• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Irfan, Peraih Medali Emas Olimpiade Biologi Internasional ditolak PTN

kamprettboys22Avatar border
TS
kamprettboys22
Irfan, Peraih Medali Emas Olimpiade Biologi Internasional ditolak PTN
Ternyata selain cerita Kamil, peraih medali perak Olimpiade geologi yang ditolak UGM, terdapat kisah yang lebih miris dan memprihatinkan tentang nasib peraih medali olimpiade internasional yang ditolak oleh PTN di Indonesia. Adalah Irfan Haris, siswa SMAN 1 Pringsewu Lampung yang tertimpa nasib kurang beruntung itu.

Irfan pernah mengikuti olimpiade biologi tingkat nasional dan internasional. Ia pernah memperoleh medali perak dan emas OSN Biologi, serta medali perak internasional biology olympiad (IBO) tahun 2009 di Jepang, saat itu ia duduk dikelas XI. Pada kelas XII, dia meraih medali emas IBO 2010 di Korea Selatan (cek gan :http://www.tobi.or.id). Bahkan dia sempat pula meraih medali perak OSN Kimia tahun 2010.

Irfan bercita-cita ingin menjadi dokter dan berkomitmen untuk kuliah di PTN di Indonesia. oleh karena itu dia mengikuti program SNMPTN jalur undangan tahun 2011 dan memilih salah satu PTN ternama di Kota Y sebagai pilihan pertamanya. Ia juga mengikuti program prestasi di universitas tersebut. Semua itu telah ia lakukan sesuai prosedur pada masing masing jalur. Akan tetapi, ternyata dia tidak diterima melalui jalur prestasi manapun.

Kasus Irfan ini merupakan salah satu ironi pelaksanaan SNMPTN undangan. jika maksud pelaksanaan program tersebut adalah untuk menjaring siswa berprestasi, maka seharusnya tidak ada alasan rasional bagi PTN manapun untuk menolak siswa semacam Irfan.

PTN yang bersangkutan bisa saja menyuruh irfan mengikuti jalur SNMPTN tulis. Lantas, apa gunanya ia bersusah payah meraih prestasi hingga tingkat internasional jika pada akhirnya dia tetap harus mengikuti tes reguler sebagaimana siswa lain seolah olah prestasinya itu tidak bernilai.
Jika kasus tersebut sampai menimbulkan kehebohan di masyarakat, tentu publik akan meragukan akuntabilitas penyelenggaran SNMPTN undangan.

oleh sebab itu hendaknya panitia SNMPTN atau PTN yang bersangkutan bisa mengklarifikasi kenapa siswa semacam Irfan bisa ditolak. Jangan sampai banyak siswa berprestasi lari keluar negeri karena ditolak di negeri sendiri. Inilah ironi negeri ini.

Spoiler for Bukti:



Spoiler for komeng bermutu:


Spoiler for komeng kocak:


Spoiler for you:


akhirnya irfan haris berhasil masuk ke jurusan yang dia inginkan lewat jalur snmptn tertulis gan.. congratulation.. memang dia pantas untuk mendapatkannya..

mohon emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Sundul: ya gan
0
66.2K
3.2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.