[HOT] ALL ABOUT DRIFTING! (Indonesia Inside!) (full pict+vid)
TS
ucupdisini
[HOT] ALL ABOUT DRIFTING! (Indonesia Inside!) (full pict+vid)
Pakabar semuanya gan. Ane rasa pasti banyak yg udah pernah ngepost soal drift, cuma ane berharap ini gak karena ane berusaha ngasih info sekomplit-komplitnya!
Agan-agan pasti banyak yang udah tau tentang DRIFTING kan? Ya, cabang motorsport yang berkutat dengan seni "ngepot" (bener gak sih bahasanya? ) dengan mobil ini udah mendunia banget. Banyak film dan game nongolin drift. Ane akan ngebahas selengkap mungkin dari beberapa sumber dan pengalaman ane nonton di lapangan (ane kagak bisa ngedrift, cuma nonton aja walopun kepengen nyoba seh)
Spoiler for HISTORY OF DRIFT:
JEPANG
Penemuan drift sendiri gak disengaja. Teknik ini mulai dikenal di event All-Japan Touring Car Championship. KUNIMITSU TAKAHASHI, ex-rider yang banting setir jadi racer yang pertama pakai teknik ini di taun 70an. Dia sengaja menghantam 'apex' (yang kalo di sirkuit, di tikungan ada semacam gundukan di pinggir trek yg warnanya belang) dengan kecepatan tinggi, lalu "ngepot" di tikungan. Gak cuma pembalap resmi, pembalap jalanan juga banyak yang bisa.
K. Takahashi, sang pengguna awal teknik drifting
Nah, KEIICHI TSUCHIYA(yang dikenal sekarang sebagai DORIKIN/DRIFT-KING dan "founding father"-nya drifting motorsport) tertarik dengan teknik itu, dan ngembangin drifting dengan lebih serius. Dia banyak latihan di trek pegunungan (istilah jepangnya "Touge"), dan dengan cepat jadi terkenal. Taun 1987, beberapa majalah otomotif Jepun tertarik bikin videonya, dan terlaksanalah, aksi Tsuchiya banyak direkam dan tersebar. Di taun 1988, DAIJIRO INADA (owner OPTION magazine) tertarik dan membantu Tsuchiya menciptakan D1 Grand Prix, kejuaraan drift pertama di dunia.
Keiichi Tsuchiya, the Dorikin
Toyota AE86 Sprinter Trueno 'Hachi-Roku', andalan Tsuchiya
Adopsi ke BARAT
Event Drift pertama di luar Jepang adalah di Willow Spring, California, tahun 1996. Digagas OPTION magazine. Inada , Kenji Okazaki, dan Tsuchiya juga nglakuin demo drift dengan Nissan 180SX. Semenjak itu drift mulai mendunia kemana-mana.
SEKARANG? Event drift udah ada banyak. D1GP (Jepang), FormulaD world series , dll.
D1GP
Formula D world series
Formula D Asia
Drifting banyak dijadiin tema game, anime maupun film:
Initial D arcade
NFS racing game series
Race Driver GRID
Initial D (anime)
Initial D (live action)
F&F: Tokyo Drift
Spoiler for SISTEM KOMPETISI:
Kompetisi drift bukan masalah siapa yang tercepat dan terdepan. Faktor penilaian drift ada 4 dasar: - line (makin sesuai racing line, poin makin tinggi)
- angle (makin tajam sudut saat drift, poin makin tinggi)
- speed (makin cepat saat drift, poin makin tinggi)
- show factor (makin keren tampilan mobil, entah dari penampilan ato modifikasinya, ada poin plus, biasanya penilaian di sini agak subjektif)
Format yang umum dipake adalah seperti ini:
Ada dua sesi, qualifying dan final
Di qualifying, sistem nya disebut "TANSOU"/speed-run: satu mobil sendirian melakukan speed run di track, berusaha untuk mendapatkan individual pass dari juri untuk masuk Final.
Di Final (jumlah finalis bervariasi tergantung kebijakan lomba), sistemnya disebut "TSUISO"/chase-attack: dua mobil start bersamaan. Dalam satu stage, terdiri dari 2 kompetitor dan beberapa babak. Start dilakukan gantian (misal babak 1, drifter A start di depan drifter B, di babak 2 gantian drifter B start di depan drifter A, dan seterusnya sampe ketemu pemenangnya). Nantinya, misalnya dari Top 16, jadi top 8, top 4, final, dan ketemu juaranya.
Dan sekali lagi, ini bukan masalah yang tercepat. Penilaiannya:
- bisa nyalip mobil di depannya sambil nge-drift, dipastikan unggul poin
- nyalip tanpa drift, langsung kehilangan poin di babak tersebut
- melintir (drift kebablasan), langsung kehilangan poin di babak tersebut
- bisa meninggalkan jauh mobil yg ada di belakangnya, tambah poin
- bisa menguntit dekat mobil di depannya, tambah poin
Kadang antar juri bisa ada debat, kadang penonton juga bisa gak setuju dengan penilaian juri. Karena uniknya motorsport ini adalah, bisa diliat sebagai sebuah show
Tambahan dari agan coen
Quote:
Original Posted By coen►Gan TS..
Dalam drifting ada 2 perbedaan..
Saat Tandem, ada yg Door to Door drift.. Dan ada Hood to Door drift..
Peratusan FD dengan D1GP agak berbeda dikit... .
Nah drift di indonesia lagy cari format yg pas nih...
Spoiler for MOBIL!:
Syarat utama sebuah mobil drift adalah: ENTENG + POWERFUL. Mobil yang disarankan adalah coupe/sedan berbobot ringan-moderat, dan punya engine output gede (bisa diakali dengan modifikasi). Lebih preferred yang RWD (rear-wheel drive ato gerak roda belakang). Mobil kemudian dimodif supaya mendukung semua sektor: suspensi, rollbar, upgrade/ganti mesin, aplikasi turbocharger, ban, pengurangan bobot mobil, dsb.
Salah satu yang penting adalah pemasangan LSD (Limited Slip Differential), yang membantu sinkronisasi agar kedua ban belakang berputar dengan ritme yang sama saat drift
Tak lupa juga mempercantik tampilan: body kits, rims, wing, cutting stickers, dan lain2. Tak lain supaya mobil lebih keren, plus dapat poin lebihsaat race (diitung lo gan!)
Toyota: Supra, AE86, KE70, Mark II, Soarer, Chaser, Altezza
Mazda: RX7, RX8, Miata MX5
Infiniti: G35 Coupe
Ford: Mustang
Dodge: Viper SRT-10
Pontiac: Solstice
Mitsubishi: Evolution (harus convert dari AWD ke RWD)
Subaru: Impreza (harus convert dari AWD ke RWD)
Mayoritas memang mobil keluaran Jepang dan beberapa Amrik, tapi yang perlu dicatat di sini adalah, drifter juga bisa memakai mobil yang jadi "local favorite" di negaranya. Contoh:
Australia: Holden Commodore
UK: Vauxhall/Opel Omega
Europe: BMW M3, Ford Sierra, Volvo, Mercedes, Porsche
UPDATE!
Spoiler for update:
APAKAH MOBIL FWD (FRONT-WHEEL DRIVE) BISA DIPAKE DRIFT?DI POST 34 (sekaligus menanggapi pertanyaan agan shujichinot)
lanjut POST 2 gan...
0
15.8K
Kutip
119
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.1KThread•83.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru