- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Tentang Oli mpx 1,adakah yang pernah seperti ini?
...
TS
cleptouz
Tentang Oli mpx 1,adakah yang pernah seperti ini?
agan2 sekalian....
ane pngn share nich...
nah ada kah yg pernah pake OLi tsb???
ane penasaran soalnya...
UPDATE
Beberapa komeng yang pny pengalaman sama kyk TS
Ada juga yang ternyata belum pernah pakai tp rada sotoi.
ga baca isi trit TS semua sich..
Makin banyak gan yang satu nasib ma ane
Kalo yang ini,mekanik yg sering terima keluhan dari pelanggannya ttng oli ahm
ane pngn share nich...
Spoiler for ahm oli:
Bru aja ada seorang sahabat ane yg dtng ke saya dgn keluhan mesin motor Honda Supra x 125 miliknya knp berisik sekali padahal mesin masih standar,servis selalu rutin dan oli diganti secara rutin dan sebelum ketempat saya,tadi siang dia baru saja kebengkel resmi dan kata mekaniknya setang sehernya yang kena.
Mendengar ceritanya,saya heran sekali,knp setang seher bisa kena padahal mesin standar,servis dan ganti oli rutin tapi kenapa bisa kena?
Kemudian saya nyalakan motornya dan memang bener,suara berisik itu dari setang seher tapi tetep saja saya masih heran kenapa bisa kena?Kemudian sahabat ane tadi menunjukan buku manual sebgai bukti bahwa dia memang servis dan ganti oli secara rutin tapi setelah ane lihat lagi oli apa yang dia pakai dan dia pakai oli itu 2000km, ane langsung punya pikiran yang terburuk,knp ane punya pikiran seperti itu,karena eh karena dia memakai oli MPX 1 dan ane punya pengalaman pahit terhadap oli ini karena oli ini cepat sekali menguapnya dan gara-gara oli ini ane jadi bongkar mesin buat bersihin geram-geram besi yang terkikis dan menyumbat jalur oli ane, padahal ane baru pakai oli mpx 1 dengan jarak tempuh 1000km dan untuk membuktikan benar atau tidaknya pikiran ane, ane ambil tang dan ane buka tutup olinya, kemudian ane cek olinya dan hasilnya mencengangkan,
alat penunjuk volume olinya hanya sedikit terkena oli, ane hampir tidak percaya dan ane keringkan alat penunjuknya dengan tisu hingga kering dan ane celupin lagi ke mesin dan alat penunjuknya masih sangat kering padahal seharusnya basah kan??
Dari situ ane tarik kesimpulan sekaligus menjawab pertanyaan yang membuat ane penasaran banget, yaitu oli dalam mesin menguap hingga hanya tersisa hanya 75ml dan itu sebabnya mesin berisik banget karena setang seher tidak terendam oli. Komponen lainnya seperti kampas kopling, seher, bagian head silinder juga tidak terkena oli sehingga menyumbang suara berisiknya juga.
Mendengar ceritanya,saya heran sekali,knp setang seher bisa kena padahal mesin standar,servis dan ganti oli rutin tapi kenapa bisa kena?
Kemudian saya nyalakan motornya dan memang bener,suara berisik itu dari setang seher tapi tetep saja saya masih heran kenapa bisa kena?Kemudian sahabat ane tadi menunjukan buku manual sebgai bukti bahwa dia memang servis dan ganti oli secara rutin tapi setelah ane lihat lagi oli apa yang dia pakai dan dia pakai oli itu 2000km, ane langsung punya pikiran yang terburuk,knp ane punya pikiran seperti itu,karena eh karena dia memakai oli MPX 1 dan ane punya pengalaman pahit terhadap oli ini karena oli ini cepat sekali menguapnya dan gara-gara oli ini ane jadi bongkar mesin buat bersihin geram-geram besi yang terkikis dan menyumbat jalur oli ane, padahal ane baru pakai oli mpx 1 dengan jarak tempuh 1000km dan untuk membuktikan benar atau tidaknya pikiran ane, ane ambil tang dan ane buka tutup olinya, kemudian ane cek olinya dan hasilnya mencengangkan,
alat penunjuk volume olinya hanya sedikit terkena oli, ane hampir tidak percaya dan ane keringkan alat penunjuknya dengan tisu hingga kering dan ane celupin lagi ke mesin dan alat penunjuknya masih sangat kering padahal seharusnya basah kan??
