TS
zanetti28
Jalur Jatiasih (MTB Park)
~ WELCOME TO JJ (Jalur Jatiasih) ~
(MTB PARK)
Quote:
Trit ini dibuat untuk kita berbagi pengalaman bersepeda di Jalur Jatiasih.
Jatiasih merupakan daerah perbatasan antara Bogor dan Bekasi. Di Jatiasih ada trek sepeda gunung (MTB) yang cukup menantang untuk dicoba. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Jadi cukup efektif untuk digunakan sebagai sarana latihan bersepeda di tanah (offroad). Di Jatiasih ada beberapa trek yang layak dicoba untuk mengasah skill & keberanian, yaitu:
- Turunan Jembatan Bambu
- Turunan Pematang Sawah
- Trek Mangkok JJ
- Turunan L
- Tanjakan Kuburan
- Turunan Grand Canyon
- Tanjakan Siku
- Turunan S
- Turunan Jidat
dll.
Jatiasih merupakan daerah perbatasan antara Bogor dan Bekasi. Di Jatiasih ada trek sepeda gunung (MTB) yang cukup menantang untuk dicoba. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Jadi cukup efektif untuk digunakan sebagai sarana latihan bersepeda di tanah (offroad). Di Jatiasih ada beberapa trek yang layak dicoba untuk mengasah skill & keberanian, yaitu:
- Turunan Jembatan Bambu
- Turunan Pematang Sawah
- Trek Mangkok JJ
- Turunan L
- Tanjakan Kuburan
- Turunan Grand Canyon
- Tanjakan Siku
- Turunan S
- Turunan Jidat
dll.
Quote:
PETA Jalur Jatiasih
Spoiler for jalur jatiasih:
versi agan iazai dari google maps
start di basecamp JJ Pitstop 2.
start di basecamp JJ Pitstop 2.
Quote:
TIPS & TRIK BERSEPEDA OFFROAD DI JJ
Spoiler for safety ride first:
Periksalah rem dan peralatan lain apakah sudah terpasang dengan baik.
Dianjurkan untuk menggunakan ban bertelapak kasar dan lebar (ukuran 2.00 keatas) karena trek terdiri dari tanah merah yang gembur pada musim panas tetapi lengket dan licin bilamana basah.
Pakailah selalu HELM dan diikat dengan kuat
Spoiler for cara bersepeda di saat lintasan basah atau hujan:
cek tekanan angin ban jangan terlalu keras ( depan 25- 30 psi belakang 30 38 psi sesuai lebar ban, berat badan rider dan berat sepeda ) berikan pelumas yang agak banyak pada rantai sepeda
a. saat melihat jalanan yang digenangi air, baiknya dilintasi saja jika ban kita sudah lengket oleh tanah yang seperti donut agar terlepas .dan lewati jalan yang berumput untuk melepas tumpukan tanah pada ban.
b. saat melintasi jalan yang berlumpur usahakan hindari ke samping jika memungkinkan atau lebih baik turun dari atas sepeda dan digotong saja untuk menghindari trouble pada sepeda atau jika ingin mencoba tetap melintasi pindahkan posisi chain ring gear depan ke posisi paling kecil, kemudian posisi sproket gear belakang ke gear paling kecil ..karena dengan posisi gear yang demikian otomatis posisi RD belakang menggantung ke atas .maka akan terhindar dari tercelup ke dalam air yang berlumpur .yang bisa mengakibatkan putus rantai atau RD patah karena putaran rantai akan tersendat akibat tumpukan tanah yang menyangkut pada selah RD .pelumasan pada rantai pun akan berkurang akibat terkena air dan tanah ..setelah melewati genangan tersebut kembalikan / ubah posisi gear anda sesuai dengan kondisi trek .sebaliknya ubah kembali saat melihat genangan lagi.
c. saat tanjakan curam lebih utamakan torsi dan RPM yang stabil / putaran yang bulat sesuai tenaga masing-masing untuk menjaga traksi ban belakang .posisi badan duduk tetap pada ujung sadle sampai ujung tanjakan karena jika posisi kita berdiri saat menanjak di trek basah tipis kemungkinan kita dapat melalui bisa sampai di ujung tanjakan tersebut karena ban belakang kehilangan traksi torsi hanya bisa didapatkan dari latihan strength, RPM yang tinggi min. 120 rpm, interval, sprint .
d. saat turunan manfaatkan rem depan 60 70 % rem belakang 40 % 30 % jangan panic jika sepeda meluncur terlalu cepat jangan ditekan ke 2 rem sampai 100 % yang mengakibatkan jatuh yang beresiko tinggi .lebih baik jika panic rem 100 % di bawah setelah melalui turunan agar tidak jatuh salto atau terjatuh slide jika mental tidak siap masih ragu ragu lebih baik tuntun TTB sah sah saja pembalap berpengalaman pun masih beresiko terjatuh saat turunan licin BAIKNYA TETAP DIPELAJARI DAN DICOBA SEPELAN MUNGKIN
Perlu kami sampaikan bahwa bagi pemula yang benar-benar baru mencoba bersepeda di JJ agar melatih putaran kaki dan jantung ( RPM min. 100 / menit selama 45 menit 1 jam)
Latihlah RPM anda sebagus dan sehalus mungkin .manfaatkan waktu luang, jika tidak bisa melakukan outdoor karena sibuk dengan pekerjaan, lakukan indoor dengan sepeda statis beberapa tempat gym menyediakan sepeda statis yang bagus dan instruktur RPM class yang cukup baik bersertifikat
Tujuan mengikuti program latihan bersepeda :
1. kesehatan
2. pembentukan mental yang tangguh
3. kekuatan stamina
4. kecepatan kayuhan
5. melatih otot jantung agar terbiasa dengan detak yang tinggi, olahraga sepeda MTB sangat riskan terhadap serangan jantung dikarenakan grafik jantung yang tidak stabil disesuaikan dengan kondisi trek yang tidak flat.
6. menghindari obesitas, menurunkan berat badan menjadi ideal, merampingkan perut pinggang dan pipi.
Memang program latihan menembus level demi level agak berat dilalui akan tetapi dengan niat dan motivasi yang ikhlas demi target mencapai kekuatan stamina dan kesehatan diri kita sendiri tentunya level demi level akan tercapai sesuai dengan kebutuhan pengembangan tehnik dan keahlian tingkat permainan kita di olahraga sepeda MTB .walaupun mengikuti program latihan balap kita tidak mesti harus mengikuti kejuaraan balap sepeda, tetapi dengan program balap otomatis badan kita sehat dan kuat .rumah tangga pun harmonis yang akhirnya bersepeda di manapun kita akan merasa FUN tanpa harus tersiksa karena denyut jantung yang tinggi dan kontur trek yang berbeda beda .
Demikian kami sampaikan sedikit informasi tentang cara bersepeda yang aman dan cepat, beberapa advise di atas kami dapatkan dari beberapa rekan rekan pembalap dan mantan pembalap ( atlit dan mantan atlit ) yang memiliki prestasi di tingkat local maupun nasional, kemudian kami kumpulkan dan kami rangkum pada intinya saja. Jangan sungkan bertanya kepada para pembalap yang berprestasi. Karena sesungguhnya praktek di dalam trek lebih cepat bermanfaat dengan dipandu oleh mereka yang berpengalaman di bidangnya.
Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa menghindari resiko kecelakaan yang fatal bagi diri kita, sahabat kita, saudara kita, dan rekan-rekan kita
diedit & diambil dari sini
Spoiler for penggunaan rem saat offroad:
Quote:
Quote:
Gunakan helm ketika gowes!!!
Untuk kenyamanan kita bersama saat gowes
Safety ride first or stay at home
Untuk kenyamanan kita bersama saat gowes
Safety ride first or stay at home
Diubah oleh zanetti28 28-08-2013 14:40
0
162.2K
Kutip
5.3K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sepeda
2.7KThread•1.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya