MegadethAvatar border
TS
Megadeth
Sekilas tentang Piton dan Anakonda
welcome to my thread


Halo Kaskusers! Salam sejahtera! Kali ini saya mau ngebahas sekilas tentang dua ular yang mungkin sudah tidak asing di telinga Kaskusers, yaitu PITON dan ANAKONDA. Tapi mungkin masih belum tau apa beda dari kedua ular ini, siapa yang lebih panjang atau besar dan ciri-cirinya. Karena dua ular ini sangat identik, mereka sangat besar dan panjang dan tidak berbisa namun bisa menjadi sangat berbahaya jika kita tidak memperlakukannya secara hati-hati. Jika Kaskusers disini senang menonton acara wildlife documentary yang sering ditayangkan Animal Planet, Nat Geo, Discovery Channel, dll atau juga beberapa TV lokal, terkadang hanya beberapa spesies PITON dan ANAKONDA saja yang paling sering disebut, yaitu:

1. RETICULATED PHYTON (PITON KEMBANG)
2. AFRICAN ROCK PHYTON (PITON BATU AFRIKA)
3. BURMESE PHYTON (PITON BURMA -meskipun nama negaranya sekrang lagi Myanmar..hehe)
4. ANACONDA
*Biasanya, PITON dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai ULAR SANCA. Namum bisa dikatakan dua-duanya benar, walaupun ada beberapa orang yang mengatakan ULAR SANCA tidak selalu termasuk sebagai PITON. Agar tidak membingungkan, kita beri nama PITON saja disini.

Mari kita lihat satu per satu.

1. RETICULATED PHYTON (PHYTON RETICULATUS) atau PTION KEMBANG

PITON KEMBANG ditemukan di hampir seluruh kawasan Asia Tenggara dan paling banyak ditemukan di Indonesia (wah!). PITON KEMBANG pada umumnya memiliki panjang berkisar antara 3-6m, tergantung umurnya, namun bisa juga mencapai 8m lebih!Hal ini menjadikan PITON KEMBANG sebagai ular dan sekaligus kadal terpanjang di dunia!!! Wow! PITON KEMBANG biasanya hidup di area yang basah dan dekat dengan air, seperti hutan hujan tropis, sungai, dan rawa-rawa. Reputasinya sebagai hewan yang berbahaya sudah terbukti, karena sudah banyak laporan dan kasus mengenai ular ini MEMAKAN manusia, baik anak kecil maupun dewasa! Memakan manusia memang bukan kebiasaan dari ular ini, biasanya mereka lebih suka memangsa hewan lainnya. Serangan terhadap manusia memang dilaporkan agak jarang, namun bagi siapapun yang berada dekat dengan ular ini, baik di lama liar maupun sebagai peliharaan, harus extra waspada.


2. AFRICAN ROCK PHYTON (PHYTON SEBAE) atau PITON BATU AFRIKA

PITON BATU AFRIKA, sesuai namanya, ditemukan di kawasan Afrika Tengah dan Barat. Ular ini relatif lebih kecil dari kerabatnya, dengan hanya mencapai panjang sekitar 6m. PITON BATU AFRIKA tinggal di kawasan gurun dan hutan di Afrika, namun lebih banyak di kawasan yang dekat dengan air. Konon katanya, ular ini paling agresif dari ular-ular lain yang dibahas disini. PITON BATU AFRIKA memakan berbagai hewan yang ditemukan di Afrika seperti Antilop, Kelinci dan bahkan terkadang mereka memakan buaya. Lagi-lagi terdapat laporan bahwa ular ini pernah memangsa manusia, namun sangat jarang terjadi.


