Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ibnujuniorsAvatar border
TS
ibnujuniors
Soto Banjar Masakan Khas dari Kalimantan Selatan
Kalimantan Selatan yang terdiri atas 13 kabupten/kota dengan penduduk hampir 3,5 juta jiwa, memiliki berbagai makanan khas, di antaranya soto Banjar.

Bagi orang luar daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) atau Kota Banjarmasin khususnya, mungkin hanya mengenal sebutan soto Banjar.

Padahal, kalau dicermati secara seksama, sebenarnya ada beragam produk soto Banjar yang kelihatannya serupa, tapi tak sama.

Sebagai contoh, di Banjarmasin, ibukota Kalsel, terdapat beberapa produk soto Banjar yang terkenal dan punya "merk" sendiri-sendiri, di antaranya Soto Yani-Yani, Soto Abang Amat, Soto Bawah Jembatan, Soto Kuin/Kuintana dan Soto Kampung Melayu.

Selain itu, yang tergolong lama ada atau sejak tahun 1960-an sudah eksis, yaitu Soto Pal Satu di Jalan A. Yani dan Soto Pekapuran yang dulunya terkenal dengan ayam "bapukah" (potongan besar/tanpa diricih).

Memang bahan dasar produk Soto Banjar itu sama, baik yang diolah urang Banjar di perantuan maupun mereka yang tinggal di Kalsel, yaitu terdiri atas nasi atau ketupat, ayam serta secukupnya rempah-rempah seperti buah pala, lada dan lainnya.

Demikian pula halnya soto Banjar yang diolah orang yang tinggal di Banjarmasin, bahan dasarnya sama dengan mereka yang mengolah di daerah Hulusungai atau "Banua Anam" Kalsel.

Begitu pula, misalnya soto Banjar yang ada di Barabai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel, mungkin beda rasa dengan soto Banjar yang di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dari masing-masing produk itu ada pula kekhasannya, baik dalam segi muatan rempah atau bahan lainnya maupun dalam penyajian, guna menarik perhatian serta selera konsumen.

Namun, sebagai salah satu ciri khas soto Banjar yang asli, menggunakan ayam kampung, serta tanpa penyedap seperti vetsin.

Tapi terkadang ada pula yang menggunakan ayam ras atau jenis daging lain, karena harga ayam kampung jauh lebih mahal. Apalagi saat menjelang lebaran, harga ayam kampung bisa dua kali harga ayam ras.

kalo mau ada yg mau cba bikin soto banjar ane kasih resepnya dah biar yahut emoticon-2 Jempol


Resep Masakan Soto Banjar :

Bahan-bahan:

* 1 ekor ayam potong 4 bagian
* 1500 cc air
* 250 cc susu cair
* 5 cm keju manis
* 2 butir cengkeh
* 1 sendok the garam
* 1 sendok the lada bubuk

Bahan yang dihaluskan:

* 6 butir bawang merah
* 2 siung bawang merah

Pelengkap:

* Perkedel kentang
* 25 gram soun, rendam air panas, sampai lunak, tiriskan
* 3 butir telur rebus, potong-potong
* Bawang goreng secukupnya
* 2 batang daun seladri, iris halus
* Air jeruk nipis secukupnya

Cara Membuat Soto Banjar:

1. Rebus ayam dengan 1500 air sampai empuk, suir-suir
2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kayu manis, garam, lada, cengkeh, susu cair. Tambahkan sisa air rebusan ayam, aduk rata. Masak hingga mendidih dan matang, angkat
3. Tata dimangkuk, soun, daging ayam, perkedel, telur, air jeruk nipis. Tuang kuah panas-panas. Beri bawang dan daun seledri.

ini gan ane tambahin pictnya biar tambah ngiler





smoga bsa bermanfaat emoticon-Embarrassment TS tdk mnghrapkan apa2 hnya emoticon-Toast
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6.4K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.