Dari situ ane tarik kesimpulan sekaligus menjawab pertanyaan yang membuat ane penasaran banget, yaitu oli dalam mesin menguap hingga hanya tersisa hanya 75ml dan itu sebabnya mesin berisik banget karena setang seher tidak terendam oli. Komponen lainnya seperti kampas kopling, seher, bagian head silinder juga tidak terkena oli sehingga menyumbang suara berisiknya juga.
nah ada kah yg pernah pake OLi tsb???
ane penasaran soalnya...
UPDATE
Beberapa komeng yang pny pengalaman sama kyk TS
Spoiler for satu nasib:
Quote:
Original Posted By vulvychint►haha, oli yang katanya SANGAT MINIM PENGUAPAN n bisa dipake ampe 4000KM yak?
share juga ah di Revo Absolute gw.
pan dari awal keluar dealer uda dikasi th oli, belom ada 500km suara mesin uda mulai kasar. pas service 500km gw bawa ke AHASS, langsung ganti oli dengan yg baru n gw suru setel klep dkk n setel ulang karbu.
selesainya ni ritual service pertama lgsg gw gas poll. ge test performanya n mentok di 98 kpj. . terus gw bawa dari rumah gw di Kembangan ke Tebet buat merasakan apakah mesin cpeet panas apa kagak, soal.na jalanan disana banyak yg macet n di GatSu bisa buat nyoba top speed. alhasil baru jalan 40km non stop, mesin gw uda panas banget, berasa ampe kaki n footstep. gw uda feeling oli.na kurang bagus, tapi melihat iklan di TV yang bilang MPX-1 bisa ampe 4000KM yaa gw bawa santai aja, maybe cuma perasaan gw.
selang 1500km (ni motor adek gw yg pake tapi gw yang kebagian ngerawat ), gw pake lagi ni RevA setelah sebelomnya ane yg pake. gw pinjem ke tempat yg jauhnya sekitar 15km dari rumah gw dengan style mengemudi geber terus. baru jalan +/- 10km mesin uda kasar n terasa panas. gw uda curiga dari oli. pulang ke hum, gw langsung bawa ke AHASS n dibuka th nepel oli, keliatan bener th oli encer bener kayak aer, uda kotor kek aer comberan. n gw liat penguapannya banyak juga. gw mao ganti oli pake merek laen uda males kena anceman garansi gugur, ya uda gw pake MPX-1 lagi. tapi kali ini gw coba ekstrem buat membuktikan apa yg diiklankan, 4000km (kalo kurun waktu berarti 2x.na service biasa alias 4 bulan)
setelah 4 bulan n naek sekitar 1800km, adek gw minta ni motor diservisin lagi ama gw, dan kali ini gw tap sendiri oli.na di rumah. gw buka dipstick oli.na n apa daya KERING gan th ujung dipstik padahal ni motor cuma dipake dr hum ke skul yang PP setiap hari cm 16 km. gw tap oli.na n yg keluar paling cuma 200ml.
sejak saat itu gw ogah dah pake MPX-1, gantinya merek laen yang sedikit lebi kentel tapi uda Semi Synthetic. hasilnya mesin lebih halus, suhu mesin JAUH tereduksi. penyusutan? sangat minim.
share juga ah di Revo Absolute gw.
pan dari awal keluar dealer uda dikasi th oli, belom ada 500km suara mesin uda mulai kasar. pas service 500km gw bawa ke AHASS, langsung ganti oli dengan yg baru n gw suru setel klep dkk n setel ulang karbu.
selesainya ni ritual service pertama lgsg gw gas poll. ge test performanya n mentok di 98 kpj. . terus gw bawa dari rumah gw di Kembangan ke Tebet buat merasakan apakah mesin cpeet panas apa kagak, soal.na jalanan disana banyak yg macet n di GatSu bisa buat nyoba top speed. alhasil baru jalan 40km non stop, mesin gw uda panas banget, berasa ampe kaki n footstep. gw uda feeling oli.na kurang bagus, tapi melihat iklan di TV yang bilang MPX-1 bisa ampe 4000KM yaa gw bawa santai aja, maybe cuma perasaan gw.
