Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kunaskunAvatar border
TS
kunaskun
[STORAGE] MicroSDHC Strontium 32GB Class 10
Iseng run benchmark memory card merek Strontium, kapasitas 32GB, speed class: Class 10. Inilah microSDHC "raksasa" bahkan kapasitas terbesar yang ada di pasaran untuk kelas microSDHC, karena diatas ini sudah masuk kelas SDXC yaitu lebih dari 32GB.

http://en.wikipedia.org/wiki/Secure_Digital

Penampakan:
Spoiler for cekidot:

Packaging simple: hanya blister pack, adapter to SD Card dan produk itu sendiri.


--------------------

Benchmark App:
HD Tune Pro Trial v5.00 64bit, Atto Disc Benchmark 2.47 32 bit dan Crystal Disc Mark 3.0.1 64bit Portable Edition.

Benchmark PC:
PC Intel Core2Duo E4300, DDR3 8GB, Intel G41 Chipset mobo, Nvidia GeForce 9600GT, HDD160GB SATA2 dan Transcend P5/P6 USB2.0 Card Reader/Writer.

Comparison:
Transcend SDHC 8GB Ultimate Class 10.

Kondisi:
benchmark dilakukan dengan software di atas di pc diatas dengan card reader sama dan dilakukan di usb port sama. kodisi kedua memory card langsung dari packaging masing2 tanpa dilakukan format ulang sama sekali, keduanya diset di format pabrikan dengan FAT32.

Result:
Spoiler for crystal:


Spoiler for atto:


Spoiler for hdtuneread:


Class 10 card ditunjukkan dengan baik sekali disini: sequential read n write sangat baik sekali, jauh diatas minimum Class 10 = 10Mbps untuk read n write.

comparison with transcend card:

Spoiler for transcend hdtune:


Spoiler for transcend atto:


Spoiler for transcend crystal:


Conclusion:
Terlihat bagaimana baiknya performa card ini dibandingkan dengan Transcend yang sama persis spec-nya. Terus terang Card Reader yang ada sudah mentog utilisasi kecepatan dari kedua card tsb karena terlihat kecepatan sequential read relatif berimbang. Mungkin USB3.0 Card Reader dari brand terkemuka di PC dengan USB3.0 akan lebih memperlihatkan "potensi" keduanya.

Tapi Transcend menunjukkan keunggulan mutlak di sektor write speed, mungkin ada yang bilang: strontium lebih besar storage capacity-nya makanya pelan, maka saya "beri" sedikit handycap untuk Transcend dengan menggunakan sedikit kapasitasnya untuk digunakan di camera dslr emoticon-Smilietetap strontium tidak bisa mengimbangi.

yang menarik ada di sektor Random read and write yang mana card ini mengungguli Transcend. Apakah karena Transcend terisi data terlebih dulu? bisa jadi akan tetapi di benchmark app HDTUNE pro terlihat tidak terlalu jauh "keunggulan" Strontium Card.

Kesimpulan: cocok untuk mobil device yang lebih membutuhkan akses random read dan write daripada sequential read dan write. Bagaimana dengan camera digital? saya yakin klo bukan kelas DSLR atau pro yg menggunakan RAW file, maka sudah lebih dari cukup untuk kebanyakan camera pocket/prosumer toh rata2 besar file foto yagn dihasilkan camera pocket itu berkisar antara 3-5 MB. yang jad masalah apakah device anda mampu mendayagunakan potensi "kecepatan" sekian besar dari benchmark diatas emoticon-Smilie

WARNING: Pastikan device anda mampu mengutilisasi dan mendukung microSDHC card dengan kapasitas sebesar ini, karena ada beberapa device yang hanya mampu "menerima" 16GB max. atau bahkan 8GB.

*beneran 32GB ga sih? silahkan emoticon-Malu (S): =
Spoiler for cekidot:
0
7.4K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Review Lab
Hardware Review LabKASKUS Official
2.2KThread1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.