Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sutanzAvatar border
TS
sutanz
Informasi Gempa - Tsunami Sumatera Barat
SALAM WASPADA


Bencana Gempa Bumi dan Tsunami memang tidak dapat dipastikan kapan akan terjadi dan dimana lokasinya, namun resiko yang dapat ditimbulkan akibat bencana tersebut dapat dikurangi / diperkecil. Salah satunya dengan informasi / peringatan dini dari pihak terkait yang dapat di akses dengan mudah dan cepat oleh segenap masyarakat.

Ada ramalan atau tidak ada ramalan tentang gempa atau tsunami, kita harus waspada dan tawakal. Tanpa adanya ramalanpun seharusnya pemerintah dan masyarakat telah mulai memahami cara mengantisipasi terjadinya bencana
karena kita tinggal di wilayah pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia dan berdekatan dengan sumber gempa atau sumber-sumber bencana lainnya.

Selagi alam berubah, apapun bisa terjadi. Akan terus resah atau akan siaga, pilihannya ada pada diri kita masing-masing.

Mudah-mudahan sedikit informasi berbagai hal tentang Gempa dan Tsunami, terutama yang terjadi di Sumatera Barat ini dapat bermanfaat..


Tetap Waspada dan senantiasa Tawakal..




Quote:







Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan akan terjadinya bencana khususnya gempa dan ancaman tsunami. Karena tingkat kerentanan terhadap bencana yang tinggi maka diperlukan sebuah kesiapsiagaan dalam berbagai level. Paling awal adalah kesiagaan pada level keluarga.

Terutama anak-anak harus diberi pengetahuan kesiagaan dan tentang bencana itu sendiri

Seorang gadis Inggris berusia 10 tahun, Tilly Smith pernah menyelamatkan hampir seratus jiwa dengan pengetahuannya saat menjelang tsunami Samudera Hindia pada 2004.

Dia telah belajar tentang drawback dalam pelajaran geografi dan memperingatkan keluarganya kemudian berantai kepada orang lain.
Ia berkesempatan pidato di PBB dan memiliki sebuah asteroid yang dinamai 20002 Tillysmith.

Secanggih apapun peringatan dini secara teknologi, takkan bisa diandalkan sepenuhnya untuk peringatan bencana karena kesalahan teknis bisa saja terjadi. Dan sesungguhnya Allah telah menciptakan tanda-tanda alam untuk dipelajari. Sesungguhnya segala kejadian yang dihadirkan Allah di muka bumi adalah semata-mata untuk menyadarkan manusia bahwa terlalu luas ilmu Allah untuk dipelajari.

“Dan seandainya pohon-pohon dibumi menjadi pena dan laut menjadi tinta, ditambahkan kepadanya tujuh laut setelah ia kering, niscaya kalimat Allah tidak akan habis ditulis. Sesungguhnya Allah maha perkasa lagi maha bijaksana.”(Q.S. Lukman (31): 27)

Kemudian, apakah kita tetap tidak mau belajar ? Padahal pelajaran itu sudah disediakan oleh Sang Pencipta tanpa dipungut bayaran..

“Alam Takambang Jadi Guru”..
ryusan01
salam.aldo
katsuragi.ngrho
katsuragi.ngrho dan 16 lainnya memberi reputasi
17
68K
1.2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Minangkabau
MinangkabauKASKUS Official
363Thread395Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.