youngnandyAvatar border
TS
youngnandy
salah kirim barang di tokopedia, dinyatakan salah pembeli
saya ceritakan ini supaya tidak ada kejadian seperti yang saya alami. khususnya bagi konsumen yang menggunakan jasa marketplace tokopedia atau marketplace lainnya.

saya membeli 2 benda di tokopedia dengan nama "societyshop". saya sebutkan saja benda yang saya beli adalah tali jam tangan dan 1 buah lagi yang tidak penting karena tidak bermasalah. diawal saya membeli ini di deskripsinya ada pilihan ukuran dan warna. sewaktu saya membeli opsi untuk memilih hanya ada warna. saya juga tidak terlalu jelas dengan opsi ini, karena harusnya ukurannya harus ada 18, 20,21 dan 22 mm ( maaf saya lupa ukuran yang tersedia yang jelas kasusnya antara ukuran 18 dan 22mm ).

Karena tidak ada opsi ukuran otomatis pilihan tersebut dimasukkan dibagian komentar. dan saya melakukan transaksi dengan memilih opsi warna coklat muda dan 18 mm ( untuk ukuran dimasukkan dibagian kolom komentar ). tetapi barang yang datang ukurannya 22mm. padahal disana sudah jelas tertera 18mm di kolom komentar.

cerita selanjutnya, saya melakukan komplain terhadap kelalaian pengiriman barang tersebut. sewaktu saya chat dengan tokonya ( keadaan online ). sekitar 10 menitan tiba2 langsung offline tanpa memberikan tanggapan tersebut dan yang anehnya lagi saya suruh pindah ke kolom diskusi tetapi tidak pernah ditanggapi dan selalu menggunakan bagian chat ( entah takut atau gimana gitu sampai tidak pernah mengisi dibagian diskusi ). keesokan harinya chat tersebut dibalas dengan gaya sesuka hatinya. kapan dia balas ya dibalas, kadang online juga tidak membalas. sampai besoknya lagi, tiba2 dia menyatakan tidak bersalah dan menyakinkan bahwa semua adalah kelalian pembeli. dan menyalahkan bahwa kolom komentar yang saya tulis terlalu kecil. anehnya sangat yakin dengan hasil final yang akan dia peroleh.

sekitar 1-2 jam kompalin saya direject dengan sejumlah alasan atara lain tidak memilih ukuran yg diinginkan dan tidak mengindahkan kolom komentar yang saya tulis. saya lanjut banding ke tokopedia, anehnya lagi dari pihak tokopedia cepat merespon dan langsung memfinal keputusan bahwa saya dinyatakan salah dan tentu saja uang akan diteruskan ke toko.

dari pengalaman saya ini, harap berhati-hati dengan segala toko online yang ada, supaya kejadian serupa tidak terjadi lagi. mungkin alangkah baiknya para pembeli barang yang menggunakan jasa toko online harap merekam atau memfoto tiap langkah-langkah yang anda lakukan di toko online. mungkin harga tali jam tangan tidak lah terlalu mahal, tapi bagi saya seperti rasa membeli barang yang tidak berguna bagi saya, buang-buang waktu dan uang.

terima kasih para pembaca yang berkesempatan membaca pengalaman saya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan acuan dan saya harap berhati-hati terhadap segala macam resiko yang akan dialami seperti saya. terima kasih buat pembaca.
0
2.3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.