Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [TIPS] Bagi yang mau buka warnet ataupun yang sudah Buka warnet Baca Gan

mawarkuningAvatar border
TS
mawarkuning
[TIPS] Bagi yang mau buka warnet ataupun yang sudah Buka warnet Baca Gan
Warnet adalah sebuah usaha yang di anggap paling simple pada saat sekarang ini, cukup dengan modal, PC dan sewa tempat. tapi asumsi itu sangat salah sekali karena yang paling diperlukan adalah perawatan dan ini membutuhkan skill (tidak hanya modal menggaji teknisi)

Saat ini saya ingin share beberapa penyebab warnet-warnet tumbang pada saat sekarang ini.

1. Biaya
Dalam hal biaya warnet gulung tikar karena owner / pemilik warnet tidak mengetahui sama sekali mengenai seluk beluk dunia komputer, baik itu perawatan, kwalitas komputer dan lain sebagainya. Kebanyakan owner yang buka warnet sekarang hanyalah tau dari segi penggunaan komputer. coba bayangkan jika biaya instalasi warnet per 1 PC Rp. 50 ribu (paket murah meriah dengan OS bajakan) kalau 10 PC biaya maintanance Rp. 500.000 ( lumayan tuh gan).

2. Tidak Mau bertanya (atau salah tempat bertanya)

Maaf bukan menjelek2kan. tapi hal ini sangat vital, ada beberapa owner warnet sebelum membuka warnet tidak mau bertanya kepada teman/ sahabat/ tempat tempat yang layak untuk bertanya bagaimana dan apa2 saja komputer yang bisa digunakan untuk membuka warnet. Kalau sekedar untuk online semua Pc bisa tapi kalau untuk Game dibutuhkan komputer2 dengan ketentuan minimum nya.

Salah bertanya karena bertanya hanya pada 1 tempat yang terkadang tempat bertanya tersebut adalah orang-orang yang cuma mencari keuntungan belaka. dan hal ini sering terjadi yang akhirnya pada saat upgrade komputer ujung2nya sama dengan beli baru. (kasiaaannn... emoticon-Frown )

3. Salah Asumsi.

Kebanyakan asumsi dalam dagang adalah banyak barang akan mendapatkan banyak keuntungan. tapi dalam hal warnet itu adalah hal yang salah dikarenakan dalam sebuah warnet yang dibutuhkan pelanggan adalah kepuasan... ingat Kepuasan bukan banyaknya peralatan yang dimiliki..

Kebanyakan pemikiran dengan banyak Komputer client maka hasil yang di dapat akan banyak juga. tapi itu tidak mutlak karena untuk apa banyak komputer jika speknya minim semua dan ujung2nya waktu user main komputer sering Hank, lambat dan akhirnya pelangganpun malas untuk masuk lagi.

dari pengalaman dari pada memaksakan 10 Unit PC dengan spek standar lebih baik mengorbankan 2 PC menjadi 8 PC tapi spek tinggi yang nantinya insyaallah akan menarik pelanggan dan secara bertahap kita bisa melakukan penambahan unit.

4. Manajemen Yang salah

Manajemen yg salah dalam hal ini adalah seperti yang sekarang marak2nya. BANTING HARGA... Untuk mendapatkan pelanggan mereka bantingharga,.... dan akhirnya untuk biaya operasionalpun tak dapat.. ujung2nya tutup alias gulung tikar.

5. Perawatan

Hal yang paling vital adalah perawatan, pembersihan isi komputer sangat penting, karena debu adalah hal yang sangat bisa membuat komputer menjadi lambat, dan berujung user pada kabur gan males main... selain perawatan hardware juga perawatan terhadap software, seperti mengupdate program-program serta antivirus, dalam hal antivirus owner warnet banyak berasumsi komputernya bersih virus karena di deepfreeze tapi jangan salah, sewaktu melakukan update atau mematikan deepfreeze bisa jadi 1 virus menyusup ke sistem dan walau cuma 1 tapi yang namanya virus tetap akan berkembang biak...

Sementara segitu dulu semoga bermanfaat buat agan2 semua yang mau ataupun sudah menjalani usaha warnet.semoga bermanfaat.. emoticon-Smilieemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
0
3.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.