vulcano.hunterAvatar border
TS
vulcano.hunter
Gunung Muria (Anomali Gunungapi Kuarter)
oleh: jenggot
untuk: umum & netters



dongeng ini berawal dari suasana bercanda antara saya dan si kecil (verizza). dalam sebuah diskusi kecil keluarga, sambil membuka atlas anak perempuan pertamaku yang sudah kelas 4 SD ini bertanya tentang masalah geografi. pertanyaan mengenai mengapa sungai berkelok2, mengapa di kalimantan tidak ada gunung berapi dan dimana laut terdalam di indonesia bisa saya terangkan dengan metode dongeng singkat sambil menunggu mamanya masak makan malam.

tetapi ketika anakku bertanya kenapa posisi gunung muria berdiri sendiri di utara pulau jawa sedangkan yang lain berada di tengah? hmmm…..saat itu saya hanya menjawab singkat bahwa gunung ini adalah sebuah anomali (hal yang tidak biasa) dan sangat teknis jika anak 8 tahun harus menelan bahasa2 geologi. si kecil terlihat tidak puas dengan jawaban papanya, tapi untunglah mamanya segera datang menyiapkan makan malam & momen ini saya gunakan untuk mengalihkan perhatian dari pertanyaan tentang gunung muria sebelumnya & akhirnya si kecil lupa.

pagi di kantor kembali teringat pertanyaan semalam yang masih menggantung. kebetulan hari tidak terlalu banyak pekerjaan sehingga agak luang untuk mencari sumber2 referensi tentang gunung muria. ternyata tidak banyak referensi tentang gunung ini. hanya satu jurnal tentang muria yang saya temukan http://petrology.oxfordjournals.org/...3/555.abstract

sejarah gunung ini pun tidak banyak yang mengulas. akhirnya saya buka2 kitab geologi (the geology of indonesia) dan mencari data teknis halaman per halaman. tidak banyak yang bisa didapat dari hasil pencarian manual ini, tetapi paling tidak ada hasil yang bisa saya ceritakan kepada si kecil nanti malam. agar infomasi ini juga bisa diketahui banyak orang maka saya share juga ke beberapa milis termasuk di forum ini…..


dalam benak saya, ketika mendengar nama gunung muria disebut maka yang terbersit adalah alkaninitas yang tinggi dan lokasinya yang keluar dari jalur utama gunungapi2 yang yang ada di jawa tengah. untuk memahami posisi gunung ini yang terkesan aneh (tidak biasa) maka kita harus juga memahami struktur regional pulau jawa. gunung muria ini berdiri tepat di atas sebuah sesar tektonik tua (muria kebumen BD-TL) di jawa tengah (asumsi saya sesar ini kemungkinan besar memotong gunung sumbing pada pra kuarter).

gunung ini sebenarnya tidaklah terlalu tua karena usianya baru 1 juta s/d 10.000 tahun BC. masalahnya, bagaimana bisa gunung ini berada tidak di lokasi yang umum seperti gunungapi lain di regional jawa tengah? itu yang sampai saat ini saya masih belum bisa menemukan jawabannya. apakah karena kemiringan lempeng indoaustrali (oceanic plate) di menunjam dibawa pulau jawa dahulu memiliki sudut lebih kecil, lalu ada semacam seamont yang tertelan masuk menunjam di bawah pulau jawa sehingga kemudian tertarik ke selatan dan disanalah (jawa bagian tengah) tumbuh hampir semua gunungapi2 aktif hingga sekarang?

jika kita refer ke hasil pengukuran GPS maka pulau jawa terus bergerak ke utara setiap tahunnya karena efek subduksi dua lempeng raksasa di selatannya. jika benar seperti itu maka saya pribadi berasumsi bahwa semenanjung muria (sejak kota kudus, pati di selatan hingga jepara di utara) dulunya tidak pernah bergabung dengan daratan utama pulau jawa!

memang ini terkesan teori kasar yang sangat prematur, tetapi saya beranggapan bahwa gunung muria dahulu adalah pulau vulkanik yang terpisah dari daratan jawa. kemudian menjadi satu dengan jawa karena dua sebab: pertama pergerakan relatif pulau jawa ke utara sebagai akibat subduksi lempeng indoaustrali di selatan jawa. kedua karena sedimentasi antara demak dan muria.

Spoiler for visual:

bagaimana mekanismenya?
coba pikirkan topografi pantura pada 500 - 1000 tahun yang lalu? pastinya jauh berbeda dengan hari ini, bukan? untuk itu saya sengaja membuka kembali naskah2 ebook kerajaan demak dan disana menerangkan bahwa demak dahulu kala berada di tepi laut! hari ini jika kita kesana maka paling tidak demak sudah berada 15 - 20km dari bibir pantai lho. itu artinya pantai utara pada saat ini dan pada 500 tahun lalu saja sudah sangat berbeda topografinya.

ada satu kalimat juga dalam sebuah catatan De Graaf "De Eerste Moslimse Voorstendommen op Java" yang mengisahkan jalur perdagangan pada masa lalu pernah dilakukan dari semarang - demak langsung ke rembang dengan melalui selat sempit diantara jawa tengah dan pulau muria. kutipan ini memang tidak bisa serta merta membuat hipotesa saya terjawab karena harus dibuktikan dengan penelitian di lapangan. untuk itu saya kembali melakukan pengukuran wilayah sekitar demak. dan dari hasil kasar pengukuran altitude dengan menggunakan citra satelit (GE), saya dapatkan bahwa demak-dempet-undaan-winong-pati-rembang adalah kelurusan dengan kontur yang nyaris sama tinggi dengan permukaan laut (rata <10mdpl saja).

dari pengukuran citra satelit inilah saya semakin yakin bahwa kemungkinan besar memang gunung muria pada masa lalu merupakan sebuah pulau vulkanik yang terpisah dari jawa tengah dan baru bersatu paling tidak dalam 500 - 1000 tahun terakhir dengan didasari alasan sedimentasi demak dan subduksi lempeng. hmmm....banyak ilmu & titik terang yang saya dapat secara tidak sengaja hari ini. niat awal hanya ingin mencari jawaban atas pertanyaan si kecil, ternyata setelah membuka2 referensi dan sumber2 sejarah saya menemukan sebuah hipotesa yang kedepan akan coba saya jelaskan secara lebih detail dengan dukungan bidang2 keilmuan lain.

entah kenapa hari ini saya memiliki optimisme bahwa hipotesa saya tentang gunung muria masa lalu yang pernah terpisah dari jawa tengah dan berbentuk sebuah pulau vulkanik lalu kemudian bergabung dengan jawa tengah adalah benar adanya. tetapi jikapun hipotesa itu terbantahkan, minimal jawaban untuk pertanyaan si kecil sudah saya dapatkan dan tidak perlu lagi menjadikan makan malam sebagai alasan pengalih perhatian.

salam.
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
26.6K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.