- Beranda
- All About Design
Ada Apa Dibalik Logo (AADL)
...
TS
NeoKnights
Ada Apa Dibalik Logo (AADL)
Seperti kita ketahui... banyak banget logo2 yang bagus yang dimiliki ama perusahaan2 besar...
Tapi kebanyaka logo2 itu sederhana, tapi dibalik logo tersebut biasanya memiliki makna yang tersembunyi....
Oh..iya ???
Ayo kita kupas logo2 perusahaan yang punya makna tersembunyi satu persatu...
yang pertama kita bahas yaitu
FedEx
Fedex atau Federal Express sebuah postal service dari Amerika...
bergelut cukup lama, dan sempat hampir bangkrut...
namun pada saat-saat terakhir toh masih sempat merubah logonya yang akhirnya malah membawa menuju ke kejayaannya...
ini logo lama (atas) dan logo barunya (bawah)
Ada apa dengan logo barunya hingga menuai sukses ?
Ternyata di dalam logotype tersebut tersembunyi sebuah simbol panah (arrow)....
Hayo... coba dicari.. dimana simbol panah itu....
Gw kasi yang ukuran besar deh
Udah nemu kan ?
Yup... tanda panah itu ada di negative space antara huruf E besar dan huruf X kecil....
Apakah artinya panah itu ?
Ternyata Lindon Leader sang designer yang menjabat sebagai Senior Design Director di Landor Associates itu sebelum mendisain logo tersebut sempat melakukan survey mengenai perilaku dan kondisi kerja di Federal Express...
dan ia menemukan bahwa karyawannya kurang memiliki motivasi dan kepemilikian atas perusahaan....
Dan ketika presentasi, ia menjelaskan arti simbol panah itu yakni arrow of movement and thinking, dimana ia menjelaskan bahwa perusahaan harus memiliki komitmen dalam pengiriman, yakni cepat sampai, dan juga panah melambangkan pemikiran postif bahwa perusahaan pasti akan maju (optimisme).
Lindon Leader mendesak agar keberadaan simbol panah ini dipresentasikan kepada seluruh jajaran karyawan....agar setiap kali karyawan melihat logo ini, yang pertama kali terlihat adalah tanda panah itu....
Optimisme dan komitmen ini yang akhirnya membawa perusahaan berkembang lebih pesat...
Uniknya, setiap kali kita pernah mengetahui bahwa ada simbol panah tersembunyi ini, selamanya kita melihat logo Fedex, pasti yang muncul adalah tanda panah, dan di latar adalah logotype fedex.
Nah... sekarang coba kalo jalan2 n ada logo fedex, kalian lihat, pasti simbol panah itu langsung muncul dominan... asyik ya ?
Bahkan kini Fedex memiliki jaringan Office & Printing Service (seperti multiplus gitu lah) yang bernama FedEx Kinko's dan masih menggunakan simbol panah di logo barunya.
Kelihatan kan ? di logo, warna merah dan biru di center membentuk simbol panah....
UPDATE 1 :Logo Toyota
UPDATE 2 : Logo SonyEricsson
UPDATE 3 : Logo Beijing 2008
UPDATE 4 : Logo Fuwa Mascots
UPDATE 5 : Logo Superman
UPDATE 6 : Logo LippoBank (credit to Adhi_Lho)
UPDATE 7 : Logo Apple Computer
UPDATE 8 : Logo Amazon.com (credit to niacin)
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tapi kebanyaka logo2 itu sederhana, tapi dibalik logo tersebut biasanya memiliki makna yang tersembunyi....
Oh..iya ???
Ayo kita kupas logo2 perusahaan yang punya makna tersembunyi satu persatu...
yang pertama kita bahas yaitu
FedEx
Fedex atau Federal Express sebuah postal service dari Amerika...
bergelut cukup lama, dan sempat hampir bangkrut...
namun pada saat-saat terakhir toh masih sempat merubah logonya yang akhirnya malah membawa menuju ke kejayaannya...
ini logo lama (atas) dan logo barunya (bawah)
Ada apa dengan logo barunya hingga menuai sukses ?
Ternyata di dalam logotype tersebut tersembunyi sebuah simbol panah (arrow)....
Hayo... coba dicari.. dimana simbol panah itu....
Gw kasi yang ukuran besar deh
Spoiler for logo Fedex:
Udah nemu kan ?
Yup... tanda panah itu ada di negative space antara huruf E besar dan huruf X kecil....
Apakah artinya panah itu ?
Ternyata Lindon Leader sang designer yang menjabat sebagai Senior Design Director di Landor Associates itu sebelum mendisain logo tersebut sempat melakukan survey mengenai perilaku dan kondisi kerja di Federal Express...
dan ia menemukan bahwa karyawannya kurang memiliki motivasi dan kepemilikian atas perusahaan....
Dan ketika presentasi, ia menjelaskan arti simbol panah itu yakni arrow of movement and thinking, dimana ia menjelaskan bahwa perusahaan harus memiliki komitmen dalam pengiriman, yakni cepat sampai, dan juga panah melambangkan pemikiran postif bahwa perusahaan pasti akan maju (optimisme).
Lindon Leader mendesak agar keberadaan simbol panah ini dipresentasikan kepada seluruh jajaran karyawan....agar setiap kali karyawan melihat logo ini, yang pertama kali terlihat adalah tanda panah itu....
Optimisme dan komitmen ini yang akhirnya membawa perusahaan berkembang lebih pesat...
Uniknya, setiap kali kita pernah mengetahui bahwa ada simbol panah tersembunyi ini, selamanya kita melihat logo Fedex, pasti yang muncul adalah tanda panah, dan di latar adalah logotype fedex.
Nah... sekarang coba kalo jalan2 n ada logo fedex, kalian lihat, pasti simbol panah itu langsung muncul dominan... asyik ya ?
Bahkan kini Fedex memiliki jaringan Office & Printing Service (seperti multiplus gitu lah) yang bernama FedEx Kinko's dan masih menggunakan simbol panah di logo barunya.
Kelihatan kan ? di logo, warna merah dan biru di center membentuk simbol panah....
UPDATE 1 :Logo Toyota
UPDATE 2 : Logo SonyEricsson
UPDATE 3 : Logo Beijing 2008
UPDATE 4 : Logo Fuwa Mascots
UPDATE 5 : Logo Superman
UPDATE 6 : Logo LippoBank (credit to Adhi_Lho)
UPDATE 7 : Logo Apple Computer
UPDATE 8 : Logo Amazon.com (credit to niacin)
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Spoiler for Mampir sini juga gan...:
0
55.1K
285
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
13.8KThread•3.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya