enamsatutigaAvatar border
TS
enamsatutiga
[SHARE] Update Ilmu Anchoring Pada Rock Climbing dan Kegiatan Outdoor Lainnya
Gan, mau share tentang update teknik anchoring untuk panjat tebing dan kegiatan alam bebas yang berhubungan dengan ketinggian lainnya.

EQUALISING ANCHORS

(DISCLAIMER: Chockstone maupun tidak bertanggungjawab atas segala kecelakaan yang terjadi akibat penyalahgunaan artikel ini. Semua menjadi tanggungjawab Anda sendiri).

Equalising anchor dengan benar mengurangi potensi beban pada tiap anchor dengan mendistribusikan beratnya. Equalising Anchor merupakan alat yang berguna, membuat dua anchor yang di-ekualisasi, Dua anchor yang bila sendiri-sendiri mungkin tidak begitu kuat menahan beban jatuh, saat dikombinasikan dengan benar dapat menjadi lebih kuat.

Bagaimanapun, saat meng-ekualisasi anchor anda TIDAK BOLEH membentang anchor-anchor itu terlalu jauh atau konsep ekualisasi akhirnya akan melawan anda ketimbang membantu anda. Diagram di bawah memperlihatkan bahwa keterandalan anchor-anchor tersebut berkurang saat sudutnya dibuat semakin lebar.

Di bawah : Sebuah beban 80 kg dipasangkan pada dua anchor yang di-ekualisasi (Sumber AMGA 1992 manual) Prinsip “Rentang Anchor tidak boleh melebihi 90 derajat”.

Spoiler for 50% beban diderita tiap anchor, 40kg & 40 kg.:


Spoiler for 54% beban diderita tiap anchor, 43,2kg & 43,2 kg.:


Spoiler for 70% beban diderita tiap anchor, 56kg & 56kg.:



Spoiler for 100% beban diderita tiap anchor, masing2 anchor menderita beban 80. Pemasangan anchor yang buruk seperti ini malah melipatduakan beban menjadi 160 Kg!!:


Apabila anchor-anchor dipasang membentuk sudut 160 derajat beban dari masing-masing anchor melonjak sebanyak 290 % (hampir 3 kali lipat!) yang berarti dengan contoh di atas beban seberat 80 kilogram, masing-masing anchor akan menanggung beban sebanyak 232 kilogram!! Juga dengan anchor-anchor yang dipasang terlalu lebar, anda membebani karabiner dengan buruk. Hal ini diistilahkan dengan Tri-Axle Loading. Sebagai aturan umum, cobalah untuk tidak membentang anchor-anchor anda melebihi 90 derajat.

Masih ada bagian 2 dan 3 nya gan...

(sumber : [url]www.chockstone.org[/url])
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
2.7K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.