mahepalaAvatar border
TS
mahepala
Eksotisme The Unknown Paradise : Banyu Tibo, Air Terjun Yang langsung Jatuh ke Pantai
Alam indonesia sungguh luar biasa. Negeri ini, adalah sebuah syurga bagi pencinta alam dan penggiat outdoor. Gunung yang menjulang,danau yang membentang luas,sabana yang mempesona,dan pantai yang membuat damai. Semuanya ada di Indonesia.
Setelah kemarin ane membahas perjalanan ke Pantai Klayar : The Lost Eden. Dan sekarang, Berawal dari masih vakumnya kegiatan pendakian Mapala Kampus karena cuaca, maka ane dan seorang rekan ingin berkujung ke tempat yang sekiranya masih asing. Nah dari hasil diskusi dan tanya sana sini maka tersebutlah Pantai Banyu Tibo, yang terletak di Kabupaten Pacitan,Jawa timur. Sebuah pantai yang masih sangat asing,bahkan bagi warga asli sendiri.
Pantai Banyu tibo merupakan pantai yang memiliki eksotisme tersendiri. Di pantai ini kita dapat menikmati pesona air terjun yang langsung jatuh ke pantai. Jadi sebuah muara sungai yang tidak bercampur antara air asin dan air tawar. Selain itu karang di sekitarnya juga tergolong unik, mirip dengan ukiran kayu dan juga terdapat bukit yang kita bisa mendakinya serta memandang horizon pantai yang luar biasa indah. Pasir putih dan air lau yang biru nan bersih sungguh mempesona.
Untuk menjangkau pantai ini tidak sulit. Rutenya sama dengan pantai klayar. Darimanapun anda datang menujulah ke Pasar Punung,kecamatan punung kabupaten pacitan. Akes paling mudah adalah dari solo atau yogyakarta. Untuk agan yang dari Jakarta bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus jurusan Jakarta – Pacitan biayanya kira-kira Rp. 150.000. Dari pasar punung ikuti jalan ke Goa Gong. Lalu menujulah ke desa kalak. Setelah melalui jalan yang berliku sejauh 16 km nanti bertemu perempatan kalak lalu belok kiri ke arah klayar. Setelah itu ada pertigaan lalu belok kanan arah menuju pantai Nampu dan Buyutan( sudah ada penunjuk arah ). Lalu ikuti jalan hingga menuju desa widoro. Arah masuk pantai terletak di samping masjid dan bak air.Lalu ikuti jalan setapak hingga ke pantai. Kendaraan yang bisa masuk dari masjid ke pantai hanya roda dua. Tapi agan bisa menitipkan kendaraan pribadi roda empat di penduduk sekitar masjid dan meminta di antar ke Pantai dengan imbalan sepantasnya sekaligus memberdayakan pemuda setempat. Area pantai banyak digunakan penduduk untuk kegiatan memancing pada malam hari. Untuk memasuki pantai ini tidak dipungut biaya karena masih belum dikembangkan sebagai tempat wisata. Mengenai penginapan, belum terdapat penginapan selain di kota. Karena pantai ini jauh dari kota maka agan bisa nge-camp atau sakali lagi izin menginap di tempat penduduk.Dan akhirnya,Happy Exploring Pacitan.
Spoiler for Denah:

Spoiler for Penunjuk arah:

Spoiler for Jalan Masuk:

Spoiler for Pertigaan:
0
13K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANCKASKUS Official
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.