- Beranda
- The Lounge
Penyebab Motor jadi Boros & Kiat hemat BBM
...
TS
lionelwin10
Penyebab Motor jadi Boros & Kiat hemat BBM
SELAMAT DATANG DI THREAD ANE
Spoiler for BUKA YA GAN:
Agan yang baik selalu meninggalkan komeng dan klo berkenan ya gan
Spoiler for Buka Lagi :
Kalau udah ISO bagi Cendol ya gan
Spoiler for Buka Lagi:
JANGAN DIBATA YA GAN
Quote:
Permisi gan...
berhubung BBM udah pada naik....
ane mau ngasih tips2 nih bagi agan2 yang sering pake kuda besi....
apalagi sekarang udah mau musim mudik... semoga tips ini bisa bermanfaat buat agan-agan
dijamin gak repost deh
berhubung BBM udah pada naik....
ane mau ngasih tips2 nih bagi agan2 yang sering pake kuda besi....
apalagi sekarang udah mau musim mudik... semoga tips ini bisa bermanfaat buat agan-agan
dijamin gak repost deh
Spoiler for NOREPOST:
Quote:
Quote:
A. Penyebab Motor Boros
Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?
setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:
Quote:
a. MACET
Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi
motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.
Spoiler for ...:
Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi
motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.
Quote:
b. KONDISI JALAN
Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut
pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai
atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi
bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau
cenderung rusak.
Spoiler for ...:
Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut
pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai
atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi
bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau
cenderung rusak.
Quote:
c. MEMAINKAN GAS TERUS-MENERUS
Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika
motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara
terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor
lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah
mengalami perubahan.
Spoiler for ..:
Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika
motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara
terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor
lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah
mengalami perubahan.
Quote:
d. SUHU
Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah
suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin
tinggi.
Spoiler for ..:
Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah
suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin
tinggi.
Quote:
e. KONDISI MOTOR
Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,
penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya
hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.
Spoiler for ...:
Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,
penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya
hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.
Quote:
B. Kiat-kiat untuk menghemat BBM
:BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah, jelas Freddy.
Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.
:KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKE (BUKAN GAK PAKE, TAPI KURANGI)
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar.
:HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.
:HARAM GEBER DI LAMPU MERAH
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,
:JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.
lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit aja
:BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah, jelas Freddy.
Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.
:KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKE (BUKAN GAK PAKE, TAPI KURANGI)
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar.
:HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.
:HARAM GEBER DI LAMPU MERAH
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,
:JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.
lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit aja
Quote:
Quote:
UPDATE BUAT MATIC
gini gan.. memang sulit pungkiri.. emang metik agak boros.. tapi ada loh triknya..
KLO MENURUT ANE
motor metik itu kalo mau hemat ya kita musti sabar gan...
maksudnya??? motor metik itu biasanya klo kita di gas pasti kita langsung tancep aja gitu.. nah supaya gak boros.. kita gas aja pelan2 gan.. nikmati alurnya...::
satu lagi kec. max nya itu 60 km/jam.. jadi klo agan pake metik pelan2 aja nge gas nya... ampe batas kec. max nya 60 km/jam..
gitu gan menurut ane.. :
silahkan dicoba gan...
gini gan.. memang sulit pungkiri.. emang metik agak boros.. tapi ada loh triknya..
KLO MENURUT ANE
motor metik itu kalo mau hemat ya kita musti sabar gan...
maksudnya??? motor metik itu biasanya klo kita di gas pasti kita langsung tancep aja gitu.. nah supaya gak boros.. kita gas aja pelan2 gan.. nikmati alurnya...::
satu lagi kec. max nya itu 60 km/jam.. jadi klo agan pake metik pelan2 aja nge gas nya... ampe batas kec. max nya 60 km/jam..
gitu gan menurut ane.. :
silahkan dicoba gan...
TAMBAHAN DARI JURAGAN
PARA JURAGAN YANG UDAH MENCOBA
Quote:
1.
Quote:
Original Posted By TheNewMan►hhmm nice tips gan..
motor ane uda irit gan...
motor ane uda irit gan...
2.
Quote:
Original Posted By Andis95►Bener gan semakin cepet kita berkendara semakin, semakin boros konsumsi bahan bakarnya
ane udh uji sendiri fakta antara Yamaha Meong sama Honda Super Fit (Ane Tes Itu perjalanan dari pekalongan - jogja)
ketika kita mengendarai dengan kecepatan standard(stabil)konsumsi yg dihabiskan kedua motor tersebut sama.
ane udh uji sendiri fakta antara Yamaha Meong sama Honda Super Fit (Ane Tes Itu perjalanan dari pekalongan - jogja)
ketika kita mengendarai dengan kecepatan standard(stabil)konsumsi yg dihabiskan kedua motor tersebut sama.
3.
Quote:
Original Posted By neechaayee►
nice tips gan
ane sekarang jadi nyaman, yang biasanya seminggu 20 rebu sekarang bisa seminggu 10 rebu
ane sekarang jadi nyaman, yang biasanya seminggu 20 rebu sekarang bisa seminggu 10 rebu
4.
Quote:
JANGAN LUPA BAGI CENDOL YA GAN
Diubah oleh lionelwin10 05-07-2013 20:09
0
135.1K
Kutip
10K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.7KThread•89.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok