juga memerlukan arus (ampere) yang besar. Menurut, salah satu produsen lampu xenon asal China, Guangzhau Klarheit Technology Co. Ltd, untuk start dari dingin, diperlukan arus listrik 6,5 Ampere. Kalau sudah hidup, tidak sampai separo, hanya 3,2 Ampere. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk menyala dari dingin sampai normal 50 detik. Bila sudah panas, lampu akan hidup dalam 5 detik.
Kombinasi start tegangan tinggi dan arus yang besar, membuat lampu xenon (kendati tipe plug & play), tidak bisa dipasang begitu saja. Apalagi, jika kabel yang digunakan lampu asli (halogen) berukuran kecil. Untuk ini, diperlukan rangkaian kabel lain agar tidak merusak sistem perkabelan lampu asli mobil (akan dibahas pada tips dan triks)
Lampu HID makin disukai karena menghasilkan pencahayaan lebih baik bagi pegnemudi, khususnnya saat cuaca bagus. Dengan sorotan cahaya yang terang-benderang, mobil dengan lampu HID di malam hari bahkan mengitimidasi pemakai jalan lain, khususnya yang masih mengandalkan halogen.
Quote:
Kelebihan Lampu Xenon :
Konsumsi energi lebih hemat dari pada lampu halogen.
Dengan watt yang sama dengan lampu halogen, sinar yang dihasilkan tiga kali lebih terang.
Dikarenakan perbedaan sinarnya, lampu xenon lebih efisiensi tiga kali lebih besar dari pada lampu halogen.
Warna cahaya yang dihasilkan lampu xenon mendekati cahaya yang dihasilkan oleh matahari, oleh sebab itu sinar lampu xenon lebih jernih dan mampu memberikan daya pandang yang lebih luas.
Umur lampu xenon lebih panjang mencapai 2.000 jam karena tidak menggunakan filament.
Tingkat radiasi lebih rendah.
Kelemahan Lampu Xenon :
Harganya yang relatif mahal.
Karena tegangan listrik yang mencapai 20.000 volt, maka instalasi dan sistem kelistrikan sebuah mobil harusnya sempurna. Kesalahan sedikit saja dapat membahayakan sistem kelistrikan sebuah mobil serta dapat membahayakan nyawa.
Gambar Low Beam dan High Beam yang bikin silau mata
Spoiler for pic:
Quote:
Spoiler for pic:
Seperti Busi
HID atau xenon kini semakin digandrungi sebagai lampu utama dan lampu kabut. Ciri lampu ini, tidak punya filamen. Prinsip kerjanya sama dengan lampu neon. Gas xenon dipijarkan oleh pencetus bunga api yang bekerja seperti busi.
Jadi pada lampu HID yang terdiri dari tabung atau kapsul yang menyala (disebut juga tabung pijar atau pembakar terdapat dua elektroda yang berdekatan. Bila dialiri listrik tegangan tinggi, di celah elektroda akan menimbulkan loncatan bunga api yang selanjutnya membuat gas xenon di sekitar elektroda menyala atau menjadi terang.
Kedua elektroda disambungkan ke balast yang terdiri dari sirkuit tegangan tinggi berupa komponen elektronik seperti kapasitor, transistor dan resistor. Balast juga berfungsi sebagai pusat pengontrol lampu, menyalakannya dan mengatur energi yang mengalir ke kabel pijar. Komponen tambahan lain adalah inverter, yang mengubah arus seareah (DC) menjadi bolak-balik (AC).
Seperti neon, lampu xenon tidak bisa langsung menyala begitu kontak di-on-kan. Lampu butuh beberapa detik sampai cahayanya normal. Karakteristik tersebut berlawanan dengan lampu halogen, langsung berpijar dengan pencayahaan maksimal begitu dialiri arus listrik. Nah, dengan tambahan, komponen tersebut, harga satu unit lampu HID menjadi lebih mahal
Warna Cahaya
Sinar yang sangat terang dari lampu xenon, bisa mengganggu pemakai jalan lain, khusus dari arah berlawanan. Untuk itu, penggunaan lampu ini diatur sesuai dengan undang-undang lalu lintas di suatu negara.
Pengaturan warna cahaya diukur dengan satuan derajat Kelvin. Makin tinggi derajat Kelvin (suhu), makin menyilaukan cahaya yang dihasilkan. Sebagai contoh, xenon dengan warna cahaya 10.000 Kelvin diharam pada negara tertentu karena sangat berbahaya. Begitu juga dengan 12.000 Kelvin. Umumnya, lebih banyak menggunakan warna 6.000 Kelvin atau lebih rendah lagi, misalnya 5.000 Kelvin yang dianggap netral.
Peraturan
Menurut Lily Hernawan, Direktur CV Sampurna Part Niaga, Importir dan Distributor lampu merek Autovision yang gencar memasarkan HID, di beberapa negara lampu ini dilarang. Kecuali kalau lampu tersebut bawaan asli mobil, jelasnya.
Dijelaskan, warna lampu yang diijnikan dibatasi maksimal 8.000 Kelvin yang menghasilkan warna putih atau seperti sinar matahari di siang hari. Kendati demikian, yang paling banyak menurutnya adalah 6.000 Kelvin yang menghasilkan cahaya putih.
Selain warna, masalah lain dari lampu xenon adalah bila digunakan sebagai pengganti lampu H4.Pada halogen H4, satu lampu berfungsi sebagai lampu dekat dan jauh. Dalam hal ini, satu lampu mempunya dua filamen. Karena itu, bola lampu atau bohlam, cukup punya dua terminal (kalau sisi lampu dihubungkan ke massa atau ground) atau tiga terminal.
Nah, pada lampu xenon hal tersebut tidak bisa dilakukan. Pasalnya, kalau lampu halogen begitu tombol ON, lampu langsung hidup. Untuk lampu xenon membutuhkan waktu 50 detik dari start dingin dan 5 - 10 detik untuk start ulang (panas).
Kondisi tersebut jelas tidak bisa untuk digunakan untuk lampu mendahulu passing yang diaktifkan sekejap. Begitu bila satu lampu dimanfaatkan untuk lampu jauh.
Bersambung ke bawah gan
jangan lupa komeng dan nya
ane gak nolak kalau di kasih
jangan di kasih ya
jangan lupa komeng dan nya
ane gak nolak kalau di kasih
jangan di kasih ya
sumber 1
sumber 2
sumber 3
sumber 4
0
39.1K
Kutip
816
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.3KThread•91.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya