Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
3788
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007352801/96589658melihat-proses-penyu-bertelur-yuk-gan-96689668
Save the sea turtles, support Penyu Untuk Indonesia! Penyu telah mendiami bumi kita ini lebih dari 250 juta tahun. Mereka termasuk hewan purba. Penyu adalah hewan yang selalu bermigrasi bahkan mereka terkadang melintasi batas negara sehingga akan melibatkan banyak pihak mulai dari individu, kelompok masyarakat, instansi pemerintah hingga negara akan terlibat di dalamnya. Seluruh jenis penyu tercan
Lapor Hansip
08-03-2011 07:23

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

No repost

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
Quote:
Save the sea turtles, support Penyu Untuk Indonesia!


Quote:
Quote:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄


Penyu telah mendiami bumi kita ini lebih dari 250 juta tahun. Mereka termasuk hewan purba. Penyu adalah hewan yang selalu bermigrasi bahkan mereka terkadang melintasi batas negara sehingga akan melibatkan banyak pihak mulai dari individu, kelompok masyarakat, instansi pemerintah hingga negara akan terlibat di dalamnya. Seluruh jenis penyu tercantum dalam Appendix I CITES sehingga tidak dapat diperdagangkan. Indonesia termasuk penanda tangan konvensi ini dan di dalam negeri sejak 1999 seluruh jenis penyu dilindungi undang-undang.

Walaupun termasuk reptilia laut namun penyu bernafas dengan paru-paru, mereka hidup di laut lepas dan naik ke permukaan air untuk bernafas dan mencari makan, selain itu penyu betina yang sedang mengandung akan mendekati perairan dangkal. Penyu sepanjang hidupnya akan tetap tinggal di laut, dan bagi penyu betina hanya naik ke daratan untuk bertelur.


Quote:

Penyu satu ordo (Testudinata) dengan kura-kura dan bulus (labi-labi). Di dunia, saat ini hanya terdapat 7 jenis (spisies) dari 2 famili penyu, yaitu:
  • Penyu Hijau atau dikenal dengan nama green turtle (Chelonia mydas)
  • Penyu Sisik atau dikenal dengan nama Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata)
  • Penyu Lekang atau dikenal dengan nama Olive ridley turtle (Lepidochelys olivacea)
  • Penyu Belimbing atau dikenal dengan nama Leatherback turtle (Dermochelys olivacea),
  • Penyu Pipih atau dikenal dengan nama Flatback turtle (Natator depressus)
  • Penyu Tempayan atau dikenal dengan nama Loggerhead turtle (Caretta caretta)
  • Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi)

    Dari ketujuh jenis penyu tersebut, hanya penyu Kemp’s Ridley yang tidak ditemukan di perairan Indonesia. Dari semua jenis ini,Penyu belimbing adalah Penyu yang terbesar dengan ukuran panjang badan mencapai 2,75 meter dan bobot 600 - 900 kilogram. Penyu lekang adalah yang terkecil, dengan bobot sekitar 50 kilogram. Namun demikin, jenis yang paling sering ditemukan adalah penyu hijau.

Quote:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

Code:
[COLOR="DarkGreen"]Kingdom :  Animalia
Phylum : Chordata
Class : Sauropsida
Order : Testudines
Suborder : Cryptodira
Superfamily : Chelonioidea (Bauer, 1893)
Family : Dermochelyidae
Spesies : Dermochelys coriacea[/COLOR]

Penyu pada umumnya bertelur di pantai pada petang hari atau dalam keadaan gelap. Proses peneluran penyu berlangsung pada pukul 18:00-06:00 hari berikutnya . Lama proses peneluran berkisar antara 1- 3 jam. Ada kalanya penyu menuju ke pantai tidak untuk bertelur akan tetapi hanya mensurvei tempat sebelum induk penyu meletakkan telurnya, kondisi ini disebut non-nesting emergence (memeti).

Quote:
Siklus Hidup Penyu

Quote:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

Quote:

Penjelasan:
Pada tahapan ke 1 sampai 4, penyu rentan terhadap gangguan. Apabila penyu merasa ada gangguan dan ancaman yang dapat membahayakn telur-telurnya, dia akan segera kembali ke laut. Tahapan 5, penyu akan menggunakan keempat ekstremitasnya menggali pasir untuk menanam tubuhnya.
Tahapan 6, lubang vertikal sedalam sekitar 60 cm dan selebar sejengkal orang dewasa akan digali oleh penyu dengan ekstremitas belakang. Pada tahap ini penyu masih mudah terganggu oleh pergerakan dan sinar.
Tahapan 7, sejumlah 80 hingga 150 butir telur akan dikeluarkan melalui kloaka.
Tahapan 8 dan 9, menunjukkan periode saat sensitifitas penyu relatif rendah; sinar, pergerakan dan sinar terang bisa ditolerir. Pada tahapan ini, akan ditandai penutupan lubang telur yang dilakukan dengan ekstremitas belakang dan lubang tubuh yang dilakukan dengan keempat ekstremitas.
Tahapan 10 dan 11, saat penyu bergerak ke arah laut, sinar akan cenderung membuatnya dis-orientasi. Sepanjang pada waktu dan arah yang sama tidak ada penyu yang naik ke pantai, kita masih bisa mengikuti gerakan penyu hingga batas air dengan berendap-endap.


Quote:
Proses Penyu Bertelur

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

Quote:

Penyu belimbing

Penyu belimbing

Penyu belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu Belimbing
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 38 dari 191
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:28
Quote:Original Posted By sixist
waw,, begitu toch proses bertelurnya penyu,,
saya rate aja deh ya gans,, emoticon-Smilie

mksh ya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By depanaja
kehidupan penyu sudah semakin punah gan , , kita harus melestarikan penyu2 tsb...mari kita jaga penyu2 tersebut.. keren bgt TS inpo2 n pict nya emoticon-2 Jempol ane doain semoga cepet HT n ane bantu rate emoticon-Rate 5 Star


amin dh emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:29
nice inpoh gan.
emoticon-thumbsup
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:29
wahh!! keren banget gan.. infonyaa. semoga bermanfaat untuk kami gan..
makasi gann emoticon-Big Grin
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:29
Quote:Original Posted By zyekcim
imut yah bayi penyunya emoticon-Kiss

iya gan unyu2 emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By Magnum168
trit bermutu, menambah pengetahuan tentang penyu emoticon-thumbsup:
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄


smg bermanfaat gan emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:29
nice sharing buat agan TS emoticon-2 Jempol
ane bantu rate 5 emoticon-Rate 5 Star
threat ini pantes jadi HT emoticon-I Love Kaskus
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:31
walah keren gan emoticon-Belo

bantu rate dolo gan lum iso emoticon-Frown
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:31
Quote:Original Posted By hayckal
detile banget infonya
niceee

smg bermanfaat ya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By kalimaputra
panjang bener gan threadnya, ane jadi pusing bacanya emoticon-Hammer2

tank's gan infonya

baru atau ane ada penyu sampe seberat 600 kg - 900 kg, serem kali ya kalo ketemu di

jalan emoticon-Ngakak


hehehehe emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:32
Quote:Original Posted By jonodn10
Manteb nih tritnya, lengkap bgt informasinya, lmyn buat nambah wawasan thx gan emoticon-2 Jempol

smg bermanfaat ya gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By v1rg1awan
Menarik n detail gan,... emoticon-I Love Indonesia


iya gan hehee
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:34
Quote:Original Posted By NeroNuro
nice trit
gan

semoga jadi HT
cuma bisa bantu►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

amin dh emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By dolosa
bener" fenomena alam yg indah ya waktu melihat bayi" penyu menetas dari tulur dan berjalan sendiri ke pantai emoticon-Belo


iya gan... emoticon-thumbsup
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:35
ane pernah makan telor penyu gan ,, rasa nya enak gitu gan , palagi atas nya di kasi garam emoticon-thumbsup,, ane baru tau ternyata kek gitu prosesnya ,, ternyata berat juga ya ,,,lebih kesian lagi masi bayi ga da orang tuanya mereka menyusur pantai sendirian ketika masih polos2 nya emoticon-Turut Berduka
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:35
Quote:Original Posted By AmatOke
unyu-unyu banget gan emoticon-Genit:

ahhaha emoticon-kisssing
Quote:Original Posted By wahidkusuma
wweeeww mantabb emoticon-Belo


iya gan emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:35
trit ente mantep gan, ane bantuin nihhemoticon-Rate 5 Star
emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:
ane doain jadi HT, jangan ampe salah satu spesies tertua di bumi ini punah
emoticon-thumbsup
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:35
wow...kalo gak dibantu manusia bisa punah tu penyu...
nice info gan, mayan buat pengetahuan...ane rate dulu deh..emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:37
Emang apa iya kalo penyu baru menetas dia akan mengikuti cahaya yang dia kira matahari ya gan....utk menuju ke laut
Kalo dia liat lampu" hotel bisa nyasar dong...
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:37
Quote:Original Posted By combantrine
kita harus lestarikan penyu gan

bnr bgt gan emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By maholoe
Ane belom pernah makan telor penyu....padahal tempat ane banyak yang jual.....emoticon-Hammer2


jgn gan kasian emoticon-Berduka (S)
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:40
Quote:Original Posted By RomMusa
Izin nyumbang rate 5 dulu gan

jangan lupa juga mampir dimari gan...di tunggu balasan rate nya

mksh ya gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By dewalogic
woww..
Penyu belimbing gede juga yak..
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄


iya gan emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:40
waa.. keren gan treadnya..
ane rate deh.. emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:41
Quote:Original Posted By 6650uop
mantab gan emoticon-2 Jempol ane bantu rate dah emoticon-shakehand
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄

mksh ya emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By Chris.Smalling
wiuhh makan proses lama juga ya gan emoticon-Belo
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄


iya gan emoticon-Smilie
0 0
0
►►Melihat Proses Penyu Bertelur Yuk Gan !◄◄
11-03-2011 10:42
Bener2 info yg bagus gan emoticon-thumbsup:

saya juga pengen melihat langsung pengembangbiakan penyu2 ne?? emoticon-Embarrassment
kira2 bisa gak kita adain semacam gath ttg pelestarian alam ini gan?? emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 38 dari 191
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia