ontodlongongAvatar border
TS
ontodlongong
Terobosan Rompi Antipeluru Baru Lebih Ringan
Oleh Gloria Samantha, 24-05-2011


Lyndon Arnold dan Dr Rajiv Padhye


Seorang ilmuwan ahli teknologi tekstil dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) menemukan rompi antipeluru berbahan baru yang lebih ringan dan murah.

Rompi antipeluru telah sejak lama menggunakan bahan baku kevlar, yakni suatu serat sintesis pengganti baja. Hasilnya rompi tersebut tahan menangkal serangan peluru, tetapi cenderung berat dan kaku. Namun Dr Rajiv Padhye berhasil mengembangkan rompi yang terbuat dari campuran bahan wol dan kevlar.

Dengan bantuan teknologi nanowire, rompi antipeluru ini menjadi lebih ringan. Menurut Padhye, rajutan wol yang rapat mampu mengurangi ketebalan kevlar. Sementara rompi berbahan kevlar memerlukan 36 lapisan, rompi berbahan campuran kevlar-wol hanya 30 lapisan.

Pada penelitian yang didanai oleh pihak Australian Wool Innovations serta dimuat dalam Textile Reseach Journal ini dinyatakan, biaya untuk produksi rompi juga menjadi lebih efisien. Harga material kevlar sekitar 70 dolar AS per kilogram dibandingkan dengan 12 dolar AS untuk 1 kilogram wol.

Padhye bekerja sama dengan koleganya, Lyndon Arnold, mengatakan bahwa uji coba balistik yang telah dilakukan menunjukkan komposisi terbaik adalah 20-25 persen wol dan 80-75 persen kevlar. Ia berencana memproduksi rompi ini secara komersial. Sampai sekarang rompi masih berbentuk prototipe.(Sumber: The Age, Popsci)

http://nationalgeographic.co.id/liha...u-lebih-ringan

sumber lain :
http://www.popsci.com/technology/art...esearchers-say
http://www.cosmosmagazine.com/node/4228/full

menanti hasil ujicoba dilapangan, semoga saja hasilnya baik sehingga bisa menggantikan rompi kevlar lama

video



hasil uji coba oleh tim RMIT







Photo Credit : RMIT

nb :semoga trit ini tidak repost, salah kamar dan menyalahi aturan di Formil, kalau repost, salah kamar dan menyalahi aturan mangga didelete modemoticon-Smilie
0
10.7K
31
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread6.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.