syracuseAvatar border
TS
syracuse
Panduan sebelum dan sesudah memelihara Anjing/dog
Saya membuat thread ini berdasarkan rangkuman pengalaman dan pengetahuan saya dari berbagai sumber termasuk google, forum, tv-show (eg.cesar milan), dan bbrp e-book, dengan tujuan dapat mengurangi anjing2 terlantar, kekerasan kpd anjing dan anjing2 disuntik mati tanpa tujuan marketing maupun menyudutkan pihak2 tertentu.

Sebagai manusia kadang kala kita menginginkan hewan piaraan. akan tetapi sebelum kita memutuskan hewan piaraan, kita harus menentukan dahulu hewan piaraan apa yang memang cocok untuk kita dan cocok untuk sang hewan tersebut dimana setiap macam hewan ada kelebihan dan kekurangan sebagai makhluk Tuhan YME seperti Unggas, Ikan, Reptil, dan binatang Mamalia. Dimana diforum ini saya ingin berbagi panduan tentang Anjing sebagai binatang peliharaan.

Jika anda memutuskan untuk memelihara Anjing maka anda harus yakin terlebih dahulu apakah anda cocok dengan hewan ini bukan hanya karena "keinginan" atau “suka” pada saat ini. Mengingat begitu anda mengadopsi se-ekor anjing maka anda telah setuju untuk memelihara seekor binatang dengan ekspektasi hidup 10-15 tahun kedepan, yaitu jangka waktu yang cukup lama untuk hewan piaraan. Jangan sampai Anjing anda terlantar karena anda sudah bosan, berakhir dibuang ke tempat lain, dan bahkan disuntik mati. Anjing mempunyai insting dan perasaan yg lebih Kompleks dibanding hewan2 lainnya.

Sebelum anda memilih Anjing ada bbrp hal yg perlu diperhatikan;
  1. Apakah anda cukup secara ekonomi membiayai makan, obat2an, accessories, biaya dokter hewan, biaya pelatihan (jika dibutuhkan), dan biaya lainnya. (bukan harus kaya raya, tetapi menyanggupi untuk membiayai/memberi/berbagi dengan anjing anda kelak)
  2. Apakah anda memiliki waktu yang cukup untuk mencurahkan perhatian kepada dia. (bukan hanya kasih sayang)
  3. Apakah lingkungan sekitar anda mendukung anda memelihara hewan ini terutama keluarga, tetangga, dan tempat anda tinggal (eg apartement, komplek perumahan, etc)
  4. Apakah anda memiliki/ingin belajar mengenai energi, jiwa dan kepribadian sebagai pemimpin seumur hidup anjing anda. (disiplin, tegas, dan konsisten)
  5. Jika ada menjawab tidak di salah satu pertanyaan anda diatas, saya sarankan anda memilih hewan piaraan lain yang lebih simple seperti ikan, burung, marmut, kelinci, etc.

Penjelasan persyaratan:
  1. Faktor Ekonomi penting sebagai prasyarat walaupun bukan syarat mutlak karena seorang fakir miskin juga bisa memelihara anjing dengan baik, akan tetapi yang ditekankan disini adalah apakah anda sanggup berbagi dan memberi kepada hewan anda kelak.
  2. Perhatian anda adalah hal utama dalam keseimbangan kehidupan anjing. Dia akan dengan setia menunggu anda, mengajak bermain, berjalan2 dan ber olah raga. Dia tidak akan memandang sberapa mahal kandang, accessories, dan makanan yg anda berikan, yang dia inginkan hanya perhatian dari anda yg cukup seumur hidupnya diluar kebutuhan biologisnya sebagai anjing.
  3. Lingkungan hidup anda juga berpengaruh terhadap kehidupan anjing anda, dimana jika anda tinggal di apartemen, atau anggota keluarga anda tidak menyukai kehadiran anjing maka lebih baik anda mengurungkan niat anda untuk memeliharanya kecuali anda bisa meyakinkan mereka.
  4. Anjing akan berpengaruh positif kepada diri anda sendiri, dimana anjing akan dengan tulus mengikuti anda jika anda berjiwa pemimpin. Sehingga anda harus bisa berlatih mengembangkan jiwa kepemimpinan demi hewan piaraan anda dan demi kehidupan sosial anda sendiri. Jika anda tidak sanggup atau tidak mau berlatih kepemimpinan maka akan berpengaruh kepada tingkah laku anjing yang tidak sehat