selang 1500km (ni motor adek gw yg pake tapi gw yang kebagian ngerawat ), gw pake lagi ni RevA setelah sebelomnya ane yg pake. gw pinjem ke tempat yg jauhnya sekitar 15km dari rumah gw dengan style mengemudi geber terus. baru jalan +/- 10km mesin uda kasar n terasa panas. gw uda curiga dari oli. pulang ke hum, gw langsung bawa ke AHASS n dibuka th nepel oli, keliatan bener th oli encer bener kayak aer, uda kotor kek aer comberan. n gw liat penguapannya banyak juga. gw mao ganti oli pake merek laen uda males kena anceman garansi gugur, ya uda gw pake MPX-1 lagi. tapi kali ini gw coba ekstrem buat membuktikan apa yg diiklankan, 4000km (kalo kurun waktu berarti 2x.na service biasa alias 4 bulan)
setelah 4 bulan n naek sekitar 1800km, adek gw minta ni motor diservisin lagi ama gw, dan kali ini gw tap sendiri oli.na di rumah. gw buka dipstick oli.na n apa daya KERING gan th ujung dipstik padahal ni motor cuma dipake dr hum ke skul yang PP setiap hari cm 16 km. gw tap oli.na n yg keluar paling cuma 200ml.
sejak saat itu gw ogah dah pake MPX-1, gantinya merek laen yang sedikit lebi kentel tapi uda Semi Synthetic. hasilnya mesin lebih halus, suhu mesin JAUH tereduksi. penyusutan? sangat minim.
Quote:
Original Posted By Touya►Gini Gan
SAE 10w-30
logikanya udah kaga cocok ama iklim Indonesia panas n macet stop n go
tuh oli cepet encer n nguap di kondisi yang pans
sebenernya
temen juga punya CS1 udah 1 tahun liwat
dari baru disuruh pake MPX ama beres
pulang dari bengkel
dia ganti oli sendiri n dibuang tuh oli mpx
n ganti pakai oli bermutu macam enduro, shell advance, motul, dkk.
Yang penting begitu service di beres bulan selanjutnya kalo ditanya ama mekanik beres jangan ngaku pake oli laen
bilang ajah kan pake oli mpx gratisan dari beres
Dengan begitu garansi mesin tetap jalan n mesin tetap sehat.
SAE 10w-30
logikanya udah kaga cocok ama iklim Indonesia panas n macet stop n go
tuh oli cepet encer n nguap di kondisi yang pans
sebenernya
temen juga punya CS1 udah 1 tahun liwat
dari baru disuruh pake MPX ama beres
pulang dari bengkel
dia ganti oli sendiri n dibuang tuh oli mpx
n ganti pakai oli bermutu macam enduro, shell advance, motul, dkk.
Yang penting begitu service di beres bulan selanjutnya kalo ditanya ama mekanik beres jangan ngaku pake oli laen
bilang ajah kan pake oli mpx gratisan dari beres
Dengan begitu garansi mesin tetap jalan n mesin tetap sehat.
Quote:
Original Posted By icecool87►wah kbetulan revo saya disuruh pake mpx bro
awal2 sih lancar aja toh gak sampe 500km dah aku ganti oli pas service 1
baru setelah itu krasa kasar banget mesinnya plus panas sampe kaki
akhirnya disarani ganti oli deh dan aku pilih shell vsx
suara mesin lebih halus cuma panasnya tetep gara2 mesinnya dicekek bensinnya
intinya sih jangan pake deh
awal2 sih lancar aja toh gak sampe 500km dah aku ganti oli pas service 1
baru setelah itu krasa kasar banget mesinnya plus panas sampe kaki
akhirnya disarani ganti oli deh dan aku pilih shell vsx
suara mesin lebih halus cuma panasnya tetep gara2 mesinnya dicekek bensinnya
intinya sih jangan pake deh
Quote:
Original Posted By taxpayer►AHM emang tega bgt ma konsumennya
dia udah menang nama gan
tmn ane jg ada kasus ma ahass
motornya beat baru gress
kmr waktunya servis pertama
ma tmn ane tuh beat diservisin di beres
nyampe rumah, tmn ane langsung sms klo motornya jadi ga enak bgt
ya udah akhirnya dibongkar di rumah
dan yang sungguh bikin mangkel, bnyak bagian yg ga kepasang sebagaimana mestinya
masak selang yg dr head ke manifol (di suzuki namanya PAIR) ga dipasang
otomatis dr manifol ada kebocoran, ada udara masuk motor jd ngeden abis
tmn ane cmn bisa "misuh-misuh"
dia udah menang nama gan
tmn ane jg ada kasus ma ahass
motornya beat baru gress
kmr waktunya servis pertama
ma tmn ane tuh beat diservisin di beres
nyampe rumah, tmn ane langsung sms klo motornya jadi ga enak bgt
ya udah akhirnya dibongkar di rumah
dan yang sungguh bikin mangkel, bnyak bagian yg ga kepasang sebagaimana mestinya
masak selang yg dr head ke manifol (di suzuki namanya PAIR) ga dipasang
otomatis dr manifol ada kebocoran, ada udara masuk motor jd ngeden abis
tmn ane cmn bisa "misuh-misuh"
Ada juga yang ternyata belum pernah pakai tp rada sotoi.
