Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rMt001Avatar border
TS
rMt001
Ubur - ubur paling berbisa (hati2 yg suka maen di laut!!!)
mohon di emoticon-Rate 5 Star dulu ya gan... emoticon-Smilie

Ubur-ubur Kotak (Box Jellyfish) adalah binatang paling beracun di dunia. Sekali tersengat nyawa taruhannya dan jarang sekali yang bisa selamat dari sengatan ubur-ubur kotak.
Spoiler for ubur2 kotak:

Seorang remaja usia 10 tahun asal Queensland Australia, Rachael Shardlow menjadi orang pertama yang masih bisa hidup setelah tersengat ubur-ubur kotak.Rachael disengat makhluk itu saat berenang di Calliope, dekat Gladstone, di Queensland pada bulan Desember 2009.

Ayah Rachael melaporkan bahwa selain mengalami luka parut yang berat, Rachael juga kehilangan beberapa memori jangka pendeknya.

Asal tahu saja, ubur-ubur kotak hanya memerlukan beberapa menit untuk membuat korbannya tewas karena melumpuhkan sistem pernapasan, otak dan jantung. Ketika tersengat ubur-ubur kotak, korban akan merasakan rasa nyeri dan menyengat yang luar biasa, sulit bernapas, kulit merah dan terasa terbakar hingga mengakibatkan gagal jantung.

Ubur-ubur kotak atau secara ilmiah disebut Chironex fleckeri banyak ditemukan di perairan dangkal di pinggir pantai di Utara Australia dan Indo-Pasifik (termasuk Indonesia...!!!).

Ubur-ubur kotak biasanya makan udang, dan ketika berada di pantai sering menarik perhatian manusia. Hewan ini memiliki strategi pasif untuk berburu, mereka hanya menunggu mangsa melewati tentakelnya.

Tentakelnya dipersenjatai dengan 5.000 nematocysts (sel penyengat) yang berfungsi sebagai racun yang mematikan. Banyak kasus kematian meski si korban hanya kontak dengan jarak 3-4 meter saja.

Menurut Jamie Seymour, profesor zoologi dan ekologi di James Cook University, biasanya orang yang telah disengat ubur-ubur kotak dengan banyak kontak tentakel di tubuhnya lebih banyak ditemui di kamar mayat.

Seperti dilansir dari ThinkQuest, racun dari ubur-ubur kotak memiliki cardiotoxic, neurotoksik dan komponen dermatonecrotic yang tinggi. Ketika disuntikkan, maka dengan cepat diserap dalam sistem sirkulasi.

Jika perawatan tidak diberikan, rasa sakit dapat berlangsung selama berminggu-minggu. Tapi biasanya orang yang terkena sengatan ubur-ubur kotak mengalami luka yang signifikan sehingga membuatnya meninggal.

Jika tersengat ubur-ubur, pertolongan pertama dengan memberikan cuka dapur pada tentakel yang melekat di kulit, untuk menonaktifkan nematocysts secepat mungkin. Ketika tentakel sudah tidak aktif, mereka dapat disingkirkan dengan aman.

Bila antivenom (produk biologi yang digunakan dalam pengobatan gigitan atau sengatan berbisa) tidak tersedia, tekanan imobilisasi pada anggota badan setelah inaktivasi nematocysts dapat dilakukan ketika perjalanan pasien dibawa ke rumah sakit.

jgn dikasih emoticon-Blue Guy Bata (L)ya gan... emoticon-Big Grin

tp ga nolak bgt klo dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
6.2K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.