News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
95
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63c46acf49be3d61052f238f/tahu-mitos-makan-tidak-habis-bisa-bikin-ayam-mati-ada-pesan-penting-dibaliknya
Tahu mitos makan tidak habis bisa bikin ayam mati? Ternyata ada pesan penting yang ingin disampaikan orang tua zaman dulu Makan tidak habis dapat menyebabkan ayam mati, pasti Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan mitos yang satu ini. Mitos yang membahas tentang makan tidak habis dapat menyebabkan ayam mati ini telah ada sejak zaman dulu GanSis, dimana memang teknologi belum semaju sekarang
Lapor Hansip
16-01-2023 04:06

Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya

icon-verified-thread
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
Tahu mitos makan tidak habis bisa bikin ayam mati?
Ternyata ada pesan penting yang ingin disampaikan orang tua zaman dulu


Makan tidak habis dapat menyebabkan ayam mati, pasti Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan mitos yang satu ini.

Mitos yang membahas tentang makan tidak habis dapat menyebabkan ayam mati ini telah ada sejak zaman dulu GanSis, dimana memang teknologi belum semaju sekarang dan masyarakat masih belum mengenal tentang istilah-istilah modern juga media sosial.

Terkait mitos makan tidak habis yang bisa menyebabkan ayam mati ini biasanya disampaikan oleh para orang tua kepada anak-anaknya yang masih kecil saat menyuapi tetapi anak mereka enggan untuk menghabiskan makanan dengan alasan kenyang atau buru-buru ingin pergi main.

Cara memaksa anak untuk dapat menghabiskan makanannya yaitu biasanya mereka akan menakut-nakuti anaknya dengan mengatakan bahwa jika makan tidak habis maka ayam yang dipelihara akan mati.

Orang-orang zaman dulu khususnya yang tinggal di pedesaan, biasanya memang memelihara ayam kampung sendiri. Ayam-ayam ini bukan hanya untuk dikonsumsi daging atau telurnya melainkan juga bisa dijual untuk mencukupi kebutuhan yang lainnya.

Lalu apa alasan dan hubungan antara makan tidak habis bisa menyebabkan ayam mati sedangkan sisa makanan sendiri sebenarnya bisa untuk pakan ayam?

Berikut ini alasan logisnya menurut TS pribadi.


Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya


Alasan paling masuk akal dari adanya mitos makan tidak habis dapat menyebabkan ayam mati adalah pesan moral yang ingin disampaikan secara tidak langsung oleh orang tua kepada anak terkait cara menghargai dan mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan.

Untuk mendapatkan sesuap nasi banyak orang yang melalui berbagai macam proses, mulai dari petani yang harus menanam padi sampai dengan masyarakat yang harus bekerja untuk membeli beras, itu semua adalah perjuangan yang perlu untuk dihargai dengan cara bersyukur dan tidak menyia-nyiakan apa yang sudah menjadi rezeki.

Bukan hanya itu, bersyukur atas rezeki yang sudah didapatkan yaitu berupa makanan juga sangat penting untuk dilakukan karena banyaknya orang yang kelaparan karena tidak memiliki makanan, itulah sebabnya kenapa saat makan harus dihabiskan dan jika tidak bisa makan dalam jumlah banyak maka lebih baik mentakar porsi secukupnya agar tidak ada makanan yang terbuang sia-sia.

Meskipun cara para orang tua zaman dulu terlihat seperti membohongi anaknya sendiri dengan menggunakan mitos yang sebenarnya tidak berkaitan sebagaimana makan tidak habis akan membuat ayam mati, ada pesan mendalam yang ingin disampaikan secara tidak langsung dan hanya bisa diketahui oleh anak-anak mereka saat sudah beranjak usia dewasa dan mengetahui bagaimana beratnya bekerja untuk dapat mencukupi kebutuhan makan sehari-hari.


Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya


Berikut tadi GanSis sekilas tentang alasan logis kenapa ada mitos makan tidak habis akan membuat ayam mati.

Mungkin seringkali kita melihat mitos sebagai sebuah kebohongan yang sengaja dibuat untuk menakut-nakuti, tetapi sebenarnya saat kita bisa melihat dari perspektif yang berbeda maka akan ada pesan penting yang sengaja untuk diselipkan agar kita paham tentang sesuatu berkaitan dengan kehidupan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.


Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya


Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
9.1K Anggota • 20.1K Threads
Halaman 1 dari 2
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 04:07
emoticon-Matabelo nah lo, gak semua mitos itu hanya berisi sebuah kebohongan ya GanSis
profile-picture
profile-picture
kwacimuffin dan sc5 memberi reputasi
2 0
2
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 04:07
emoticon-2 Jempol ada pelajaran baik yang bisa diambil dari adanya mitos makan tidak habis bikin ayam mati
profile-picture
profile-picture
kwacimuffin dan sc5 memberi reputasi
2 0
2
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 04:08
emoticon-Cape d... dulu ane juga gak paham apa hubungannya makan gak habis sama ayam mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kwacimuffin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 04:18
Ane juga baru paham setelah kerja sendiri gan, ternyata maksud dari mitos itu biar kita belajar bersyukur
profile-picture
profile-picture
iman.nxl dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 04:25
emoticon-Ngakak ane dulu juga pernah ditakut-takuti sama orang tua dengan mitos itu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 04:34
Ini sih alasannya karena orang tua zaman dulu pendidikannya masih tergolong rendah, jadi mereka menyederhanakan aturan dengan menakut-nakuti emoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 05:18
Mengajarkan bersyukur dengan rezeki yang sudah didapat, mitos yang bagus sebenarnya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 05:30
emoticon-Matabelo ternyata mitos ini menyeluruh di Indonesia, soalnya ane juga pernah digituin sama emak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 05:45
Hebat nya alasan ini menyebar dengan serempak ke orang tua dengan alasan yg sama ttng ayam emoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 05:58
Ane ga pernah denger ... mkn ga habis bisa bikin ayam mati.

Ga mempan kayaknya kl buat ane. Bodo amat kl ayamnya mati.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 06:11
Faktanya justru sebaliknya, kita tidak habis makan maka ayam hidup makmur, coba perhatikan di kampung/desa dimana masyarakatnya banyak memelihara ayam justru sebagian tujuannya agar memakan sia-sia makanan seperti nasi yang sudah kelamaan di pemanas, sisa makanan yang tidak habis, dsb, bahkan tidak cuma ayam saja, kucing dan bebek juga ikut andil memakan sisa-sisa makanan manusia, itulah sudah bagian rejeki mereka.

Itu saya pahami sejak kecil, sejak orang tua saya mengatakan mitos ini ke saya, sangat tidak logis, dan menjadi tanda tanya yang dipertanyakan (tipikal mitos pasti dipertanyakan orang yang mendengarnya), mungkin tujuannya untuk melatih logika berfikir dan mengajarkan kita untuk kritis.

Jawaban sebenarnya mengenai "kalo makan gk habis, nanti ayam mati", itu adalah jika makan gk habis maka akan lebih banyak ayam yang mati disembelih untuk konsumsi manusia tapi ternyata sia-sia karena gk dimakan habis oleh manusia, coba jika dimakan sebagaimana mestinya, sehingga demand vs supply akan lebih seimbang, ayam yang disembelih beneran habis dikonsumsi, bukan dibuang-buang, maka jumlah ayam yg mati tidak terlau banyak.

Tapi ya, itu kan kalangan menengah ke atas yg makannya selalu ayam, lah saya dulu saat masih kecil boro-boro ayam, makan telur aja dulu udah barang mahal, dulu lebih sering makan ikan.

Makna hikmahnya sesuai isi thread ini, mengajarkan kita bersyukur dan makan sesuai kebutuhan, bukan rakus ngambil makanan banyak tapi gk dihabiskan.

Betapa banyak orang yg kelaparan, kita malah gk habis memakan makanan yang kebanyakan kita ambil.

Kalo saya makan gk habis pun, lauknya pasti saya habiskan, agar tidak ada ayam dan ikan dan sapi dan kambing yg mati sia-sia, nasinya buat makan ayam biar gk mati, fair enough emoticon-Big Grin
Diubah oleh luxm4n
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 06:31
Quote:Original Posted By ripial
Hebat nya alasan ini menyebar dengan serempak ke orang tua dengan alasan yg sama ttng ayam emoticon-Matabelo
emoticon-Ngakak iya gan, siapa yang nyebarin coba kan dulu gak ada medsos

Quote:Original Posted By lonelylontong
Ane ga pernah denger ... mkn ga habis bisa bikin ayam mati.

Ga mempan kayaknya kl buat ane. Bodo amat kl ayamnya mati.
emoticon-Ngakak mosok gak pernah denger om, apa lebih tua om nya dari pada mitos ini?
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 07:00
Sebenarnya banyak mitos2 zaman dulu seperti duduk di pintu, halaman kotor, dll itu untuk mendidik

Tapi kalau zaman skrg sepertinya sdh tidak relevan lagi, karena mitos tersebut sama saja mengajarkan untuk berbohong
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 07:42
bener juga ini om..

padahal sebenernya makanan ga abis, ayam tambah seneng ya..jatahnya jadi tambah banyak (bagi yg piara ayam)

emoticon-Jempol
0 0
0
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 07:50
Ga pernah denger mitos ginian.
Twisted event : anaknya tambah sengaja ga habisin makanan krn mau ayam musuhnya pada mate. emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 08:09
ane waktu bocil sering nya "nnti nasinya nangis" emoticon-Big Grin
0 0
0
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 08:22
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
0 0
0
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 08:22
karena dulu rata2 orang tua pelihara ayam dan dari sekian banyak ayam itu ada ayam paporit si kecil. gak mau dong ayamnya mati.
tidak berlaku untuk anak sekarang.....
0 0
0
Post ini telah dihapus
Tahu Mitos Makan Tidak Habis Bisa Bikin Ayam Mati? Ada Pesan Penting Dibaliknya
16-01-2023 08:29
hikmahnya jangan buang2 nasi gan.. ambil secukupnya aja.
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia