vulcano.hunterAvatar border
TS
vulcano.hunter
Kaldera Merapi 2011 (relationships between volcano-type and explosivity)
oleh: jenggot
(public version)





summary
tahun 2006 adalah tahun terakhir dimana merapi beraktivitas dengan tipe normal merapi yang efusif. ciri khas yang sudah bertahan lebih dari seabad (fluktuasi kegempaan, pembentukan kubah lava & longsoran kubah lava (wedus gembel)) ini akhirnya berubah secara drastis pada november 2010 lalu. pola letusan tradisional merapi yang berarah selatan barat daya pun mengalami perubahan yang cukup ekstrem dimana pada letusan 2010 sisi barat merapi mengalami kehancuran yang tidak kalah parah dengan sisi selatannya.
Spoiler for visual:

(merapi) the most active volcano in the world
secara akumulatif, memang endapan merapi dominan terkonsentrasi (terbuang) ke sisi barat-barat daya (hanya pada letusan 2006 saja materialnya dominan terbuang ke sisi selatan). tetapi secara keseluruhan sisi selatan memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi karena kontur selatan memiliki kesamaan (lebih terbuka mengarah langsung ke kubah lava) dengan sisi baratnya. ditambah dengan padatnya populasi sisi selatan membuat letusan2 berarah selatan & barat menjadi mimpi buruk populasi DIY & jawa tengah.

begitu spesialnya merapi sehingga mitigasi, penelitian dan pengawasan langsung pun dipantau langsung dari pusat birokrasi negeri ini. ya, memang seperti itu faktanya. asosiasi internasional yang membidangi vulkanologi, chemistry dan earth's interior pun memilih merapi sebagai gunung berapi paling aktif di dunia. sebuah kebanggaan sekaligus kewaspadaan bagi bangsa ini (bagi saya sebuah kehormatan bisa berada di puncak dan mengeksplorasinya beberapa hari lalu). itulah merapi, sepanjang sejarahnya gunung ini banyak menentukan hidup matinya peradaban mataram baik sebelum abad ke-14 (mataram kuno) maupun sesudahnya (mataram islam).

sabtu pagi 17 september 2011 saya bersama beberapa rekan mencoba mendaki ke puncaknya. beragam motivasi yang ada, tetapi bagi saya tujuan utama mendaki ke puncaknya adalah melakukan observasi lapangan sekaligus melihat perubahan fisik pasca letusan eksplosif november 2010 lalu. sekitar tengah malam (minggu dini hari 18 sept) kami berhasil mencapai puncak selokopo atas dan beristirahat menanti waktu terbaik mengunjungi pasar bubrah (pukul 4 pagi). sekitar setengah lima pagi perjalanan dilanjutkan langsung menuju pasar bubrah. pada perjalanan ini saya kira jalurnya tidak banyak yang berubah, tetapi setelah melewati bukit gajahmungkur dan tiba di pasar bubrah saya cukup kaget dengan hamparan material piroklastik yang dimuntahkan pada letusan 2010 lalu!
Spoiler for visual:

yang pasti, pasar bubrah saat ini lebih tinggi dari sebelumnya karena lembah (cekungan kawah tua ini) terisi oleh material letusan 2010. teori2 letusan eksplosif berdasarkan pengamatan kegempaan, video letusan dan data2 lapangan lain yang saya miliki akhirnya terjawab dengan jelas di pasar bubrah ini. saya melihat jelas bom2 vulkanik yang dikeluarkan dari perut bumi pada letusan 2010 lalu. hal ini menandakan bahwa sifat letusan ini bukan lagi sifat letusan tradisional merapi (paling tidak dalam 500 tahun terakhir). saya bersama team beristirahat sejenak di batu besar di tengah pasar bubrah yang saya yakini adalah hasil "eject" secara langsung dari dalam perut bumi pada letusan 2010 lalu. beratnya mungkin puluhan ton, hmmm….pantas saja suara dentuman letusan merapi sangat menakutkan saat itu (saat terjadi letusan 2010).

disamping bom2 vulkanik, pasir2 halus yang dikeluarkan dari perut bumi pada letusan 2010 lalu pun menghampar sejauh mata memandang ke arah puncak merapi. inilah pasir terbaik yang pernah ada! pasir vulkanik ini harganya sangat tinggi di kota (untuk keperluan pembangunan) tapi di merapi gratis asal ambil sendiri saja langsung, hehe. dinding pusung london sebagai benteng sisi utara pada letusan merapi terbukti ampuh menahan material yang dikeluarkan pada letusan sehingga saya lihat tidak ada kerusakan yang berarti di sisi utara merapi (kecuali pendangkalan pasar bubrah dan hilangnya ekosistem pasar bubrah (cantigi)). disamping karena terhalang dinding pusung london letusan merapi memang berkembang terus mengarah ke barat sesuai dengan pola pertumbuhan gunungapinya sendiri yang berarah timur - barat. (dimulai dari cepogo hingga gunung anyar sekarang).
Spoiler for visual:

sedikit flashback, saya masih ingat pada juni 2001 lalu kebetulan tepat berada di muntilan dan menyaksikan pesta kembang api dan leleran lava basaltik dari puncak merapi di malam hari. saat itu tidak pernah terpikirkan bahwa letusan merapi bisa mencapai kota muntilan secara langsung (baru percaya setelah letusan 2010 meluluhlantakan kota ini dan menjadikannya seperti kota hantu untuk beberapa waktu). back to present….. batuan merapi yang bersifat lunak dan banyak tersebar di sekitar puncak membuat kawasan puncak merapi masih rawan longsor. terutama jika musim hujan tiba. faktor eksternal lain adalah kegempaan merapi, tetapi sementara ini bisa kita abaikan karena aktivitas vulkanik merapi sudah sangat bersahabat dan saati ini sangat nyaman untuk dikunjungi.


kaldera merapi 2011
dari pasar bubrah saya bisa melihat langsung dinding kubah utara (kaldera merapi). seketika itu juga saya langsung terbayang betapa lebarnya kaldera merapi saat ini! tahun 2008 ketika terakhir saya mengunjungi puncak merapi, merapi tidak memiliki kaldera besar karena pola perkembangan kubah lava merapi adalah tumbuh-longsor-tumbuh-longsor, dst. sekarang (setelah melihat morfologi puncaknya) saya baru mengerti mengapa letusan 2010 sangat dahsyat. kompleks puncak merapi sebelum letusan 2010 diisi oleh beberapa kubah lava tua (tertua kubah lava 1911) yang sudah tidak stabil. letusan 2006 memang melongsorkan hampir 14 juta m3 kebanyakan mengarah ke aliran kali gendol (kaliadem). tetapi setelah 2006 seharusnya pola letusan 2010 adalah tetap berarah selatan karena kubah2 muda di sisi selatan belum terkompaksi dengan baik dan rawan mengalami rekahan (sebagai konduit letusan). tapi yang terjadi justru letusan besar eksplosif secara lateral (direct blast)!
Spoiler for visual:

sambil menyantap beberapa kurma & coklat di puncak merapi, saya melihat sekeliling kaldera merapi dan mulai mengerti mengapa letusan 2010 sangat hebat. puncak merapi saat ini (2011) adalah kawasan kawah mati pada sebelum letusan 2010. artinya (just IMHO) semua material yang berada di kawasan kawah mati, kawah 48, kawah 56, lapangan fumarola woro I, II, III dan tentunya puncak garuda di sisi utara, lalu gegerboyo, kubah 2006, 2001, 1994 dan 1911 dan semua kubah2 lava yang mengelilingi gunung anyar semuanya terlempar ke udara pada letusan utama tengah malam 4 november 2011..!!!! atau minimal, gradualitas mekanisme pelepasan energinya seperti itu! (besambung….)

salam.
0
6.2K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.