ga baca isi trit TS semua sich..
Spoiler for coba dulu:
Quote:
Original Posted By cewjeleG►oli standart pabrikan itu kualitasnya tinggi gan....
pabrikan manapun itu....
kalo olinya nguap kemungkinan kecil...
kayaknya itu ada paking2 yang kurnag bener ato bahkan ada yang rtak dibagian mesin jadi ngrembes olinya....
mau pake oli semahal apapun kalo kondisinya kayak gitu juga bakalan berkurang
pabrikan manapun itu....
kalo olinya nguap kemungkinan kecil...
kayaknya itu ada paking2 yang kurnag bener ato bahkan ada yang rtak dibagian mesin jadi ngrembes olinya....
mau pake oli semahal apapun kalo kondisinya kayak gitu juga bakalan berkurang
Makin banyak gan yang satu nasib ma ane
Spoiler for satunasib:
Quote:
Original Posted By Rad1tya►Agan agan cuma mau nambain nih ....si Reva baru aja turun 27 -08-2010,so pasti olinya masih mpx , weh senenge mostor baru , langsung inreyen panasin motor begitu , di hidupan , weh nih motor lama lama rame ...., kaya mesin jahit nenek gua ,,he he , .i, langsung gua coba nih motor , star , masuk gigi 1 ,ckeek , nambah gigi 2, weh weh keras amat , ane berpikir masih baru kali ,,,,,,trus yg ane rasain mesin nya panas banget , lama lama ane kepikiran oli nya nga bagus ,trus ane coba coba browse trit REva ,n ketemu trit ini ,,,,,ternyata ,banyak juga yg merasakn demikian , makasih buat agan agan , harus ganti oli , mumpung masih 300 km, ,
Quote:
Original Posted By aditydharma►mau share pngalaman neh...
motor ane SPX 125 thn 2005, dr awal beli smp skr ane sll pake Federal (kadang XX, kadang yg biasa), skitr 3 bln yg lalu ane servis plus ganti oli d AHASS tiba2 tuh mekanik ganti oli pake MPX, ane pikir y udah lah gpp toh msh resmi Honda ini skalian coba2 kali ja cocok... trnyata bru d pake 2 minggu (satu hari 40 km) mesin udah kasar bgt plus panasnya smp k kaki ane. stlah 1 bln pemakaian, ane cek oli dan tebak apa yg tjd, oli ane kering gan, parahhh!!! berhubung ane msh penasaran dan msh positif tingking ane ganti lg sma MPX dan hasilnya sama, oli ane kering jg dan ane kapok pake MPX mendingan Federal dah. smp skr ane gak mw ganti MPX dh mahal cpt kering pula, klo sma Federal ane msh cinta... ada pngalaman buruk agan2 pake Federal???
motor ane SPX 125 thn 2005, dr awal beli smp skr ane sll pake Federal (kadang XX, kadang yg biasa), skitr 3 bln yg lalu ane servis plus ganti oli d AHASS tiba2 tuh mekanik ganti oli pake MPX, ane pikir y udah lah gpp toh msh resmi Honda ini skalian coba2 kali ja cocok... trnyata bru d pake 2 minggu (satu hari 40 km) mesin udah kasar bgt plus panasnya smp k kaki ane. stlah 1 bln pemakaian, ane cek oli dan tebak apa yg tjd, oli ane kering gan, parahhh!!! berhubung ane msh penasaran dan msh positif tingking ane ganti lg sma MPX dan hasilnya sama, oli ane kering jg dan ane kapok pake MPX mendingan Federal dah. smp skr ane gak mw ganti MPX dh mahal cpt kering pula, klo sma Federal ane msh cinta... ada pngalaman buruk agan2 pake Federal???
