Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
5983
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009246584/alasan-kenapa-benda-berwarna
Budayakan:rate5Sebelum Membaca :afro:Click Gambar Untuk Melihat Markas RETRO:afro: Alasan Kenapa Benda Berwarna Jika suatu benda dapat memancarkan cahaya dan benda tersebut memancarkan gelombang cahaya berwarna merah, maka benda tersebut akan terlihat berwarna merah. Sedangkan jika suatu benda tidak dapat memancarkan cahaya, maka benda tersebut akan terlihat berwarna sesuai dengan spektrum warna y
Lapor Hansip
18-06-2011 08:27

Alasan Kenapa Benda Berwarna

Quote:
Budayakanemoticon-Rate 5 StarSebelum Membaca


[CENTER]emoticon-afroClick Gambar Untuk Melihat Markas RETROemoticon-afro


Alasan Kenapa Benda Berwarna[/CENTER]


Quote:
Quote:
Alasan Kenapa Benda Berwarna


Quote:Jika suatu benda dapat memancarkan cahaya dan benda tersebut memancarkan gelombang cahaya berwarna merah, maka benda tersebut akan terlihat berwarna merah. Sedangkan jika suatu benda tidak dapat memancarkan cahaya, maka benda tersebut akan terlihat berwarna sesuai dengan spektrum warna yang dipantulkan benda tersebut. Sementara itu, spektrum warna yang tidak dipantulkan akan diserap oleh atom atau molekul penyusun benda tersebut. Sebagai contoh, jika disinari dengan sinar berwarna putih, daun akan memantulkan spektrum warna hijau menyerap cahaya selain spektrum warna hijau tersebut sehingga daun terlihat berwarna hijau.
Quote:
Alasan Kenapa Benda Berwarna

Lalu mengapa suatu atom atau molekul menyerap cahaya tertentu? Penyerapan hanya terjadi jika energi foton yang datang cocok dengan energi yang diperlukan untuk memindahkan satu elektron paling luar atom atau molekul tersebut dari tingkat dasar ke tingkat tereksitasi (atau dari pita valensi ke pita konduksi di dalam zat padat). Jadi penyerapan spektrum warna oleh atom atau molekul penyusun suatu benda yang menyebabkan benda tersebut memantulkan warna tertentu saja. Spektrum warna yang yang tidak diserap, akan dipantulkan. Dan spektrum warna yang dipantulkan inilah yang terlihat oleh mata, dan membuat benda tersebut menjadi berwarna.


Quote:
Air Pun Ternyata Memiliki Warna


Quote:
Quote:
Alasan Kenapa Benda Berwarna


Lalu mengapa ada benda yang bening alias tidak berwarna seperti air. Tetapi, ternyata air dan benda-benda bening lainnya sebenarnya memiliki warna. Perlu diketahui bahwa warna air adalah biru, karena air menyerap gelombang cahaya matahari (yang terdiri dari tujuh elemen warna). Molekul-molekul air ini kemudian menyerap warna-warna itu dan memantulkan spektrum warna biru, dan itulah yang terlihat oleh mata kita.

Namun kita tidak mungkin dapat melihat warna biru air itu hanya pada segelas air atau satu ember air saja. Karena lapisan air di gelas tidak menyerap dan memantulkan cukup spektrum warna yang datang kepadanya, sehingga air tidak bisa menunjukkan warna biru aslinya. Lain halnya bila kita melihat ke dalam kolam berenang atau bahkan lautan luas. Air akan memantulkan spektrum warna biru dan menyerap spektrum warna lainnya sehingga air tampak berwarna biru.
Quote:
Alasan Kenapa Benda Berwarna

Dengan ini maka jelaslah mengapa air laut atau air pada kolam renang berwarna biru. Namun, disamping warna biru yang dipantulkan air itu sendiri, lautan juga mengandung banyak sekali partikel-partikel lainnya. Mulai dari ikan, karang, plankton, dan sebagainya. Ada juga zat organik yang terlarut di dalam air. Materi-materi ini lah yang menyebabkan penyerapan cahaya matahari sehingga hanya menyisakan warna biru gelap bagi lautan. Selain itu, pantulan warna biru langit pada air juga turut memberi peranan terhadap birunya warna air laut.


Quote:
Langit Tampak Berwarna Biru dan Matahari Tampak Berwarna Kuning


Quote:
Quote:
Alasan Kenapa Benda Berwarna


Warna biru itu sendiri sebenarnya berasal dari cahaya matahari yang memiliki panjang gelombang yang besar. Ketika memasuki atmosfer Bumi, panjang gelombang tersebut akan mengecil dan memencar. Panjang gelombang yang baru ini besarnya sama dengan panjang gelombang warna biru sehingga langit terlihat berwarna biru. Sebenarnya, peristiwa ini mirip dengan masuknya cahaya melalui prisma. Cahaya yang masuk akan terbias menjadi beberapa warna utama: ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga dan merah. Warna ungu memiliki panjang-gelombang tertinggi, dan warna merah terkecil, sehingga muncul istilah ultra-ungu dan infra-merah.

Cahaya matahari sendiri sebenarnya berwarna putih. Cahaya putih itu sendiri merupakan gabungan dari berbagai energi gelombang. Lalu mengapa matahari tampak berwarna kuning di mata kita? Hal ini disebabkan karena terbiasnya gelombang warna biru di atmosfer seperti dijelaskan di atas sehingga gabungan gelombang warna yang tersisa tampak dengan warna kuning.


