Suatu hari, entah sudah bulan ke-berapa saya di kapal. Udin (jabatan OS Ordinary seaman) yg bertugas membakar sampah di incinerator dan ngecek seluruh tanki ballasts & cofferdam mengeluh sakit. Lalu saya yg ditunjuk untuk menggantikannya sementara. Saya kurang suka sama pekerjaan si Udin ini k
sekutstaffel imbas pandemi kali ya mas. Jarang ada wisatawan. Kalau untuk produksi minyak wajib jalan terus mas. Tetap semangat buat temannya.
Laut itu kuburan massal gan terbesar gan. Pasti banyak cerita seramnya. Kapal yg punya banyak ruangan pun juga sudah pasti ada begituannya.
Sebisa mungkin saya jelaskan layout kapal saya ini gan. Biar pada sedikit ngerti tentang dunia pelayaran, gak horrornya melulu :D
Setelah kejadian yg luar biasa itu, kami 1 kapal masih belum begitu percaya dengan apa yg sudah terjadi di depan mata kami sendiri. Bayangkan saja, ini kapal super tanker yg panjangnya 235 meter. Bagaimana beliau bisa pindah tidur di bow thruster room yg terletak di haluan (bagian depan) dari kam...
Akhirnya setelah hampir 1 bulan di kamar horror itu kami dipindahkan ke kamar single crew. Kamar ini seperti kamar hotel pada umumnya, ada kulkas mini dan brankas. Yg paling penting, privasi lebih terjaga dan gak rebutan WC untuk boker lagi. Ada cerita yang sangat menggemparkan. Bahkan orang2 jep...
Sebenarnya saya sudah diberitahu hal2 yg kurang enak didengar oleh salah satu crew yg sudah lebih dahulu tinggal di kapal ini, sebut aja namanya yudi. Maksudnya kurang enak didengar itu soal kamar ini. Dia bilang "yaa yg sabar aja mas kalau di kamar ini. Gak usah takut, sholat aja yg banyak....
Tahun 2008 umur 19 tahun saya lulus dari sekolah pelayaran di Surabaya dan lolos seleksi dari salah satu perusahaan pelayaran tertua di Jepang, lalu mulai ditempatkan di kapal LNG (liquified natural gas) SS. Kotowaka Maru sebagai able bodied seaman dengan rute pelayaran Dubai, UAE - Niigata, Jepa...