CrazyWitchAvatar border
TS
CrazyWitch
Mengenal Akar-akar Tumbuhan yang Tidak Biasa
Kebanyakan tumbuhan menumbuhkan akarnya ke dalam tanah untuk memperkuat dirinya dan mengumpulkan kelembapan. Namun, tidak semua akar tumbuhan tumbuh di dalam tanah dan akar tumbuhan seperti ini disesuaikan dengan lingkungannya yang tidak biasa. Tumbuhan udara, atau epifit, menggunakan akarnya untuk melekat pada batang pohon dan menyerap kelembapan langsung dari udara. Benalu dan tumbuhan parasit lainnya menusukkan akarnya pada tumbuhan inang untuk mendapatkan air dan nutrien.
Ada tumbuhan dengan akar di tanah yang juga mempunyai akar di atas tanah. Tumbuhan bakau yang hidup di rawa tergenang air mendapatkan oksigen dari akarnya yang terendam dari akar tambahan yang mencuat di permukaan air.
CEKIDOT GAN !!

Akar Udara
Di hutan tropis yang lebat, banyak tumbuhan kecil yang tumbuh pada batang pohon tanpa merugikannya. Inilah tumbuhan epifit. Angin dan burung menaruh biji epifit pada batang pohon. Di sini biji itu menumbuhkan akar-akar tebal yang menjadi alat melekatnya di pohon. Oleh karena itu, tumbuhan ini berada lebih dekat dengan matahari tanpa memerlukan batang yang panjang. Suatu lapisan sel yang mati pada akarnya menyerap air dari udara tropis. Beberapa anggota suku anggrek, termasuk Neofinetia falcata, merupakan epifit.
Spoiler for neofinetia falcata:

Akar Napas
Akar memerlukan oksigen untuk bertahan hidup. Ini merupakan masalah bagi pohon yang hidup di rawa-rawa dan sepanjang pantai tropis yang tanahnya basah dan hanya mengandung sedikit oksigen. Untuk mendapatkan oksigen yang diperlukannya, pohon seperti cemara kipas mengeluarkan tonjolan akar ke atas tanah. Akar napas ini memiliki jaringan lembut seperti spons yang dengan mudah menyerap air menuju akar di dalam tanah. Cemara kipas gundul merupakan pohon asli di rawa-rawa Amerika Utara. Tumbuhan ini mengeluarkan akar yang mencuat berbonggol seperti lutut di atas tanah untuk mendapatkan oksigen bagi akar-akarnya yang terendam air.
Spoiler for cemara kipas:

Akar Parasit atau Akar Hisap
Tumbuhan parasit tidak dapat membuat makanannya sendiri atau mendapatkan airnya sendiri. Parasit seperti benalu menusukkan akar hisap, atau haustorium, pada batang atau akar tumbuhan lain untuk menyerap makanan dan air.
Spoiler for benalu:

Akar Air
Tumbuhan yang mengapung di atas air mempunyai akar panjang ramping yang menggantung di air. Ruang antara sel-sel akar ini besar sehingga memudahkan sel-sel ini menyerap oksigen dari air. Ki ambang adalah tumbuhan kecil terapung yang akarnya menggantung di dalam air.
Spoiler for ki ambang:

Akar Tunjang dan Akar Banir
Tumbuhan yang tumbuh pada tanah lunak atau basah, seperti ara, menggunakan akar banir agar tetap dapat berdiri tegak. Akarnya tumbuh dari buku-buku pada batang. Tumbuhan jagung menggunakan akar tunjang.
Spoiler for ara:

Spoiler for jagung:

Akar Panjat
Beberapa tumbuhan memiliki batang yang lemah, maka digunakan akar lengket untuk memanjat. Akar ini menghindari matahari dengan tumbuh ke dalam celah bangunan. Sangga pemanjat melekat pada rambatannya dengan akar panjat.
Spoiler for sangga pemanjat:


sekian gan trit dari ane .. semoga bermanfaat yaa ..
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
para iso yang berkenan ane ga nolak dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
buat yg blum iso cukup rate sama komen aja .. emoticon-Big Grin
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
0
11.9K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.