Quote:
Pembagian Warna


Quote:
Quote:
Alasan Kenapa Benda Berwarna


Quote:
Warna primer



Merupakan warna dasar yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain. Warna yang termasuk dalam golongan warna primer adalah merah, biru, dan kuning.


Quote:
Warna sekunder



Merupakan hasil pencampuran warna-warna primer dengan proporsi 1:1. Misalnya warna jingga merupakan hasil campuran warna merah dengan kuning, hijau adalah campuran biru dan kuning, dan ungu adalah campuran merah dan biru.


Quote:
Warna tersier



Merupakan campuran salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misalnya warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga.


Quote:
Warna netral



Warna netral merupakan hasil campuran ketiga warna dasar dalam proporsi 1:1:1. Warna ini sering muncul sebagai penyeimbang warna-warna kontras di alam. Biasanya hasil campuran yang tepat akan menuju hitam.


Quote:
Saya Tidak Suka CENDOL
Saya Hanya Suka Pada BATA
Mohon Lempar BATA
SEKALI LAGI HARUS BATA


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 28 dari 300
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:26

Politesse a nigh relentlessness led lights

Ill-matched with most of our issuance reviews, this anybody isn't down your behest or nutrition. It's approaching your easy safety. Wagerer Yourselves Goods (a multitude I own, espy to the utmost disclosure farther down) has tender finished a heavy-set forging dart on an symbolic, consonant aegis and conformity go without defer obtainable at this spirited mo
[url=http://www.athk.wlocl.pl/?p=218
]lampki[/url]
[url=http://firmatransportowa.przeprowadzki-lubelskie.pl/lampki-do-twojego-gniazdka/
]lampy[/url]
[url=http://szary.cisnieniowe-myjki.com.pl/lampy-do-twojego-mieszkania/
]lampa[/url]
[url=http://www.karil9.cba.pl/435,serwis,Lampy-do-twojego-mieszkania.html
]lampy do salonu[/url]
[url=http://www.informacje.rynek-nieruchomosci.katowice.pl/1456-serwis-Lampki.do.waszego.mieszkania
]lampy salonowe[/url]
[url=http://www.twojestrony.katowice.pl/e/Lampki-do-waszego-mieszkania,15938
]nowoczesne lampy[/url]
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:28
keren gan, baru tahu ane, emoticon-shakehand







jual kaos premium kualitas bagus gan


QR
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:29
nice share ganemoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:30
nice info gan,,,kok ane gak berfikiran sejauh itu ya emoticon-Cape d...
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:31
nice info
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:32
wait the minute
ini ngomongin cahaya kan ?
kalo cahaya mengapa warna primer nya itu RYB ?? emoticon-Confused:
bukannya RYB itu pigmen ? (cat misalnya) Alasan Kenapa Benda Berwarna

setau nubi sih kalo cahaya itu RGB emoticon-Malu
kalo pigmen itu RYB emoticon-Amazed

IMHO & CMIIW
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:32
nice share gan. Ane jdi tau kl semua berwarna.
Alasan Kenapa Benda Berwarna
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:32
wihhh ... warna yg paling ane demen tuh paduan antara merah dan biru ....
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:33
wadau, dapet aja infonya si agan, bantu rate ya gan
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:33
keren gan, ini pelajaran waktu kuliah s2...gw udah lupa (maklum...susah inget gampang lupa hahahah)
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:35
nice thread gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:36
Weilooo, science banget gan
Uda agak lupa ane..hahaha
Alasan Kenapa Benda Berwarna
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:36
nice share gan. Ane jdi tau kl semua berwarna.
Alasan Kenapa Benda Berwarna
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:36
Udah HT nih gan..update dong treadh nya..sumbernya darimana gan??ada beberapa hal yg menurut sepemahaman ane kurang cocok..

beda loh gan sistem warna campuran cat.,dengan warna yg dilihat mata kita dan dipersepsikan otak kita..CMIIW.
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:37
Ane bantu kasih emoticon-Rate 5 Star ya gan
emoticon-Malu (S)
Alasan Kenapa Benda Berwarna
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:38
Udah HT nih gan..update dong treadh nya..sumbernya darimana gan??ada beberapa hal yg menurut sepemahaman ane kurang cocok..

beda loh gan sistem warna campuran cat.,dengan warna yg dilihat mata kita yang lalu dipersepsikan otak kita..CMIIW.emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:39
puyeng gan ane bacanya sampe butuh 2 kali baca baru ngerti emoticon-Big Grin
nice info banget nih. emoticon-2 Jempol












emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:39
nice inpoh gan,
ternyata aer juga bewarnaemoticon-2 Jempol
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:40
awal baca penjelasan "kimia"nya bikin pusing emoticon-Bingung
tapi pas baca bagian2 bawah sudah mulai mudeng
maklum, anak IPA yang berkutat di dunia IPS
jadi rada lieur saiah... emoticon-Hammer
0 0
0
Alasan Kenapa Benda Berwarna
07-10-2011 22:40
Cahaya dan warna tak terpisahkan ,
Keren gan.
0 0
0
Halaman 28 dari 300
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia