badaknilAvatar border
TS
badaknil
[hidden paradise] teluk kiluan - dolphin bay!
Penat dengan rutinitas kantor dan pekerjaan yang menumpuk, saya dan teman-teman saya memutuskan untuk berlibur menghabiskan weekend ke luar kota. Dan akhirnya Teluk Kiluan menjadi tujuan kami. Sebuah daerah ekowisata yang tenar dengan habitat ribuan lumba-lumbanya.

Teluk Kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Wisata alam Teluk Kiluan cocok bagi Wisatawan yang gemar berpetualang. Topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Perjalanan menuju Teluk Kiluan sudah merupakan tantangan tersendiri bagi Wisatawan. Jalan darat di Pesisir Barat Sumatera itu belum terlalu mulus sehingga kami sedikit offroad untuk melewatinya. Kami menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari kota Bandar Lampung, ditambah lagi pegal-pegal akibat melalui jalan rusak. Namun rasa lelah di perjalanan terbayar dengan eksotika Teluk Kiluan yang memukau mata emoticon-Smilie



Di Perairan Teluk Kiluan kami dapat melihat kumpulan Lumba-Lumba. Setidaknya ada dua jenis Lumba-Lumba di perairan ini, spesies pertama adalah Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah Lumba-Lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat. Untuk menikmatinya, kita masih harus naik Perahu dua puluh menit ke arah tengah Samudera dari Pulau Kiluan. Teluk Kiluan juga sangat cocok untuk memancing aneka ikan dan kepiting yang tergolong masih banyak. Jadi, kami tak lupa membawa peralatan pancing berikut umpannya.



Selain lumba-lumbanya, kami juga ber-snorkling ria menikmati terumbu karang di sekitar pulau Kiluan menggunakan snorkle sewaan yang disediakan penduduk di Pulau Kiluan.



Teluk Kiluan menyimpan pesona alam yang masih alamiah dan terjaga ekosistemnya. Terbukti dari kesadaran para nelayan di Teluk Kiluan tidak menangkap ikan dengan menggunakan setrum ataupun potas. Teluk Kiluan dikembangkan sebagai tujuan ekowisata yang dikelola oleh penduduk setempat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat disamping mata pencarian mereka sebagai nelayan.







Di perjalanan pulang memasuki wilayah Kecamatan Padangcermin, Pesawaran, suasana segar dan nyaman. Alam pengunungan yang berbukit menghadirkan hembusan angin sejuk serta pemandangan alam nan indah, Panorama alam pedesaan semakin terasa ketika perjalanan memasuki wilayah Kecamatan Punduh Pidada. Wilayah itu berbatasan langsung dengan Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus. Maklum saja dalam perjalanan menuju Teluk Kiluan kami tak bisa melihat keindahan suasana di perjalanan karena kami tiba malam hari :-D

*Teluk Kiluan, Surganya lumba-lumba emoticon-Smilie

Bintang Laut di Kiluan


Ada Balita ikut Dolphin Tour jg emoticon-Big Grin & dijemput lumba-lumba
Spoiler for foto:

Parking Boats & Warning
Spoiler for foto:

Cottage pak Solihin, tempat Nginep ane & Temen2 ane
Spoiler for foto:


Quote:


Quote:


emoticon-I Love Indonesia
Thread yg ane buat dijamin bukan repsol karena ini hasil tulisan ane sendiri dari blog ane sendiri & fotonya jepretan ane sendiri emoticon-Big Grin

minta emoticon-Blue Guy Cendol (L):

Berhubung banyak pertanyaan gimana caranya kesini dan ane bingung ngebalesin satu2 jadi bagi agan2/aganwati yg berminat, temen ane bersedia jadi jasa travel mendadak (tour Guide).
Hub. YOPIE PANGKEY 081362679007
email/FB: yopiefranz@gmail.com
twitter: @yopiefranz


Ane kesini kmrn pake jasa travel tour, kena biaya 550rb/org (berangkat dari Bandar Lampung).
Including : Dolphin Tour + Penginapan + Makan + Mobil + dll
*ane gk mungkin menjabarkan paket travel disini karena rules di subforum Travellers gk boleh promosi emoticon-Big Grin
Kalu mau tau banyak silakan PM ane / Hub. nmr hp tmn ane diatas emoticon-Big Grin

ini ada jg kaskuser yg bantu info perjalanannya :

http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=882

Quote:


Quote:


Quote:


Spoiler for foto&info:

Quote:


Quote:


Quote:


Alhamdulillah Hot Thread emoticon-Smilie
Spoiler for HOT THREAD:
0
66.9K
1.7K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.