adie37Avatar border
TS
adie37
Pecinta Cornering @Sentul Kecil ( cart circuit )
Sirkuit gokart Sentul terletak di daerah Citeureup- Bogor, dan terletak tepat bersebelahan dengan sirkuit Sentul International. Dari segi desain, sirkuit ini memiliki banyak tikungan lambat dan hanya diselingi oleh straight2 yang relatif pendek. Amat cocok untuk pecinta cornering dan yang hobi dunia balap khususnya motor road race, namun kurang pas untuk sportbike model MOGE atau yang memiliki CC di atas 250 dan memiliki rasio gir standard yang lumayan panjang.



Buat kami yang “masih belajar nyetir motor”, sirkuit ini amat cocok buat melatih skill dan membiasakan diri dengan performance riding.

START/FINISH STRAIGHT; straight ini mungkin hanya berjarak sekitar 150 meter, jika berhasil keluar dari turn 14 dengan cepat maka masih bisa menyentuh gir 4 sebentar sebelum engine brake menuju turn 1.

TURN 1 ; Engine brake ke gir 3 sambil rebah ke kanan, hati2 jangan sampai bablas ke rumput.

TURN 2 & TURN 3 ; Downshift ke gir 2 sebelum masuk turn 2, rebah ke kiri dan jangan terlalu cepat, keluar turn 2 dan buka gas sebentar, masuk turn 3 dengan gir dan cara yang sama. Saya biasa menganggap dua tikungan ini sebagai sebuah tikungan dengan dua Apex (Titik fokus), sehingga posisi badan tetap berada offset kekiri dari mulai keluar turn 2 sampai masuk turn 3.

TURN 4 ; Biasa masuk tikungan kekanan ini dengan gir 3 karena lebih cepat dari dua turn sebelumnya, hati2 karena ada permukaan yang tidak rata disekitar Apex tikungan ini. Keluar tikungan ini dengan gir 3, buka gas penuh tanpa naik gigi sebelum masuk turn 5.

TURN 5 ; Tutup gas pada gir 3 sesaat sebelum masuk tikungan ini dan biarkan engine brake mengendalikan bagian belakang motor disepanjang tikungan, lalu buka gas kembali saat keluar.

TURN 6 ; Rem dan engine brake ke gir 2 lalu rebah ke kanan. Biasa saya lakukan “late Apex” agar motor tetap pada lintasan dan tidak keluar dari aspal, karena tikungan ini cukup “patah”

TURN 7 ; Tikungan ke kiri ini cukup panjang lakukan upshifting ke gir 3 di tengah tikungan. Perhatikan sepatu anda, kadang ikut bergesek dengan permukaan aspal.

TURN 8 ; Tutup gas pada gir 3, rebah ke kiri, kemudian buka gas kembali saat keluar tikungan.

TURN 9 & TURN 10 ; Dua tikungan ini cukup lambat. Masuk turn 9 dengan gir 2, sampai dengan keluar dari turn 10. Buka gas seawal mungkin saat keluar tikungan karena menuju ke bagian cepat dari sirkuit ini.

TURN 11 ; Gas penuh selama melewati tikungan ini, karena untuk mendapatkan rebah yang enak di R12

TURN 12 ; Engine brake ke gir 2 dan kemudian masuk ke tikungan paling lambat ini. Banyak rider yang out di tikungan ini, bahkan rider road race sekalipun. Boleh dibilang yang tersulit di sirkuit ini.

TURN 13 ; Lumayan mudah dan dilalui dengan gir 2.

TURN 14 ; Tikungan yang menentukan karena kemudian disusul oleh Start/Finish Straight. Masuk dengan gir 2, rebah ke kanan, kemudian usahakan keluar tikungan dengan bukaan gas yang seawal mungkin. Jika keluar dengan lambat maka tidak akan sempat mencapai gir 4 di ujung straight.

Kurang lebih seperti itulah yang di lakukan Brother 3 orang kakak-beradik (Indrawan Sukarya, Andre Muhamad dan Rudy Gunawan) yang menggemari dunia sepeda motor dan otomotif. cara berkendara mereka di sirkuit gokart Sentul, dan saya yakin setiap orang memiliki teknik tersendiri yang paling sesuai dengan karakter mereka.

( sumber : 17racing.wordpress.com )

Ada yang mau coba????

Sewa perhari di mulai dari jam 9.00 - 17.00 di hari kerja, klo weekand kayaknya di pake buat karting. Tapi Konfirmasi dulu ajah sama pihak sentul kalo mau latihan di hari Sabtu - Minggu

harganya 150rbajah, 1 joki 1 motor ( motor bebek atau yang lainnya di bawah 250cc )..

Note : SAFETY RIDING di WAJIBKAN

Buat brother yang udah pernah ke sana tolong di share dong.. emoticon-Toast Siapa tau bisa fix nie Forum untuk para pecinta Cornering Indonesia... emoticon-Ngacir

emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus


direct link : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=10281983

Untuk event - event yang pasti sangat seru.. emoticon-Add Friend (S)
0
34.8K
308
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.