Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

advaninaAvatar border
TS
advanina
[iDiscuss] Upgrade RAM Bisa Mempercepat Mac?
Banyak sekali pertanyaan mengenai
"Apakah benar Upgrade RAM bisa mempercepat kinerja Mac?"



Dari pengalaman saya dan didukung pula oleh beberapa web yang mnengulas masalah ini, dengan menambah kapasitas memory RAM pada Mac (dan berlaku juga buat PC atau laptop selain Mac) penambahan kapasitas RAM MEMANG mempercepat kinerja.

Mengapa demikian?

Sistem Operasi yang digunakan pada setiap PC atau laptop memerlukan penyimpanan data sementara untuk menjalankan aplikasi dan software mereka. Nah penyimpanan sementara ini dilakukan di dalam memory RAM (Random Accses Memory).

Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, semakin banyak pula data sementara yang dapat disimpan di dalam module RAM tersebut. Dengan lebih banyak yang dapat ditampung dalam module, maka otomatis aplikasi yang dijalankan juga dapat semakin banyak (multi tasking)

Di laen sisi, RAM juga berfungsi menyimpan data sementara yang digunakan dalam software. Contohnya: Adobe Photoshop. (PS)
Dalam penggunaan PS, kita sering menggunakan multi layering dan beberapa action serta adjustment. Nah, data2 tersebut disimpan terlebih dahulu ke dalam RAM sebelum nanti pada akhirnya kita simpan menjadi sebuah file. Makanya kita bisa melakukan undo terhadapt action yang telah kita lakukan. itu karena memang action kita sebelum disimpan menjadi sebuah file, akan disimpan sementara dulu di dalam RAM.


Dengan begitu, penggunaan kapasitas RAM yang besar dapat membantu penyimpanan data smentara yang otomatis akan mempermudah dan mempercepat kinerja PC.


Dalam beberapa web yang membahas RAM, penambahan kapasitas RAM adalah cara paling cepat dan mudah untuk mempercepat kinerja PC, berlaku juga untuk Mac.

Jadi, penambahan kapasitas RAM MEMANG DAPAT MEMPERCEPAT KINERJA MAC


Nah, sekarang pertanyaan selanjutnya adalah:

"RAM yang bagaimana yang bisa mempercepat kinerja Mac?"



Penggunaan RAM pada Mac sangat terbatas, dikarenakan chipset yang digunakan Mac memang berbeda dibanding dengan RAM yang biasa dipakai oleh produsen PC yang lainnya.

RAM yang digunakan Mac, harus bersertifikasi dai Apple yang menandakan bahwa RAM tersebut kompatibel (APPLE READY atau APPLE COMPATIBLE)

Pada beberapa kasus yg ditemui, ada beberapa pengguna Mac yang mengganti RAMnya dengan produk yang tanpa sertifikasi apple. Dan hebatnya ternyata tidak ada masalah pada Mac mereka.

Mengapa bisa demikian?

Penggunaan RAM yang tidak bersertifikasi sebenernya sah2 aja, asalkan memang chipset yang dipakai sama. contoh kasus pada penggunaan RAM Vgen. Banyak Mac user yang mengganti RAM dengan Cgen, dan tidak terjadi masalah pada Macnya. Hal ini dikarenakan RAM Vgen yang mereka gunakan menggunakan chipset dari Samsung dan Hynix dimana vendor tersebut adalah pemasok RAM untuk produk apple. Jadi bukan masalah besar bagi Samsung dan Hynix untuk menjadi kompatibel dengan Mac

Nah penggunaan RAM yang tidak sesuai dengan Mac akan menyebabkan kerusakan pada logic board. Secara kasat mata, apabila anda menggunakan RAM tersebut, tidak akan ada kerusakan yang berarti. Pada beberapa kasus hanya terjadi lag, hang, over heating processor dan blank screen. Itu tanda2 kalo RAM yg anda gunakan tidak kompatibel dengan MAc. Apabila diabaikan, akan terjadi kerusakan pada Logic Board yang berakibat mati total pada Mac anda.


Jadi, apakah penggantian RAM MAC harus sesuai dan kompatibel dengan apple? awabannya terserah anda.....


Setelah beberapa kali pemasangan RAM dari 2GB sampai dengan 16GB di Mac, dan juga dari hasil berbagi sesama pengguna Mac di forum ini, dapat saya simpulkan bahwa:

Penambahan RAM pada Mac anda, TIDAK akan berpengaruh pada kecepatan Mac anda. Penambahan RAM hanya menambah ruang pada penyimpanan Memory sementara. yang berdampak Mac anda akan lebih leluasa menjalankan beberapa prgram aplikasi pada saat yang bersamaan. Yang tentu saja penggunaan RAM lebih besar akan berdampak lebih cepat pada Mac anda, asalkan penggunaan nya sesuai...



Contoh:

Pengguna RAM 4GB
Menjalankan aplikasi A, B, C, D dengan total penggunaan RAM: 4GB
dibandingkan
Pengguna RAM 8GB
Menjalankan aplikasi A, B, C, D dengan total penggunaan RAM: 4GB

Tentu pengguna RAM 8GB akan mendapatkan proses yg lebih cepat daripada yg 4GB


tetapi.....



Pengguna RAM 4GB
Menjalankan aplikasi A, B, C, D dengan total penggunaan RAM: 1GB
dibandingkan
Pengguna RAM 8GB
Menjalankan aplikasi A, B, C, D dengan total penggunaan RAM: 1GB

Hasilnya sama aja gan.... sama2 cepet emoticon-Big Grin


emoticon-Malu
0
56.6K
455
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mac OSX Info & Discussion
Mac OSX Info & DiscussionKASKUS Official
565Thread459Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.