nelvin
TS
nelvin
Pemrograman yang hanya Pemrograman
Selama ini kita selalu dijejali berbagi teknik programming "canggih". Sedemikian banyaknya sehingga kita akhirnya lupa apa sebenarnya esensi teknik programming yang canggih tersebut ditelan lautan metodologi.

Ambil contoh yang paling popular adalah soal OOP (Object Oriented Programming)... semua setuju ini lebih baik dari prosedural, dan memang demikian... tetapi pernahkah kita renungkan apa yang membuat itu lebih baik? Re-usable? Bukankah prosedural juga punya library yang bisa dicall, berarti re-usable juga? Inheritance? Ok... tapi kenapa? Apakah karena jumlah code-nya lebih sedikit? Apakah dengan perbedaan code yang hanya beberapa baris, dan dalam banyak kasus hanya beberapa karakter, bisa disebut teknik programming yang lebih baik? Apakah karena bisa mengurangi bug? Ok bisa mengurangi bug... tetapi kenapa bisa mengurangi bug?

Dengan thread ini saya mencoba mengajak para pencinta programming untuk kembali ke hal-hal yang paling simple dan esensial dulu, supaya kita tidak semakin ditelan oleh blah blah tidak berdasar yang akhirnya cenderung menjadi mitos, dan bisa menjawab semua pertanyaan di atas dengan CONTOH NYATA. Bukan dengan dengungan abstrak tidak jelas soal encapsulation, inheritance, polymorphism...

Happy Programming!
nona212
nona212 memberi reputasi
1
42.5K
1K
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Programmer Forum
Programmer Forum
Programmer Forum
icon
20.2KThread4.1KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.