harrywjyy
TS
harrywjyy
2024 Jakarta Bukan Lagi Ibukota, Akan Seperti Apakah Nasibnya?

Sumber Gambar

Kabar mengenai ibukota yang akan pindah tentu sudah menjadi perbincangan sejak lama. Seperti yang banyak diberitakan, salah satu tempat di Kalimantan Timur dipilih menjadi lokasi ibukota baru Indonesia yang akan disebut Nusantara. Berbagai persiapan pun telah dilakukan demi suksesnya proyek ini.

Baru-baru ini beredar berita di mana Jakarta sudah tidak berstatus sebagai ibukota mulai tahun 2024 mendatang. Hal ini sudah sah dengan adanya keputusan Presiden (Keppres) yang dibuat oleh Presiden Joko Widodo tentang pemindahan ibukota dari Jakarta ke Nusantara yang akan dimulai pada tahun 2024.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantoro mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah pemindahan ASN, Polri dan TNI secara bertahap. Beriringan dengan pembangunan IKN yang akan dimulai pada 2024. Kedudukan dan peran Jakarta nantinya akan berubah, Jakarta akan kehilangan statusnya sebagai ibukota negara.


Sumber Gambar

Nampaknya proyek pemindahan ini cukup ambisius. Mengingat, Presiden Joko Widodo menginginkan upacara peringatan kemerdekaan pada tahun 2024 diadakan di IKN. Artinya, tersisa kurang lebih 500 harian lagi untuk mempersiapkan semuanya sesuai keinginan Jokowi.

Pasca pengumuman ini bahkan sudah sejak dulu saat wacana ini terbit, banyak omongan random di sosial media kalau orang Jakarta akan menjadi orang kampung. Apakah kalian merasa begitu?

TS tahu omongan itu hanya candaan belaka, tapi tetap menarik dibahas apakah nantinya Jakarta akan menjadi kampung? Rasanya tidak juga ya, mana ada kampung yang punya 129 gedung pencakar langit? Hehe, tapi seiring dengan hilangnya peran Jakarta sebagai ibukota, apakah Jakarta akan memiliki peran lain?


Sumber Gambar

Kemungkinan dan semoga saja, Jakarta akan tetap menjadi pusat ekonomi negara. Kegiatan bisnis akan tetap menggeliat di sini mengingat fasilitas di Jakarta juga sudah cukup mumpuni dan matang untuk menopang semuanya. Sedangkan IKN akan menjadi kota di mana pusat administrasi negara dan pengendalian pemerintahan skala nasional.

Apakah TS minat berpindah ke IKN?emoticon-Bingung (S)

TS sendiri rasanya masih enggan pindah ke sana, sejauh ini Jakarta dan Depok masih jadi tempat yang nyaman. Karena akses cukup mudah dan fasilitas masih lengkap di sini. Sedangkan IKN entah butuh berapa lama supaya bisa jadi sebesar Jakarta. Di mana mobilitas mudah, fasilitas lengkap dan lain sebagainya. Di sini yang susah cuma satu, cari kerja!

Tapi kita lihat ke depannya, semua tergantung situasi. Bagaimana IKN akan berkembang? Kalau memang tinggal di sana menguntungkan, maka TS mau saja pindah ke sana. Dengan hadirnya IKN di Kalimantan, semoga daerah sekitar juga mengalami dampak positif seperti pertumbuhan ekonomi yang baik, fasilitas yang makin lengkap, makin maju deh pokoknya. Selama ini kan hanya pulau Jawa terus.


Sumber Gambar

Ya mau di mana pun ibukotanya, semoga Indonesia maju selalu. Ini bukan soal di kota mana kita tinggal. Tapi di negara mana kita berada. Di mana pun itu, tetap Indonesia, kan? Jadi sudah seharusnya kita saling mendukung.

Kalau kalian apakah berminat pindah ke IKN? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
tenarsyndromejhon_fcbalagagila
balagagila dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.5K
181
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread80.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.