Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azmibaharudinAvatar border
TS
azmibaharudin
SPOJ The Lounge -Kumpul Programmer Challenge sini
Wah... Ternyata Saya Baru sadar Bahwa disini Belum ada Thread tentang SPOJ , no Repost gan soalnya Saya search disini tidak ada thread yang membahas hal tersebut emoticon-Smilie

Apa sih itu SPOJ??
suatu web yang memberikan tantangan berupa soal-soal programming biasa juga disebut Online Judge, mungkin terdengar asing di beberapa pasang telinga. Online judge adalah sistem online yang digunakan untuk mengetes suatu program (seperti yang digunakan pada lomba - lomba pemrograman). Biasanya suatu online judge memiliki kontes sendiri yang biasa digunakan sebagai tempat berlatih para problem solvers untuk mengembangkan skill logic dan kreativitas teknik pemrograman mereka sendiri. Kegiatan semacam ini lebih dikenal dengan istilah ngoding (hehe).


Ada bermacam - macam situs online judge seperti UVa Online Judge, Timus Online Judge, dan Sphere Online Judge. Di sini saya akan membahas mengenai Sphere Online Judge atau lebih umum dikenal dengan singkatan SPOJ. SPOJ memiliki lebih dari 7000 problems, relatif lebih banyak dari UVa online judge yang memiliki sekitar 2000 problems. Sehingga problems yang tersedia sangat bervariasi.

Problem pada SPOJ yang dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu classical, challenge, partial, dan tutorial. Problem - problem yang tersedia mencangkup problem dengan tingkat kesulitan relatif mudah sampai tingkat tinggi. Dalam SPOJ juga terdapat sistem peringkat, baik peringkat dunia, negara, maupun tingkat institusi (contoh: peringkat user pada kelompok Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Problems yang tersedia dapat diselesaikan dengan berbagai macam compiler seperti : c, c++, java, pascal, phyton, dll sehingga kita tidak perlu bingung jika mungkin hanya menguasai satu bahasa (misal c++), kita dapat memilih dengan menggunakan apa program akan di compile.

Selain itu, SPOJ juga menyediakan forum bagi para usernya untuk saling berinteraksi dan berbagi problem ataupun teknik solving suatu problem. Jadi, tidak usah bingung jika memiliki sedikit kesulitan dalam menyelesaikan suatu masalah, dalam forum ini kita dapat mendapat tips - tips penyelesaian namun tetap dengan menggunakan logic yang sudah kita punya sehingga kita tidak akan kehilangan sensasi logic yang telah kita dapat sendiri, dengan kata lain tidak sekadar copy - paste program orang lain (hehe).

Saya telah mencoba beberapa problem yang tersedia, dan hasilnya cukup membuat saya sedikit bingung (hehe), namun dengan Online Judge ini saya dapat mengasah logic dan kemampuan programming saya sendiri. Jadi, bagi teman - teman yang gemar ngoding atau ingin berlatih dapat membuka website ini.













Bagi Advanced Programmer disini, Bukan Prograamer kalau belum mencoba dan mendaftarkan diri anda disini dan selesaikan tantangan soal tersebut dan buatlah negara indonesia menjadi no 1 di sana

jika ada kesulitan disana , bisa dishare disini dan tanya-tanya disini tentang soal-soal programming dan mari kita belajar bareng emoticon-Big Grin
Ayo Gan... Segera daftar diri anda disana
0
5.2K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer ForumKASKUS Official
20.2KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.