3. BURMESE PHYTON (PYTHON MOLURUS BIVITTATUS) atau PITON BURMA

Sesuai namanya PITON BURMA pertama kali ditemukan di negara Burma (Myanmmar) namun ternyata diketahui tersebar di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ular ini panjangnya mencapai 3-4m, namun beberapa mencapai 5m lebih, namun sangat jarang. Dengan ukurannya ini menjadikan PITON BURMA sebagai ular yang paling kecil dan pendek dari antara ular disini. Ular ini tinggal di hutan hujan tropis dan dekat dengan air dan memangsa burung dan mamalia. Tidak ada laporan yang tercatat mengenai ular ini memangsa manusia.


4. ANACONDA atau ANAKONDA

Terdapat banyak jenis ANAKONDA, namun jika kita menyebut ANAKONDA, umumnya me-refer pada ANAKONDA HIJAU / BIASA (GREEN / COMMON ANACONDA). Segala jenis ANAKONDA dapat ditemukan di Amerika Selatan, khusunya di Hutan Amazon. ANAKONDA dapt mencapai panjang 6m, namun beratnya bisa mencapai lebih dari 100kg,bahkan ada catatan yang pernah mencatat 250kg sehingga menjadikan ular ini sebagai ular terberat di dunia! Makanan kesukaan ANAKONDA berkisar pada burung, mamalia dan kadal lainnya. Tidak terdapat laporan resmi atau tercatat mengenai ANAKONDA memangsa manusia.



FAKTA-FAKTA

1. PITON dan ANAKONDA tidak beracun dan menggunakan metode yang sama untuk membunuh mangsanya, yaitu melilit dan menghancurkan mangsanya sehingga tidak dapat bernapas. Setelah mangsanya mati, kedua ular ini dapat "melonggarkan" rahangnya sehingga dapat menelan mangsanya bulat-bulat.
2. PITON dan ANAKONDA paling banyak ditemukan di negara tropis
3. PITON DAN ANAKONDA memiliki diet (jenis makanan yang relatif sama: burung, kadal dan mamalia)



PITON DI FLORIDA SEBAGAI SPESIES PENYERBU (INVASIVE SPESIES)


-PITON tertangkap di Everglades Florida-
Jika kita mendengar kata Florida, Amerika Serikat, seringkali kita membayangkan pantai-pantai yang indah dan tropis dengan ombak yang kencang untuk surfing. Memang Florida bisa dikatakan sebagai Bali-nya Amerika Serikat, karena letaknya dibagian paling bawah negara ini, sehingga menjadikan Florida sebagai negara bagian Amerika yang beriklim agak tropis (panas). Ternyata, dataran Florida mayoritas bukanlah terdiri dari pantai-pantai indah yang dibayangkan, melainkan rawa-rawa atau yang dikenal dengan Florida Everglades. Dalam kawasan ini tumbuh subur berbagai hewan yang cocok berada di kawasan rawa-rawa sperti buaya dan ular. Puluhan tahun yang lalu di Florida, banyak warga yang memanfaatkan iklim panas di negara bagian ini untuk memelihara berbagai hewan eksotis yang dapat bertahan di Florida, namun tidak dapat bertahan di negara bagian lainnya. Salah satu hewan yang digemari saat itu adalah PITON, dimana mayoritas berupa PITON BURMA. Pada awalnya ular yang dibeli hanya berkisar 1m, namun seiring waktu berjalan, mereka secara cepat tumbuh hingga 3m lebih. Para pemilik pun panik dan memutuskan untuk membuang mereka di Everglades. Kesalahan besar. Lokasi Everglades sangat cocok bagi ular PITON dan mereka secara cepat berkembang biak. Pertumbuhan drastis hewan yang bukan asli dari kawasan ini punmenjadi berbahaya dan dinilai invasive atau penyerbu, karena meneybabkan gangguan pada ekosistem dan manusia. PITON ini seringkali berkeliaran di kawasan hunian manusia untuk mencari tempat teduh dan air. Hal ini sangat berbahaya bagi penduduk, mengingat kemampuan PITON untuk menyerang manusia secara tiba-tiba!


4iinch
4iinch memberi reputasi
1
9.4K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.