Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

5efRianAvatar border
TS
5efRian
Bangkai Roket H-2A Jepang Diperkirakan Hantam Bumi 16 Februari
Maaf Kalau emoticon-Blue Repost ataupun emoticon-Salah Kamar

Jakarta - Roket H-2A milik Jepang akan masuk masuk kembali ke Bumi setelah 'berkelana' di ruang angkasa sejak 2006 lalu. Badan roket yang telah menjadi sampah antariksa ini diperkirakan jatuh ke Bumi pada 16 Februari 2012 BESOK.
Spoiler for Roket H-2A:

Situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada (13/2/2012) menginformasikan badan roket H-2A diperkirakan mengalami re-entry pada 16 Februari 2012 plus minus 2 hari. Roket yang merupakan milik lembaga antariksa Jepang JAXA diluncurkan pada 11 September 2006.

Saat meluncur, roket ini membawa muatan satelit IGS-Optical 2 (Information Gathering Satellite) dengan kode penerbangan F10. Berdasar pantauan radar diketahui, badan roket satelit memiliki Radar Cross Section (RCS) 19,5m2.

LAPAN memperkirakan bahan bakar yang terkandung dalam badan roket telah habis saat sukses menjalankan misi membawa satelit IGS ke orbitnya. Sehingga saat jatuh ke Bumi hanya semacam tabung logam kosong.

Profesor Riset Astronomi Astrofisika, Thomas Djamaluddin, menerangkan H2A merupakan roket Jepang berupa tabung ditaksir berdiameter 4 meter panjang sekitar 5 meter. Lokasi jatuhnya roket ini masih belum dipastikan, namun diperkirakan jatuh di wilayah antara lintang 83 lintang utara - 83 lintang selatan.

Djamaluddin mengimbau masyarakat Indonesia waspada namun tidak perlu khawatir. Sebab kemungkinan besar puing roket ini akan jatuh di laut, mengingat sebagian besar Bumi terdiri atas lautan.
(vit/vit)


Spoiler for Yang Terbaru Dari Saya:
0
3.5K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.