niumiucdcAvatar border
TS
niumiucdc
Gejala dan Tanda Gangguan Perilaku pada Anak
Setiap manusia pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda antar satu dengan lainnya, begitu juga anak-anak. Anak-anak itu spesial, kadang mereka bisa tampak baik dan juga menggemaskan. Tapi, ada kalanya juga mereka jahil, nakal, dan cenderung mengganggu. Ayah dan Bunda harus tahu serta waspada jika anak sering melakukan kenakalan yang jauh lebih parah dan berbeda dari anak-anak seusianya. Mungkin saja itu termasuk kondisi problem behaviour atau gangguan perilaku pada anak.

Masalah atau Gangguan perilaku pada anak adalah sebuah kondisi dimana anak sering berperilaku nakal yang di luar batas. Yang mana itu berpotensi merugikan orang lain disekitarnya dan dirinya sendiri. Masalah perilaku pada anak ini bisa menyebabkan anak bermasalah di sekolahnya atau dengan teman-temannya. Anak yang memiliki problem behaviour cenderung agresif, dan karena itu anak akan sulit bergaul dan sulit harmonis dengan teman-temannya dan lingkungan sekitarnya.

Gejala dan Tanda Gangguan Perilaku pada Anak

Gejala dan Tanda

Anak yang memiliki gangguan perilaku, biasanya keadaan emosional mereka tidak stabil. Karena itu, mereka akan cenderung agresif saat berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan sosial sekitar. Tingkah laku mereka akan sangat menggangu.

Terdapat beberapa ciri dan pola tingkah laku anak dengan gangguan perilaku, yaitu antara lain :

- Suka melempar, merusak, atau menghancurkan barang saat -mereka marah.

- Sulit menahan emosi dan mudah marah

- Sering membantah dan melawan orang lain, seperti melawan guru saat di sekolah.

- Seringkali melakukan kekerasan fisik ataupun verbal kepada orang lain dan binatang

- Sering berbohong dan mencuri



BACA SELENGKAPNYA DISINI




0
4
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Artikel Edukasi
Artikel Edukasi
1.9KThread768Anggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.