Jika anda sudah menyanggupi persyaratan diatas maka anda tinggal menentukan Jenis2 anjing/breed yang sesuai dengan kepribadian dan kondisi anda. Yg perlu di ingat adalah:
  1. Pilih jenis anjing yg memiliki energi lebih kecil dibanding anda. Anda harus dapat menilai sendiri kadar energi anda dengan membayangkan apakah anda sanggup mengendalikan anjing anda kelak.
  2. Pilih anjing sesuai dengan kebutuhan anda. Contoh Anjing Penjaga untuk menjaga rumah, Anjing Pekerja untuk teman ber olah raga, Anjing “mainan” sebagai teman dirumah.
  3. Cocokan jenis anjing anda dengan situasi dan kondisi lingkungan anda. Contoh: Jika anda memiliki bayi, jangan meresikokan bayi anda dengan memelihara Pitbull dan rotweiller.
  4. Jangan memilih jenis anjing hanya berdasarkan “suka” & “cute” tapi anda tidak sanggup/mampu memeliharanya kemudian hari.
  5. Cari bantuan forum maupun google mengenai jenis anjing yg akan anda pelihara.


Setelah memilih jenis anjing yg memang cocok dengan anda barulah cari tempat mendapatkan anjing tersebut. Seperti saudara, teman, kennel, petshop terpercaya dan yg terpenting adalah jangan membeli anjing anda dari petshop yg membeli dari puppy mill atau perternak anjing massal. Pilih lah anjing yang sehat bisa dilihat dari bahasa tubuhnya, serta tanyakan tentang asal usul anjing tersebut seperti makanan, sejarah vaksinnya, sifat2nya sedetail mungkin.

Panduan setelah membawa pulang anjing anda
  1. Siapkan lah tempat khusus untuk anjing anda. Tidak harus berupa kandang, tetapi tempat yang nyaman untuk anjing anda ber-istirahat.
  2. Pada kesan pertama, jangan terlalu memberi kasih sayang berlebih kepada anjing anda. Mulai tunjukan kalo anda pemimpin dan anjing adalah pengikut anda jadi biarkan dia bergerak sendiri, mencium2 sudut ruangan, mendatangi anda (bukan anda yang menghampiri anjing anda), jangan selalu melihat kearah anjing (anggap dia tidak ada). Jika anjing anda menangis tetap jangan dihiraukan (semakin anda hiraukan semakin parah)
  3. mulai memberi kedisiplinan dengan cara memberi makan teratur. Untuk Puppy 3x sehari dan Adult 2x sehari. Utamakan Jam makan kurang lebih sama (Komitmen waktu) dan jika makanan tidak habis langsung diangkat untuk disajikan di jam makan selanjutnya. (ingat anda harus tegas, pada tahap awal mungkin anjing anda masih adaptasi dengan lingkungan baru dan tidak nafsu makan, sesuai perjalanan waktu dia akan terbiasa dan nafsu makan akan meningkat kecuali ada sesuatu hal yang menghalangi seperti sakit, DF tidak cocok, etc). Biasakan memberikan anjing makan pada keadaan tenang (tidak boleh terlalu napsu) agar dia belajar mengenai sopan santun (peraturan). Caranya:
  4. [INDENT]
    • Siapkan makanan ditempat makanan dan taruh makanan ditempat yg tidak terjangkau oleh anjing
    • Panggil anjing anda untuk menghampiri anda
    • Suruh anjing anda duduk/jika belum bisa tekan blakangnya
    • Setelah dia duduk baru berikan makanan tsb dgn jarak 30 cm dari posisi dia duduk, jika dia bergerak dahulu sebelum anda meletakkannya maka anda harus mengambil kembali makanan tersebut. Suru anjing anda duduk kembali, dan ulangi terus sampai anda taruh makanan dan dia masih duduk. Setelah itu baru ijinkan dia untuk makan.
    [/INDENT]
  5. sehabis makan biasakan memperhatikan anjing anda karena dalam jarak 15-45 menit anjing anda pipis dan poop dengan ciri2 mulai mencium2 lantai dengan gerakan sedikit memutar2, tunjukan padanya tempat dia di ijinkan membuang air. Jangan dipukul dan jangan diteriakin. Lakukan hal tersebut secara konsisten maka anjing anda akan mengerti dengan sendirinya. Jika anjing anda melakukan kesalahan, maka bersihkan tempat tersebut pada saat anjing anda tidak melihat anda (anda pemimpin) lalu semprotkan tempat tersebut dengan Pine oil murni (bukan karbol), jeruk nipis, atau cuka kalau bisa hindari menggunakan pembersih kimia berbahaya. Jika anda memakai pemutih pastikan tidak ada sisa2 cairan ditempat tersebut (hati2 keracunan pembersih).
  6. Ajak anjing jalan kaki 2x sehari minimum 30 menit. Atau jika anjing anda jenis pekerja atau jenis anjing trah besar setelah anda berjalan kaki maka lakukan tantangan yg lebih seperti berlari sesuai takarannya dilihat dari letih atau tidaknya anjing tersebut dan jika perlu gunakan alat bantu sepeda, roller-blade, atau apa saja.

