Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
64
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63e2f66cd657b934cb3641a7/nikmatnya-nasi-kebuli-khas-betawi
sumber gambar Wah gak terasa ya sebentar lagi mau bulan Ramadhan, bulan yang penuh syafaat dan manfaat serta rasa kasih sayang dimana banyak orang berlomba mendapatkan keberkahannya. Biasanya nih dibulan Ramadhan, ada kebiasaan tersendiri ketika berbuka puasa prasmanan surau, langgar atau masjid. Nah, yang menjadi menu paling di tunggu adalah tradisi nasi kebuli. Tentunya menu buka puasa yang dibe
Lapor Hansip
08-02-2023 08:10

Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi

icon-verified-thread



Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi

sumber gambar

Wah gak terasa ya sebentar lagi mau bulan Ramadhan, bulan yang penuh syafaat dan manfaat serta rasa kasih sayang dimana banyak orang berlomba mendapatkan keberkahannya.

Biasanya nih dibulan Ramadhan, ada kebiasaan tersendiri ketika berbuka puasa prasmanan surau, langgar atau masjid. Nah, yang menjadi menu paling di tunggu adalah tradisi nasi kebuli. Tentunya menu buka puasa yang diberikan secara gratis di masjid ini tidak tiap hari ada, hanya hari-hari tertentu yang biasanya di dahului ceramah sembari menunggu waktu berbuka.

Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi

sumber gambar

Beberapa jenis nasi berbumbu di Indonesia bisa disebut antara lain: nasi minyak khas Jambi, nasi liwet khas Solo, nasi uduk dan nasi kebuli khas Betawi, dan lain sebagainya.

Nasi kebuli adalah nasi yang dimasak bersama kaldu daging kambing dan susu kambing, dibumbui dengan aneka rempah aromatik seperti kapulaga, jintan, cengkih, pala, dan kayu manis. Dimasak dengan minyak samin dan taburan irisan kurma atau kismis.

Tentu saja beras panjang yang menjadi ciri khas, juga agak berbeda dengan nasi berminyak lainnya.

Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi

sumber gambar

Nasi kebuli biasanya disajikan dengan daging kambing goreng, tetapi kini ada pula yang disantap dengan daging ayam, serta acar mentimun, tomat, dan nanas.

Hal yang menjadi unik sebenarnya cara penyajian nasi ini kepada jamaah, bukan dengan dibungkus, memakai kotak atau juga piring tapi nampan yang besar atau kecil.

Nah, satu nampan besar itu dikelilingi 4-5 orang, satu nampan kecil 2-3 orang dengan nasi kebuli di tengahnya yang ditaruh menggunung mirip tumpeng. Biasanya ketika adzan berkumandang hanya cemilan ringan saja untuk membatalkan puasa yang dihidangkan, lalu setelah shalat magrib barulah nasi kebuli prasmanan dihidangkan hingga isya menjelang di lanjut shalat Isya dan tarawih.

Jadi jamaah yang hadir, fokus untuk beribadah dan dijamu ketika tradisi nasi kebuli ini diadakan. Walau sebenarnya nasi kebuli ini adalah tradisi dari Arab, makanan khas daerah kabul Afghanistan yang dibawa oleh para pedagang Yaman hingga akhirnya familiar di tanah betawi.

Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi

sumber gambar

Tapi, cara penyajiannya untuk selamatan sudah berubah bentuk dari tradisi arab menjadi tradisi nusantara. Bahkan tradisi prasmanan nasi kebuli, identik dengan hari besar perayaan Islam.

Setidaknya tradisi ini unik dan patut juga dilestarikan, walau bukan asli dari nusantara.

Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi

sumber gambar



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi


Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk untuk memberikan balasan
cooking--resto-guide
Cooking & Resto Guide
6.5K Anggota • 7.6K Threads
Halaman 1 dari 2
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 08:13
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 08:13
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 08:13
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 08:15
Jadi lapee
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 08:16
Kayak nasi goreng
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 08:28
nikmat banget sih ini wan emoticon-Jempol
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 08:30
Enak bre, terutama yg pk beras panjang2 itu...
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 08:39
kirain kebuli asli timur tengah/asia selatan, secara bumbu2 sekeras itu dan jarang sayur ga mirip budaya nusantara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 09:11
Enak koq nasi biryani
Dr india timteng
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 10:08
Enak pasti ini, tapi di daerah gw jarang makan pake nampan, pasti di piringin satu satu,kyknya biar lebih enak aja pembagiannya.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 11:02
Beda sama nasi kuning yang seperti tumpengan ya gan-sist?
emoticon-Bingung
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 11:07
Jadi laper...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 11:23
otw angkringan west
laper ne
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 11:26
blom pernah coba
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 12:38
Apakah kalau kebuli harus lapor KPAI
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 12:45
sedap banget ya gan, belum pernah saya deh sepertinya
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 13:10
Kalau ngikutin penyajian secara tradisional sih sebenernya jijik makannya. 1 piring gede buat 3-5 orang. Langsung main ubek2 lauk+nasinya. soalnya pernah liat pas diundang acara dulu.

Kalau yg versi restoran/warung makan sih bersih. Sepiring ya emang porsi 1 orang
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 14:34
enak itu dimakan rame2 bareng temen2 emoticon-Big Grin
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 15:10
makan nasi kebuli + kopi item emoticon-Kiss (S) emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh gembalaanjing69
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmatnya Nasi Kebuli Khas Betawi
08-02-2023 15:37
Ini mirip2 nasi lemak ya gan
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia