Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blackpearl2011Avatar border
TS
blackpearl2011
STEP BY STEP HOW TO RETROFIT HID PROJECTOR! (4 wheels)
DO IT YOURSELF (DIY)

STEP BY STEP HOW TO RETROFIT HID PROJECTOR! (4 wheels)

RETROFIT HID PROJECTOR DI MOTOR

Teman-teman kaskuser semua..., saya mo berbagi pengalaman pribadi saya tentang bagaimana meretrofit lampu depan kendaraan roda 4 saya sehingga mempunyai penampilan dan kemampuan untuk menerangi jalan setara atau bahkan melebihi dari mobil-mobil mewah terbaru yang beredar di jalan...

Maksud dari share experience ini murni hanyalah berbagi pengetahuan dengan kaskuser sekalian, agar bagi kita yang tidak paham atau belum mengerti tentang retrofit menjadi paham dan mampu untuk mengerjakan retrofit projector sendiri dirumah masing-masing, terutama bagi temen-temen kaskuser di derah yang mempunyai kesulitan untuk menemukan suhu retrofit di daerahnya..., Sementara para suhu di kaskus mungkin bisa menambahkan apa yang tidak tercover disini.

“Kenapa harus bikin? Kan dah mahal, ribet banget lagi! Mending beli aja langsung rumah lampu after market yang dah make projector. Berez kan?”
phew..., i’ve passed this road! Trust me, untuk style, rumah lampu after market yang sudah berprojector memang yahud! Tapi kualitas dari beam patternnya sangat-sangat mengecewakan! Malah saya pernah membeli rumah lampu berprojector yang beam patternnya sudah mengecewakan, LHD lagi! (silahkan google perbedaan LHD & RHD) Yang jelas-jelas seharusnya tidak boleh digunakan di jalan-jalan Indonesia! No offense yah buat penjual rumah lampu aftermarket! Saya disini Cuma sharing knowledge saja.

Menurut om wikipedia, retrofit itu sendiri mempunyai makna untuk menambahkan teknologi yang lebih baru kedalam system yang lebih tua, yang berarti, arti pada retrofit projector kurang lebih menambahkan projector yang mempunyai teknologi lebih baru kedalam reflektor kendaraan kita yang teknologinya lebih tua.

Di thread ini saya akan membahas tentang kisah saya sewaktu meretrofit reflektor headlamp mobil butut saya , Honda Accord tahun 1994 menjadi reflektor dengan menggunakan projector sekelas dengan xtrail / grand vitara / honda odyssey terbaru beserta kawan-kawannya.
Karena kita mau meretrofit sang 4 roda, minimal kita akan menggunakan 2 buah projector. Tergantung dari bagaimana bentuk reflektor mobil kita sebelumnya...,

Bilamana reflector sebelumnya menggunakan single reflector dan bohlam tipe h4 seperti pada avanza, apv, innova, grand livina, dkk. Sebaiknya kita menggunakan projector dengan fasilitas BIXENON dikarenakan projector dengan kemampuan bixenon karena bisa menembakkan lampu jauh dengan hanya menggunakan sumber cahaya yang sama tanpa bantuan reflector kedua. Projector dengan kemampuan bixenon umumnya mempunyai harga yang lebih mahal dibanding dengan projector berjenis SINGLE.

Sementara bila kita cukup beruntung mempunyai mobil yang sudah mempunyai 2 reflector (lampu dekat & lampu jauh terpisah) seperti honda stream, honda accord, ford focus, bmw seri 3 toyota corolla, dkk. Kita cukup menggunakan Projector SINGLE yang mudah didapat dengan harga yang juga bersahabat dengan kantong. Atau juga, saya pernah mendengar suhu retrofit di kaskus yang tetap mengimplementasikan SINGLE projector pada single reflector tetapi menambahkan reflektor lampu jauh kecil disamping sang projector untuk lampu jauhnya.

Sebenarnya lampu jauh terpisah dengan projector dan tetap menggunakan halogen mempunyai keuntungannya tersendiri yaitu lampu jauh (lampu tembak) bisa cepat menyala ketika siang hari atau kondisi lampu sebelumnya pada posisi mati. Lampu tembak jadi lebih mudah terlihat dari pada penggunaan projector bixenon, serta lampu HID memerlukan waktu beberapa detik untuk warming up sampai terlihat terang.

Saya tidak ingin terlalu banyak bebicara tentang jenis-jenis projector dikarenakan kali ini saya ingin fokus kepada prakteknya meretrofit projector kedalam reflector mobil.
Sebelum kita mulai, mari kita siapkan materialnya...
Bahan-bahan yang saya siapkan sebelum memulai proses retrofit pada mobil.

NOTE: sebelum memutuskan untuk melakukan retrofit :
* PERHATIAN!!!!
Sebelum memulai proses retrofit saya sangat menyarankan anda komitmen untuk menggunakan safety kit sebelum menggunakan alat potong seperti grinda, rotary tool, bor, dll.
safety kit yang saya maksud gak ribet kok! Mudah dan murah untuk didapatkan yaitu : Safety Google (kacamata pelindung) & masker kerja! Ingat, Terutama mata harus kita lindungi selalu! Bagian tubuh lainnya bila tegores masih bisa sembuh, tetapi mata..., tergores sedikit saja akan membuat mata kita cacat seumur hidup! Sewaktu kita lagi seru menjalankan proses retrofit, dikarenakan ada proses yang membutuhkan bolak balik antara mengukur dan memotong, akan ada perasaan malas untuk menggunakan safety kit. Percaya deh! Lebih baik capek sedikit daripada nanti menyesal seumur hidup!

* Sediakan waktu yang banyak.
- Ya! Kita akan membutuhkan waktu yang banyak dalam melakukan retrofit..., terutama bagi kamu yang baru mau mencoba pertama kali. Saya sendiri dikarenakan pada hari kerja harus kerja dan sabtu minggu harus kuliah, jadinya sebagian besar waktu retrofit mobil ini, saya lakukan pada malam hari sepulang kerja. Dan tahukan berapa lama waktu yang saya butuhkan? 1 bulan... hahaha... saya melakukannya dengan santai setiap malam.

* MooD yang lagi OK, dan pastikan anda tidak lagi kurang tidur!
- Trust me on this one! Kalo mood kita lagi payah atau lagi kurang tidur. Mending pekerjaan retrofitnya ditunda dulu. Karena mood yang payah dan kurangnya jam tidur akan menyebabkan kesalahan proses yang akan kita sesalkan nati seperti salah potong, salah lem, atau angel eyes yang pecah... hehehe.

* Mental yang kuat.
- Kenapa harus mental yang kuat? Karena kita pasti akan menemukan beberapa jalan buntu bahkan masalah seperti salah potong, salah cat, salah pasang ballast, salah lem, bahkan lensa projie yang pecah gara-gara jatuh. Jadi keteliatian juga dibutuhkan agar kita dapet meminimalkan jalan buntu yang timbul. Saya sendiri sempat stress dan hampir memutuskan untuk tidak melanjutkan pekerjaan ini, hehehe, karena apa? Sehabis melakukan pengecetan chrome shroud reflector, sewaktu saya jemur di teras lantai atas, disenggol kucing, jatuh dan terbagi menjadi 3 bagian... mantab! Atau sewaktu pemasangan angel eyes, untuk memasang 1 angel eyes, saya sempat memecahkan 3 angel eyes terlebih dahulu... dll. emoticon-Smilie
- dengan melihat dan membaca memang terlihat retrofit itu mudah..., tapi begitu kita praktikkan, dipertengahan proses, mungkin kita baru ngerasain kesulitan dalam melanjutkan proses. Maka dari itu seperti saran saya diatas, sediakan banyak waktu dan bila kita sudah merasa sulit dan jenuh, tak mengapa, tinggalin dulu aja proses retrofit kita, tidur ato jalan-jalan buat refreshing sambil perhatiin dijalan, beam pattern mobil-mobil yang make hid projector bawaan pabrik seperti, nissan new xtrail, suzuki new sx4, honda oddysey, lexus series, suzuki grand vitara, toyota alphard, dll yang menggunakan HID projector. Terus pikirin bahwa nanti begitu project kita selesai dirumah..., beh, beam pattern mobil kita juga bakal jadi saingan keras mereka..., dan jauh melebihi mobil2 berprojector halogen dengan kualitas menengah seperti honda CRV, toyota rush, toyota camry, daihatsu terios, KIA carnival, dll. (pemilik mobil-mobil berprojector kelas menengah, jangan tersinggung yah..., kalo mau kalian bisa melakukan projector swap kok!).
Begitu mood dan semangatnya naik lagi..., baru lanjut...

* Uang yang tidak sedikit. (terutama pilot project)

*** Jika ada salah satu point diatas yang tidak kita miliki, sebaiknya ditunda dulu aja retrofitnya supaya gak mogok projectnya ditengah jalan. Tapi bilamana kita punya uang, tapi point yang lain gak punya, silahkan minta bantuan dari suhu-suhu yang banyak beredar di kaskus. Dan bilamana kita bisa menyelesaikan pekerjaan ini sendiri, apalagi pertama kali dan hasilnya memuaskan... WOW, bangganya minta ampun deh. Puasnya kaya terbang ke langit ke 7... (lebay) Dan kita juga jadi punya investasi tools yang lumayan banyak untuk rumah tangga kita kedepan kan.

* cape, gak ada bantuan...? gak masalah! Just for your info, saya melakukan retrofit ini murni 100% pekerjaan tangan saya kerjakan sendiri. Dari buka bemper, retrofit, sampai pada perkabelan!
Retrofit HID Projector bisa dikerjakan sendiri kok.

MATERIALS :

HID
1.\t2 unit HID projector
- saya menggunakan projector bixenon bawaan dari mobil Nissan Murano.
harga = +- 2.500.000 sepasang
(Sebenarnya dikarenakan mobil saya mempunyai reflektor lampu jauh yang terpisah dari reflektor lampu dekat, sudah cukup bila menggunakan projektor single..., hehehe, tapi kepingin aja tetap masang yang bixenon. U’ll know why setelah mengikuti step by step proses retrofit saya dibawah.) emoticon-Smilie
2.\t2 unit bulb HID berjenis D2S
- saya menggunakan philips D2S 85122+
harga = +- 900.000 sepasang
atau bisa juga digunakan tipe D2S merk made in china yang lebih murah. Tidak masalah kok, kualitas cahaya hampir gak ada bedanya, bahkan saya merasa D2S Morimoto lebih bagus daripada philips.
3.\t2 unit Ballast 35w
- untuk ballast karena pertimbangan pelepasan panas dan ketahanan air, saya cukup menggunakan ballast made in china saja... emoticon-Smilie Ballast OEM mempunyai kelebihan startup HID yang sangat cepat. Tapi tak berdaya terhadap air..., jadi daripada beli mahal-mahal terus mati konyol waktu hujan, lebih baik pilihan tetap jatuh kepada ballast made in china. (padahal harganya gak kuat emoticon-Stick Out Tongue)
4.\t2 pcs Angel eyes 3,5” + 2 pcs Angel eyes 3” + 2 ballast angel eyes seharga = +- Rp.180.000 (optional fashion)
- 1 ballast angel eyes bisa menghidupkan 2 neon angel eyes.

ELECTRICITY
5.\tRelay Hella 30A + rumahnya
6.\tSekring 10A + rumahnya
7.\tPerkabelanl +&- yang lumayan tebel
8.\tSolder + timah
9.\tLakban Bakar & Lakban listrik
0
12.4K
55
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread12.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.