c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Napoli Juara! Nama Maradona Bergaung




Hi sobat kaskus,

Sedikit kita singgung sejarah Napoli, kota ini Napoli, juga dikenal sebagai Naples, adalah kota terbesar di selatan Italia dan memiliki sejarah yang sangat panjang. Kota ini didirikan oleh orang Yunani pada abad ke-8 SM dan disebut Neapolis, yang artinya "kota baru". Sejak awal, kota ini adalah pusat perdagangan dan budaya, dan menjadi salah satu kota terpenting di dunia Mediterania selama berabad-abad.



Pada abad ke-4 SM, kota ini menjadi bagian dari Kerajaan Romawi dan menjadi pusat penting bagi Kekaisaran Romawi Barat pada abad ke-5 M. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat, Napoli dikuasai oleh banyak penguasa, termasuk Goth, Bizantium, dan Arab.

Pada abad ke-11, Napoli menjadi salah satu kota terpenting di Italia dan menjadi ibu kota dari Kerajaan Napoli yang didirikan oleh Normandia. Selama abad-abad berikutnya, kota ini menjadi pusat seni dan budaya yang terkenal, dan dianggap sebagai salah satu kota terindah di Eropa.



Pada abad ke-19, Napoli menjadi pusat revolusi unifikasi Italia dan menjadi bagian dari negara Italia pada tahun 1860. Kota ini juga mengalami pertumbuhan pesat selama periode ini, dengan pembangunan jalan raya, pelabuhan modern, dan perluasan kota yang signifikan.

Selama Perang Dunia II, Napoli menjadi sasaran utama serangan sekutu dan mengalami kerusakan besar. Namun, kota ini berhasil pulih dan menjadi pusat industri, perdagangan, dan pariwisata yang penting di Italia. Saat ini, Napoli adalah kota yang hidup dan ramai dengan sejarah, seni, dan kehidupan budaya yang kaya.



Sedangkan di kota itu ada SSC. Napoli , yang juga dikenal sebagai Società Sportiva Calcio Napoli, didirikan pada tahun 1926 sebagai Associazione Calcio Napoli. Klub ini berbasis di kota Napoli, Italia dan menjadi salah satu klub terkenal di Italia dan Eropa.

Pada awalnya, SSC.Napoli hanya bermain di divisi kecil, tetapi pada tahun 1949 mereka berhasil promosi ke Seri A, liga sepakbola paling bergengsi di Italia. Pada tahun 1962, klub ini memenangkan Piala Italia pertamanya, dan pada tahun 1987 mereka mencapai puncak kejayaan mereka dengan memenangkan Scudetto, gelar juara Serie A.



Kemenangan Napoli dalam Scudetto pada tahun 1987 sangat penting bagi klub dan kota Napoli, karena ini adalah pertama kalinya sebuah klub selain Juventus, AC Milan, atau Inter Milan memenangkan gelar Serie A sejak awal 1900-an. Klub ini terus menunjukkan penampilan yang baik dalam beberapa musim berikutnya, dengan mencapai final Piala UEFA pada tahun 1989 dan memenangkan Piala UEFA pada tahun 1991.

Namun, pada tahun 2004, klub ini mengalami masalah keuangan dan terpaksa dijual ke Aurelio De Laurentiis, seorang produser film Italia. De Laurentiis melakukan upaya besar untuk membangun kembali klub, termasuk mengubah nama klub menjadi Società Sportiva Calcio Napoli, membeli pemain-pemain bintang, dan membangun stadion baru yang modern.



Dalam beberapa tahun terakhir, Napoli telah kembali ke kejayaan, dengan finis di posisi kedua di Serie A pada tahun 2018 dan memenangkan Piala Italia pada tahun 2020. Klub ini dikenal karena gaya permainan menyerang dan kreatif, serta dukungan yang kuat dari fansnya yang fanatik.

Membicarakan tentang persepakbolaan Napoli tentu akan bersinggungan dengan legenda dunia asal Argentina, siapa lagi kalau bukan Diego Armando Maradona.

Bahkan, keberhasilan Napoli menjuarai Liga Italia musim ini memberikan dampak yang luar biasa besar, selain mendapat selamat dari keluarga mendiang Diego Maradona, terlebih ini merupakan gelar scudetto pertama tanpa kehadiran legenda asal Argentina itu.



Membuat euforia Napoli sebagai peraih scudetto pantas untuk dirayakan, "Forza Napoli".

Mungkin setelah hilangnya Maradona, Napoli terseok-seok susah berada di peringkat teratas apalagi melihat nama besar si Nyonya tua Juventus dan kekuatan 2 Milan yang perkasa.

Apakah Napoli akan kembali sukses di kancah eropa ketika masih memakai jasa Maradona?

Karena di masa Maradona, dirinya sukses membawa Napoli membungkam kedigdayaan sepak bola Italia Utara. Mereka memenangi scudetto dua kali pada 1987 dan 1990, satu Piala UEFA pada 1989, dan satu Coppa Italia pada 1987.



Kita tunggu saja kiprah selanjutnya Napoli, untuk mengarungi keperkasaan klub eropa. Walau saat ini kekuatan personalcukup merata. Dengan semakin tuanya dua bintang antara Messi dan Ronaldo, Mbappe yang digadang menjadi legend juga tak ingin beranjak hengkang dari PSG.

Lantas apakah Victor Osimhen akan jadi rebutan klub eropa, atau Khvicha Kvaratskhelia yang dibeli murah dari Dinamo Batumi senilai 11,5 juta euro (Rp187 miliar), bahkan ketangguhan dari Kim Min-Jae menjelma sebagai pengganti yang sepadan buat Kalidou Koulibaly, yang dilego Napoli ke Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022. 



Setidaknya 3 nama besar untuk sukses Napoli bisa saja akan dilirik oleh klub besar yang juga punya dana besar. Tapi untuk menjadi legenda layaknya Maradona tentu tidak bisa dibandingkan.

Napoli memang tanpa Maradona seperti air laut tanpa garam, namun walau sekarang Napoli menjadi air tawar rasanya cukup menyegarkan karena prestasi selanjutnya akan menanti. Dengan racikan strategi dan kemampuan dari setiap lini pemain.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star







marblecrackerprovocator3301madjoeki
madjoeki dan 18 lainnya memberi reputasi
19
4.8K
67
Berikan Komentar
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Liga Italia
Liga Italia
Liga Italia
icon
1.5KThread6.8KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.