blistenAvatar border
TS
blisten
Yrv Kaskus Community






Daihatsu YRV, paduan pas sport dan MPV

(23/02/2001) - Setelah era Charade berlalu, Daihatsu memunculkan jagoan baru, YRV yang membawa warna baru di kelas small car, kombinasi nuansa sport dan keserbagunaan MPV. YRV ditujukan bagi mereka yang berjiwa muda, aktif dan dinamis yang membutuhkan mobil kompak, fungsional dan gesit.

Konsep ini tercermin dari namanya, Young Recreational Vehicle. Atau sering pula di sebut kombinasi dari Youthful style (bergaya muda), Robust body (body kokoh dan aman) dan Vivid performance (mesin kuat dan lincah).

Diluncurkan pertama kali di Jepang pada Oktober 2000, dan diperkenalkan di Indonesia Februari 2001 lalu oleh PT Astra Daihatsu Motor dalam bentuk CBU dengan dua trim, DLX (Transmisi automatic 4-speed) dan STD (Transmisi Manual 5-speed).

Daihatsu, produsen minivehicle terbesar ke dua di Jepang ini mengusung model disain baru yang disebutnya double wedge. Yaitu lekukan ganda pada body samping dan menghasilkan lingkup pandang lebih luas bagi pengemudi dan penumpang di belakangnya.

Lekukan ganda itu seakan-akan memisahkan bagian depan dan belakang YRV sekaligus dua karakternya. Bagian depan lebih kental dengan nuansa sport sedangkan yang belakang pekat nuansa MPV.

Dibalik kap mesin, tersimpan mesin 1.3 liter, empat slinder yang responsif pada semua tingkat kecepatan, selalu bertenaga bahkan pada putaran mesin rendah tapi hemat bahan bakar. Hasilnya tarikan yahud, pencapaian top speed enteng. Maklum, tenaga puncak mencapai 87 PS/6000 rpm dan torsi 12.24 kg-m/3200 rpm.

Hal itu merupakan hasil kerja kombinasi dari DVVT, DOHC dan sistem pasokan bahan bakar yang diatur secara elektronis. DVVT (Dynamic Variable Valve Timing) merupakan teknologi unggulan Daihatsu. Teknologi ini mengatur besar kecilnya bukaan katup hisap dan buang pada silinder, sesuai dengan putaran mesin atau injakan pedal gas. Kerja DVVT juga dikontrol secara elektronis.

Interior bagian depan juga berkesan sporty. Dashboard lengkung, dan kemudi yang dilengkapi tombol kontrol, khas mobil sport. Tombol kontrol atau Steer Shift ini hanya ada pada trim DLX. Transmisi automatic YRV memungkinkan penggantian gigi dikendalikan pengemudi, mirip manual, tapi dilakukan secara elektronik dengan menekan tombol kontrol pada batang kemudi.

Sementara ciri MPV diwakili kursi belakang yang dapat ditarik maju mundur, ataupun dilipat dalam berbagai formasi sesuai kebutuhan. Selain itu, kursi belakang lebih tinggi 75 mm agar penumpang belakang lebih leluasa menikmati panorama sekitar. Daihatsu menyebut pengaturan kursi semacam ini sebagai �stadium seating�.

Meskipun dimensinya kompak, 3765mm x 1620mm x 1550 mm dan jarak sumbu roda 2355 mm, YRV mempunyai ruang interior yang lapang untuk lima orang dengan lima pintu, empat samping dan satu di belakang yang dibuka ke atas.

Sistem keamanan YRV meliputi dual airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, seat belt, dan struktur body yang dilengkapi dengan penyerap benturan. Di samping itu, pilar-pilar pintu dan bagian sisi atap diperkuat dengan batang penahan.

Sistem suspensinya menggunakan sistem Mac Pherson Struts dengan per keong, sedangkan suspensi belakang, menggunakan Semi Independent torsion axle beam dengan per keong. Bobot DLX 905 kg dan STD 885 kg.

YRV ditawarkan dengan harga Rp 169 juta on the road untuk DLX dan Rp 154 juta untuk STD. Peminat bisa inden dulu sekitar 2 bulan dan menyerahkan DP 15 juta. Untuk sementara warna yang tersedia hanya silver.

Di Hongkong, Daihatsu, yang sebagian sahamnya dikuasai Toyota ini, mengeluarkan varian turbo yang mampu menghasilkan daya setara dengan 140 daya kuda pada putaran 6400. Sistem transmisinya automatic 4 speed. Harganya sekitar 20% lebih mahal dari yang biasa.


Sejarah singkat berdirinya YRV Kaskus Community (YKC).
Bermula dari sering bertemunya Yrv di jalan raya yang kemudian dibuat lah oleh penghuni KasKus terutama yang juga memiliki mobil Daihatsu Yrv varian apa saja.
yang kemudian ditandai dengan jumlah pengunjung thread tersebut yang semakin berkembang pesat dan tersebar dari hampir seluruh kota di Indonesia, lalu disepakatilah untuk membentuk suatu komunitas pengguna mobil Daihatsu Yrv type apa saja dengan Nama

YRVKasKus Community
******************


Syarat & Ketentuan Umum untuk masuk menjadi pasukan YKC

1. Harus punya Daihatsu Yrv, type & varian & tahun apa saja.
2. Harus punya ID kaskus (ya jelass lahhh )
3. Pejeng foto Yrv disini (nanti akan lgsg dipejeng di halaman 1)
4. Harus gokilllll & bocorrrrrr
5. Harus tabah kalo dicengin...
6. Di YKC, semua member diperlakukan sama rata & sama tinggi. Tidak ada Ketua, tidak ada wakil, or whatever...


nb: Stiker register YKC hanya akan diberikan apabila sudah pernah datang kopdar YKC minimal 1x.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


oia Kopdar kita sebulan 1x dan pada minggu di lakukan pada minggu ke 2
Rekan2 sekalian mohon untuk hadir pada kopdar ke 2 pada hari Saptu / 14-5-2011 di artha gading jam 4.00. sore, mohon di minta waktunya untuk jadwal rutin kita, trima kasih,
grg.
grg. memberi reputasi
1
44.1K
244
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.