jeleknya bukan blunder.. tp desainnya kentang atau cuma sampe diatas simulasi komputer (walau simulasinya canggih) klo dah gt ya stalemate.. dah keluar duit tp ribet buat maju lg masalah utama engginer indonesia adalah bikin barang serba nanggung atau bikin barang terlalu wah. ga mikir pasarnya
kayaknya bakal jadi blunder baru. bak pisau bermata dua nie orang. dibantu ya salah karena g menguntungkan negara malah terancam merugikan. kalo g dibantu gua yakin nie orang akan menghembuskan isu2 miring.
lebh bijak negara ya ngurus ptdi karena emang bumn punya negara. kalau r80 dia swasta. bukan urusan negara. dan swasta jelas berfikir nya panjang masalah survivenya dia gmana. kalo rei masih mintak duit negara. perlu dipertanyakan nie prusahaan bener kaga rencana bisnisnya atau emang g punya renc...
Sama, buat industri pesawat juga nyerap tenaga kerja baru. Lebih prestige... Bisa buat kebanggaan bangsa.. lah dia pakek fasilitas di kok mz. dan ini swasta loh. membebani keuangan negara. dan kalo dia berhasil apa mau tuh balikin duit
Kalo emang ingin bersaing di harga, ya harus gitu. Dan subsidi itu sifatnya sementara, ga selamanya. Ketika produk sudah teruji kualitasnya dan mampu bersaing di international, baru dicabut subsidinya. Kita kan ngomongi pesawat, bukan beras. Masalh beras ada sendiri pemecahannya... :malu trus
Di Asean yang punya infrastruktur industri penerbangan yang bagus cuman Indonesia, jadi kemungkinan konsorsium seperti itu ada Indonesia dan PT DI yang akan ditunjuk jadi leader project-nya. masalahnya siapa yg mau. wong sesama asean aja g rukun
Butuh berapa tahun pt di bisa buat semuanya kata mod bhas kan per tahun ga sampek 10 mbah dg berbagai tipe. jadi yah kalo 400 pesawat yah bsa 40 tahun. dg asumsi ptdi g garap apa2 selain projek itu
dg jualan nasionalisme atau paksa beli kayak iptn ke merpati. malah bikin perushaan g sehat mz dan merugikan airliner.
kok ada bypas ratio. apa mau pake turbofan. sebenere habibie g perlu koar2 dulu wong barangnya juga blum ada. tapi bikin n buktiin kalo barang ini lebih efisien dan lebih ekonomis bagi airliner. jangan cuma modal nasionalis.