usmar.ismailAvatar border
TS
usmar.ismail
Pengaruh bulan purnama terhadap kehidupan bumi


Kini, beberapa ahli medis percaya bahwa kesehatan fisik atau mental seseorang dapat dipengaruhi oleh sesuatu yang hampir 250.000 mil jauhnya. Namun studi yang terus muncul mengkonfirmasi bahwa hal ini memiliki pengaruh misterius dan sering benar-benar tak dapat dijelaskan pada tubuh.

Dalam beberapa kalangan, fenomena ini disebut "efek Transylvania".
berikut ini efek-efek yg dipengaruhi oleh bulan purnama , monggo disimak emoticon-coffee

Kejahatan Meningkat
Psikolog DR. Arnold Lieber dan kawan-kawan dari Universitas Miami melakukan penelitian atas pengaruh bulan purnama terhadap manusia. Mereka mengumpulkan data pembunuhan yang terjadi di Dade County Miami selama 15 tahun dan memperoleh angka 1.887 pembunuhan terjadi pada masa purnama. Ketika bulan bergerak naik menuju purnama jumlah pembunuhan meningkat dan menurun bersamaan bulan bergerak turun.
Spoiler for sumber:


Stroke "Palsu"

Pada tahun 2008 para peneliti Inggris menemukan hubungan antara siklus bulan dengan apa yang dokter sebut sebagai "gejala stroke tak terjelaskan secara medis". Di sini di mana pasien menderita keluhan seperti sakit kepala, mati rasa dan masalah koordinasi, tetapi ternyata tidak ada yang salah secara fisik.
Spoiler for sumber:

Kelahiran Bayi

Para ahli di Universitas Urbino di Italia memeriksa lebih dari 1.200 kelahiran selama tiga tahun dan menemukan jumlah bayi lebih tinggi yang lahir dalam dua hari setelah bulan purnama, terutama pada wanita yang sudah memiliki dua anak atau lebih.

Spoiler for sumber:



Serangan Kejang (EPILEPSY)
Sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan dalam jurnal Epilepsi dan Perilaku menyoroti sebuah hubungan yang menggangu antara kematian mendadak pada pasien epilepsi dan bulan purnama.

Spoiler for sumber:


Gigitan hewan
Hewan diperkirakan akan terpengaruh oleh perubahan bulan, sering menunjukkan lebih banyak agresi. Para dokter di Balai pengobatan Bradford Royal mempelajari 1.600 korban gigitan binatang selama dua tahun dan menemukan peningkatan yang signifikan pada hari-hari ketika ada bulan purnama.

Spoiler for sumber:


Serangan Jantung

Siklus lunar/bulan bisa baik bagi kesehatan Anda juga. Sebuah studi besar di Amerika Serikat pada tahun 2003 menunjukkan penurunan 6,5 persen pada serangan jantung selama bulan baru. Ini adalah masa ketika bulan berada dalam arah yang sama dengan matahari dan sehingga tidak dapat dilihat pada malam hari dari Bumi.

Alasannya mungkin bahwa lebih sedikit orang pergi ketika tidak ada cahaya bulan, mengurangi resiko dari kegiatan yang mengancam kehidupan.



Mental & Depresi

Penelitian di Inggris menunjukkan perempuan mungkin lebih rentan terhadap stres sehari-hari dikaitkan dengan pola bulan daripada laki-laki. Sebuah tim di University College London meneliti panggilan ke Helpline stres selama empat tahun dan mencocokkannya dengan fase bulan.

Hasilnya menunjukkan kenaikan panggilan yang tajam dari para perempuan ketika ada bulan baru, tapi hanya sedikit perubahan dalam hal itu pada laki-laki.

Spoiler for sumber:



Masalah tiroid
Kelenjar tiroid, tepat di bawah jakun, menghasilkan hormon untuk mengatur kecepatan bekerja sel-sel tubuh.

Spoiler for sumber:



Kebiasaan Makan

Psikolog di Georgia State University di Atlanta, Amerika Serikat, memantau asupan makanan antara 700 orang dewasa dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pertengahan tahun 90-an.

Mereka menemukan porsi makan meningkat sebesar delapan persen ketika bulan purnama. Namun, rasa keranjingan alkohol lebih cenderung turun, karena para relawan dalam studi minum 26 persen lebih sedikit selama fase bulan.

Masalah Kantung kemih

Pada tahun 2005, dokter di Royal Liverpool Hospital menemukan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit dengan masalah kandung kemih memuncak setelah bulan purnama.

Sebagian besar menderita retensi urin, yang berarti mereka tidak bisa buang air kecil dengan benar. Para peneliti mengaku mereka tidak tahu mengapa siklus bulan mungkin memiliki efek yang kuat seperti itu.


Encok

Kondisi ini biasanya menimpakan kesalahan pada makanan kaya dan terlalu banyak alkohol, menyebabkan terbentuknya asam urat dalam darah dan jaringan.

Namun, tim peneliti dari Slovakia’s Institute of Preventive and Clinical Medicine menganalisa 126 serangan encok dan menemukan lebih banyak episode selama bulan baru dan bulan purnama daripada sisa bulan.


Pendarahan saat operasi
Dalam Journal of the Florida Medical Association, *Dr. Edson J. Andrews menulis bahwa dalam 1.000 operasi amandel, 82% mengalami pendarahan pada operasi yang dilakukan di masa purnama sementara tidak demikian pada saat bulan baru. Itulah sebabnya kemudian sangat sedikit operasi yang dilaksanakan pada masa purnama! Masa purnama adalah masa yang berbahaya untuk operasi bedah, dan penyebaran informasi ini mengakibatkan operasi bedah lebih banyak dijadwalkan pada masa bulan baru.

Gak disangkah yah gan bulan yg fungsinya sekilas hanya untuk menerangi malam ternyata juga bisa mempengaruhi system kehidupan mahkluk2 bumi (termasuk manusia) ... sungguh dahsyat

Quote:

Quote:
0
7.8K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.