Quote:
Original Posted By dimsum_2009►ane juga punya pengalaman jelek soal AHM oil gan yang MPX 1
motor ane kan revo taun 2007 ya gan
ane sih tadinya biasa make oli federal , trs pas ke ahass waktu itu federal nya lagi abis yaudah deh ditawarin pake MPX 1
nah ane itungin tuh gan kan baru jalan 1800 km ya , klo di iklan sih katanya bisa ampe 4000 km :maho
ko mesin ane jadi berisik kn ane
coba deha ne buka tutup oli nya ternyata bagian yg kena oli dikit banget ! ujungnya doang
trs ane bawa ke beres deh baut ganti oli trs katanya rante keteng ane dah kena
:
motor ane kan revo taun 2007 ya gan
ane sih tadinya biasa make oli federal , trs pas ke ahass waktu itu federal nya lagi abis yaudah deh ditawarin pake MPX 1
nah ane itungin tuh gan kan baru jalan 1800 km ya , klo di iklan sih katanya bisa ampe 4000 km :maho
ko mesin ane jadi berisik kn ane
coba deha ne buka tutup oli nya ternyata bagian yg kena oli dikit banget ! ujungnya doang
trs ane bawa ke beres deh baut ganti oli trs katanya rante keteng ane dah kena
:
Kalo yang ini,mekanik yg sering terima keluhan dari pelanggannya ttng oli ahm
Spoiler for mekanik:
Quote:
Original Posted By FromYesterday►mungkin dari pabriknya sengaja buat yang encer gan...pengertian mereka mungkin gni..
"semakin encer oli, kinerja mesin semakin enteng"
itu memang benar,, tapi untuk ketahanan mesin yang dipakai dalam jangka waktu lama, apalagi untuk jarak 4000km,, saya pikir gag mungkin bisa....
kayaknya MPX1 memang dibuat untuk kebutuhan balap yang notabene pemakaian cuma berapa jam aja (ga lebih dari sehari)...terus langsung ganti lagi di race berikutnya...
Tapi yang jadi perttanyaan, kenapa olinya bisa nguap gne ya???ane juga pernah ada keluhan dari pelanggan di bengkel ane tentang oli ini...
disini bisa ditarik kesimmpulan bahwa MPX1 ga cocok dipakai harian karena oli yang terlalu encer membuat mesin cepet panas.
kalo untuk harian mending ambil SAE normal aja gan...jangan terpaku oleh merk yang lagi tren di pasaran,, tapi kualitas Oli itu sendiri...
Lebih Baik Honda buat standarisasi Oli mesin pake Federal Oil kaya tempo dulu..gag banyak yang komplen kaya MPX...SAE nya juga standar untuk kebutuhan harian..
dan kalo bisa jangan suka ganti2 merk oli mesin,, karena komposisi tiap pabrikan oli pasti beda....
semoga bisa membantu...
"semakin encer oli, kinerja mesin semakin enteng"
itu memang benar,, tapi untuk ketahanan mesin yang dipakai dalam jangka waktu lama, apalagi untuk jarak 4000km,, saya pikir gag mungkin bisa....
kayaknya MPX1 memang dibuat untuk kebutuhan balap yang notabene pemakaian cuma berapa jam aja (ga lebih dari sehari)...terus langsung ganti lagi di race berikutnya...
Tapi yang jadi perttanyaan, kenapa olinya bisa nguap gne ya???ane juga pernah ada keluhan dari pelanggan di bengkel ane tentang oli ini...
disini bisa ditarik kesimmpulan bahwa MPX1 ga cocok dipakai harian karena oli yang terlalu encer membuat mesin cepet panas.
kalo untuk harian mending ambil SAE normal aja gan...jangan terpaku oleh merk yang lagi tren di pasaran,, tapi kualitas Oli itu sendiri...
Lebih Baik Honda buat standarisasi Oli mesin pake Federal Oil kaya tempo dulu..gag banyak yang komplen kaya MPX...SAE nya juga standar untuk kebutuhan harian..
dan kalo bisa jangan suka ganti2 merk oli mesin,, karena komposisi tiap pabrikan oli pasti beda....
semoga bisa membantu...
0
151.9K
Kutip
1K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•12.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya