Original Posted By Jejeh
Originally Posted by Jejeh View Post
Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.comyang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.
Q : mungkin ada yg pernah mengalami kayak gini ya? corabs-ku beberapa hari yg lalu, saat jalan malam, indikator Accu nyala merah. Agar supaya "selamat" sampai di rumah, ac dimatikan, audio dimatikan, lampu utama dimatikan, ganti dg lampu senja. Untuk sementara, indikator Accu mati lagi. Sampai dirumah, langsung buka tutup mesin, lihat kondisi Accu. Ada sisa2 oksidasi banyak banget. Saya semprot dg WD-40 utk menghilangkan sisa oksidasi tsb. pada esok hari-nya, dibawa ke bengkel "shop & drive". Saat cek kondisi aki, listriknya lemah. Cek pengisian alternator, kondisi-nya normal. Montirnya menyarankan mengganti Accu baru, krn dari kode produksi, accu yg terpasang umurnya sdh 4 tahun lebih, jadi sepertinya memang sdh waktunya ganti. malam ini, dipakai jalan-jalan, indikator accu nyala lagi, beberapa kali. sesampai di rumah, buka kap mesin, terlihat lagi sisa oksidasi yg banyak di kutub positifnya. Mungkin gara2 itulah, pengisian dari alternator terhalang.
Kira-kira penyebabnya apa ya? kenapa sisa oksidasi banyak banget di kutub positif-nya? (Handoko)
A : Oksidasi pada kepala aki bukan disebabkan oleh uap radiator, tetapi disebabkan oleh air aki itu sendiri. Bisa dari waktu ngisi tumpah, bisa waktu menguap. Penyebab penguapan air aki bisa dari overcharging atau sel akinya yg sudah rusak. Penguapan air aki bisa dilihat dari tutup aki. Mana yg basah. Itu yg selnya sudah rusak. Klo semuanya basah biasanya terjadi overcharge. Cara pengecheckan tradisional, hidupkan mesin, buka tutup aki gas sedikit kira" 1500-2000Rpm, lalu lihat mana yg berbuih, nanti terlihat terjadi penguapan air aki. Klo normal hanya mengeluarkan gelembung udara. Penguapan yg berlebih atau bahkan seperti air mendidih itulah sel yg rusak. Klo semua berarti overcharge.
Untuk pengecheckan paling akurat, pakai avo meter, tancapkan pada kedua terminal/kepala aki, lalu hidupkan semua kelistrikan full loaded(lampu, ac,sound system, hazard, bahkan wiper(sebelumnya diangkat dahulu biar tidak membaret kaca)), lalu lihat avo meter, apakah dia masih di angka 12V atau kurang (tanpa digas). Bila kurang coba dicheck Altenatornya. Soalnya pada saat full loaded, tugas altenator hanya menyeimbangkan saja dan menjaga setrum accu sesuai dengan kapasitasnya. Misalkan 12 V 45 Ampere. Altenator hanya menjaga nilai tersebut.
Altenator/dinamo ampere memiliki 2 system pengisian (pake regulator maupun IC) waktu not full loaded altenator mengisi sampai maksimal daya accu. Misalkan Accu 45 ampere maka dia akan megisi sesuai kapasitas Accu (IC System), jd percuma kalo mengganti Accu dengan kapasitas yg lebih besar misalkan 60Amp tetapi tanpa penggantian altenator yg amperenya lebih besar kecuali masih menggunakan regulator/Cut Out/Ketot yg bisa distel secara manual.
Kasus" yg sering terjadi :
* Malam hari Lampu aki nyala : Biasanya ICnya sudah rusak untuk pengisian yg full loaded
* Accu tekor : Bisa dari kapasitor yg rusak, bisa dari ICnya, bisa dari setrum aki yg sudah kurang (bisa dari airnya yg tawar/selnya ada yg rusak sehingga IC membaca inputan salah.(Terjadi pada altenator yg menggunakan IC)]
* Accu sudah lemah:Biasanya terlihat dari fisiknya yg sudah menggelembung. Biasanya ada sel yg rusak atau baru mau rusak)
Untuk mengecheck accu secara tradisional : Bisa mengkorsletkan positif dan negatifnya. Bisa dengan besi, atau kabel jumper.Sel yg rusak biasanya langsung mendidih. (Tidak boleh terlalu lama)(hitungan detik)(expert only). Klo mau mencoba, coba cari aki bekas dulu.
Jadi sebelum mengganti accu, sebaiknya pinjam dulu aki yg masih baik. Lalu lakukan pengukuran. Bila hasilnya berbeda, maka aki yg terpasang bisa langsung dilem biru. Bila sama, maka check altenator/dinamo amperenya (Wiwi)
tambahan dari agan arifsmart
Quote:
Original Posted By arifsmart►nih cara merawat accu
Accu (Aki) merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Seringkali kita dikeluhkan dengan berbagai masalah menyangkut komponen yang satu ini. Untuk terhindar dari masalah yang mungkin ditimbulkan dikemudian hari, kami bagikankan sedikit tips untuk merawat accu.
1. Periksa air accu secara berkala misalnya 1 bulan sekali untuk mobil lama, karena air accu yang kurang dapat menyebabkan umur accu tidak bertahan lama
2. Untuk menambah air accu yang berkurang gunakan air accu biasa, jangan menggunakan air zuur, karena air zuur hanya dipergunakan untuk accu baru yang belum dipakai penggunaan air zuur pada accu yang telah dipakai justru akan merusak accu tersebut
3. Jangan menambahkan air accu pada saat mobil baru dipakai (dalam keadaan panas) penambahan air accu sebaiknya sebelum mobil dipakai (pagi hari)
4. Bila umur accu mobil anda sudah habis, segera ganti accu mobil anda, karena kinerja accu yang buruk membuat beban dynamo stater menjadi buruk, yang pada akhirnya meruka dynamo stater itu sendiri, kerusakan pada dynamo stater jauh lebih mahal daripada mengganti accu mobil
Ehh gan, ane mau tambahin nih Untuk semua Battery selain Battery Nickel Cadmium memang terbuat dari Pb + PbO2, nah klo Battery Nickel Cadmium itu plate" nya terbuat dari Nickel gan. Dan electrolyte nya adalah Pottasium Hydoxide gan. Dan termasuk Limbah Berbahaya B3 gan, makanya Negara Maju tuh dah ga pake Battery Nickel-Cadmium karena ga bisa diolah gan.
Nah Battery Industry itu emang jarang ditemuin gan.
Nah type nya jg banyak gan, ga cuma Ni-Cad, NP. Traction, tetapi ada juga HS, CS, UXL dan UXH gan.
Nah pembagiannya berdasarkan Fungsinya gan :
1. Main Power Battery --> Traction Battery (Forklift Electric, Golf Car);
2. Back Up Power Battery --> NP, UXL, UXH (UPS, Emergency Lights, Mager, Rectifier, dll) --> ini type yg VRLA Maintenace Free gan.
--> Ni-Cad, HS CS (fungsinya hampir sama gan tetapi buat High Rate gan) --> ini type yg Vented/Basah gan.
3. Starting/Cranking Battery --> YTX Battery (Khusus untuk Motor Besar seperti Ducatti, Harley Davidson, dan Jet Ski gan) --> ini Vented jg gan.
Jadi sebenarnya buanyak bgt type nya gan.
Hehehehehehehehehehee...
Tapi tetep gan
Gan, Mau sharing tentang Aki nih, agan tau kan Aki merupakan salah satu yang Vital (Buat kendaraan roda 4 dan kendaraan roda 2) bayangin aja kalo harus disuruh ndorong karena mogok.. bisa mampus apalagi pas puasa gini
Nah ane mau sharing apa aja tentang aki nih gan mudah mudahan bermanfaat buat kita semua ya gan :
Aki atau disebut juga dengan akumulator, merupakan Salah satu pemegang peranan penting di kendaraan, sebut aja ada 3 gan SLI (Starting, Lighting, dan Ignition)
Contoh Aki
Spoiler for Aki Mobil:
Spoiler for Aki Motor:
Ada juga aki Industri gan.. ini fungsinya buat sumber listrik alat alat industri
Spoiler for Aki Industri:
Nickel Cadmium Battery
NP Battery
Traction Battery
Cara Kerja :
Secara umum, cara kerja aki adalah dengan reaksi kimia timbal (Pb) dengan asam sulfat (H2S04) aki memberikan aliran listrik jika dihubungkan dengan rangkaian luar misalnya, lampu, radio dan lain-lain.
Aliran listrik ini terjadi karena reaksi kimia dari asam sulfat dengan kedua material aktif dari plat positif dan plat negatif. Pada saat pelepasan muatan listrik terus menerus, elektrolit akan bertambah encer dan reaksi kimia akan terus berlangsung sampai seluruh bahan aktif pada permukaan plat positif dan negatif berubah menjadi timbal sulfat.
Jika Aki tidak dapat lagi memberi aliran listrik pada voltage tertentu, maka aki tersebut dalam keadaan lemah arus (soak).
Nah kalo aki udah soak, berarti harus diganti gan, ato bisa juga dengan disetrum ulang (dipancing) tapi menurut ane sih lebih baik diganti, karena takutnya sewaktu waktu kita lagi jalan jauh, tiba2 akinya mati.. mampus dah
Kalo agan punya cerita menarik seputar aki boleh di share disini yah.. ane gak mau gan, kalo ane terima
ardycruzz dan 3 lainnya memberi reputasi
4
154K
Kutip
1K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!