thearcyAvatar border
TS
thearcy
(Share) Pulau Sempu...much better than Phi Phi Island
Bro & Sis.. pada tau nggak Pulau Sempu ?, letaknya di selatan kota Malang, sekitar 2 jam dari Malang, untuk menuju kesana diperlukan fisik dan mental yang kuat, karena ada trekking nya. Tujuan utama saya ke Pulau Sempu adalah ke Danau Segara Anak.
Waktu itu kita ber lima 2 cowo & 3 cewe, di tambah satu orang local guide, pergi dari Malang sekitar jam 01.30 malam dengan maksud ngejar sunset di Pulau Sempu, sampai ke desa Sendang Biru jam 03.30 pagi, sewa perahu buat nyebrang ke pulau, cuma 15 menit kita udah sampe di pulau.. jadi kondisi masih gelap gulita, berhubung gelap perahu gak bisa sampe ke pantai, jadi kita turun di air setinggi paha.. lumayan menegangkan, begitu sampe pantai.. saya menatap kedepan dan yg keliatan cuma pohon pohon besar.. gelap dan sepi, saya tanya ke guide "lewat mana pak ?".. "situ" kata dia sambil nunjuk ke tempat yg gak bisa saya liat.. perasaan deg degan mulai muncul, perlahan kita mulai berjalan, 15 pertama masuk hutan jalan masih biasa.. lama lama medan mulai berat karena malem sebelumnya hujan jadi licin banget, dengan jarak pandang nggak lebih dari 4 meter kita berjalan sambil cari akar/batang pohon untuk maju, sedikit sedikit temen2 cewe saya jatuh atau terpeleset.. saya juga beberapa kali kepeleset, untung masih bisa pegangan ke akar pohon. 30 menit kemudian sendal gunung yang saya pake rusak tapi tetep dipaksain karena di tanah suka ada akar tajem, sementara temen cowo saya pake sendal hotel dong.. yang cewe pake sepatu kets.. pokonya untuk alas kaki kita salah kostum, otomatis perjalanan jadi lebih lambat.
1 jam berlalu.. matahari masih belum keluar, malahan hujan yang keluar.. makin berat aja perjalanan, entah berapa kali local guide dipeluk temen2 cewe ku karena mereka mau jatuh/kepeleset dan nahan ke si guide tersebut..emoticon-Smilie.
setelah sekitar satu jam setengah cahaya matahari mulai masuk ke celah celah daun dan hujan udah mulai berenti, kita terus berjalan.. beberapa kali kita mesti merangkak atau menahan beban tubuh kita ke akar pohon, biar nggak jatuh, dan beberapa sungai kecil kita lewati juga.. setengah jam kemudian danau Segara Anak mulai keliatan.. perjalanan semakin berat, kita berjalan nyusurin tepian danau.. dan dengan kondisi tanah basah, kita berjalan sambil menghadap ke karang di sebelah kiri, cari pegangan akar atau karang, sementara di kanan bawah kita danau dengan karang tajam di bawahnya..
sedikit demi sedikit kita berjalan sampe akhirnya kita sampai di pantai nya.. disini saya takjub banget ngeliat indahnya danau tersebut.. susah juga jelasin dengan kata kata.. pokoknya danau tersebut terjadi karena air laut yang masuk ke celah celah karang.. jadi didepan kita ada dua karang yang sangat besar yang nutupin danau.. dan diantara dua karang tersebut ada celah yang bikin air laut masuk ke danau.. air nya jernih banget, berasa kolam renang pribadi yang sangat besar, dengan kedalaman sekitar 1.5 m kalo lagi surut...
Sebelumnya saya juga pernah ke Maya Bay, Phi Phi Island Thailand.. yang ada di film "The Beach" nya Leonardo DiCaprio, saya bandingkan dengan pulau Sempu.. masih bagusan Pulau Sempu, karena lebih alami, lebih kerasa trekking nya.. kan di film the beach, di Phi Phi Islandnya trekkingnya jauh ya.. padahal gak sampe 5 menit udah sampe ke Maya Bay, trus kondisinya nggak kaya' di film nya..
Di Pulau Sempu pasirnya Putih juga lho.. dan dari danau segara anak itu saya juga explore beberapa pantai disana, diantaranya pantai kembar.. bagus, indah, kata beberapa sumber.. kadang kita bisa liat ikan lumba lumba.. tapi waktu itu saya nggak nemu..
O Iya, katanya kalo nggak ujan atau lagi kering.. untuk menuju ke Danau Segara anak hanya perlu waktu sekitar 1 jam trekking.. sementara kita sampe 2.5 jam karena hujan, jadi kalo rekan2 ada yg mau kesana diperhatikan juga kondisi cuaca..
Pesan Lain : Indonesia is much more beautiful than our neighbors, sayangnya pemerintah kita kurang aware sama potensi alam yang kita punya.. yang di urusin korrropsi melulu.. emoticon-Smilie
Happy Exploring..
0
32.3K
243
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.