Jangan hilangkan moment Jalan kaki karena hal tersebut penting bagi hubungan anda dan anjing anda. Panduan berjalan kaki:
  • Ikat tali pada Leher atas pas dibawah rahang, bukan Leher bawah dengan tensi yg pas jangan terlalu kekencangan. Ini memudahkan anda mengendalikan anjing pada saat berjalan.
  • Pastikan keadaan anjing tenang bukan excited dilihat dari nafas dia.
  • Anda keluar pintu dahulu baru anjing anda mengikuti. Jika anjing anda memaksa anda harus menariknya kedalem lagi, tunggu sampai dia tenang baru anda berjalan keluar pintu dahulu diikuti anjing anda.
  • Kalo anjing anda dikandang buka kandang anjing anda dimana kebanyakan anjing akan memaksa keluar, maka anda diharuskan menghalangi langkah anjing anda tutup kembali pintu kandang. Tunggu dia tenang/duduk baru buka lagi perlahan. Jika dia memaksa lagi, tutup lagi kandangnya lakukan berulang2 sampai anda membuka kandang dan dia tidak bergerak. Lalu pasangkan tali dan anda bisa memanggil/undang anjing anda untuk keluar.
  • Biasakan anjing anda jalan disamping atau dibelakang anda. Jika dia menarik maka anda harus menyentak pelan, jika dia tetap memaksa narik maka anda harus berhenti, suruh anjing duduk tunggu sejenak sampai anjing tenang (perhatikan nafasnya dan bahasa tubuh) baru anda berjalan lagi. Jika anjing masih berusaha lari terus2an berarti anda harus mengganti jadwal anjing anda dengan ber olah raga (lari) dahulu baru kalau perlu menggunakan alat Bantu, setelah tenaga dia habis baru anda ajak berjalan bersama dia. Ingat berjalan sangat penting.
  • Jika pada saat berjalan bertemu anjing lain, pada tahap awal hindari untuk berhenti dan jangan sampai terjadi kontak mata dengan anjing lain. Tetaplah berjalan dengan irama yg sama. Jika anjing anda mulai menarik, sentak perlahan. Gerakan menyentak ini untuk mengajari dia agar dia mengetahui kalo dia salah dan harus dikoreksi
.
tata604
tata604 memberi reputasi
1
66.6K
474
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mamalia
MamaliaKASKUS Official
3.2KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.