harrywjyy
TS
harrywjyy
Modifikasi Lambang Garuda Pancasila, Anies Baswedan Panen Hujatan!

Sumber Gambar

Kita tahu bahwa beebrapa waktu lalu, kita sempat merayakan Hari Lahir Pancasila pada Kamis, 1 Juni lalu. Adanya peringatan ini adalah untuk mengingatkan kembali mengenai perjuangan para pahlawan yang telah berusaha keras dalam merumuskan dan mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Hingga dibuatlah 1 Juni sebagai tanggal cuti bersama.

Hari lahir Pancasila juga diperingatkan kembali oleh berbagai pihak dari macam-macam instansi. Mulai dari partai, tokoh-tokoh hingga pejabat semua mengucapkan selamat hari lahir Pancasila. Selain mengucapkan, tentu hal ini ada untungnya sebagai salah satu langkah branding mempromosikan apa yang mereka jual tentunya.

Bukan hanya pihak-pihak di atas, sesosok Calon Presiden pun mengucapkan hal yang sama. Yaitu Anies Baswedan yang mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila langsung melalui akun Twitter pribadinya. Ia juga menyertakan sebuah gambar burung Garuda yang merupakan simbol yang mewakili Pancasila yang menjadi dasar negara kita.


Sumber Gambar

Namun sayangnya gambar yang diposting oleh Anies itu malah mendapat berbagai macam kritik dari warganet. Hal ini dikarenakan Anies yang mengubah bentuk dari lambing Pancasila. Di mana Pancasila memiliki simbol seperti bintang, pohon beringin dan rantai pada tengah dada burung Garuda. Tapi dalam gambar yang dibuat Anies, yang terlihat bukan seperti Pancasila seperti biasanya.

Di mana dalam lambing Pancasila tersebut, ramai dengan desain dan motif-motif batik khas Indonesia. Juga terlihat ada beberapa penari, pengerajin hingga suku-suku di Indonesia. Niatnya memang baik karena ingin menggambarkan keberagaman Indonesia di dalam gambarnya tersebut. Akan tetapi yang dipermasalahkan adalah desain burung garudanya yang disebut merubah simbol Pancasila.

Dalam UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara menyebutkan bahwa merubah lambing negara yaitu Garuda Pancasila maka bisa dikenakan sanksi pidana satu tahun. Undang-undang ini yang menjadi dasar para netizen mempermasalahkan mengenai perubahan bentuk dari Garuda Pancasila dalam gambar ucapan Anies Baswedan.


Sumber Gambar: Twitter

Dan pada 2020 lalu sempat ada kasus seperti ini, di mana salah satu logo yaitu di sila keempat yang harusnya banteng kurus berwarna hitam diganti menjadi logo PDIP. Ada juga paguyuban yang diduga memodifikasi logo Pancasila pada waktu itu. Dan semua kasus itu diminta supaya diproses secara hukum. Yang meminta ini adalah MPR langsung lho.

Berarti bisa dibilang hal ini merupakan suatu yang fatal dilakukan bagi seorang warga sipil. Warga sipil ya, gak tahu nih calon presiden apakah akan diproses hukum atau tidak. Kayanya sih tidak akan ya. Palingan hanya dibully dan dikritik-kritik saja. Tapi meski begitu, tetap saja merugikan bagi seorang Calon Presiden harus menerima kritik jelek menjelang Pemilu.


Sumber Gambar

Mungkin niat Anies sendiri tidak untuk merubah logo Pancasila, melainkan hanya meminjam bentuk siulet Pancasila untuk menjadi frame desain miliknya. Hal seperti ini harusnya sudah dipikirkan matang-matang sebeum di-publish ke sosial media. Kalau ada kesalahan seperti ini, maka blow-up-nya bisa luar biasa untuk seorang capres macam Anies ini.

Banyak yang mencocokologi perubahan logo Pancasila yang dibuat Anies dengan nama koalisinya yaitu Koalisi Perubahan. Rupanya perubahan yang dimaksud benar-benar konkret, sampai logo Pancasila saja sampai mengalami perubahan di tangan Anies. Bila nanti menjadi presiden, perubahan apa lagi kah yang akan dilakukan Anies di negeri ini?

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, salahkah jika ada yang merubah lambing garuda Pancasila seperti Anies? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 05-06-2023 08:11
UprutzterbitcomytArez.Stroxx
Arez.Stroxx dan 23 lainnya memberi reputasi
24
8.6K
193
Berikan Komentar
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
icon
33.1KThread21.4KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.