Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6393c55f2c074d549e2618a9/apakah-perzinahan-itu-hanya-tentang-perselingkuhan-ini-dia-sekilas-pengertian-zina
Heboh RKUHP pasal perzinahan dan kumpul kebo, apakah perzinahan itu hanya untuk kondisi perselingkuhan? Media sosial tengah dihebohkan dengan pembahasan telah disahkannya RKUHP pada beberapa hari yang lalu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia atau DPR RI. Dari disahkannya RKUHP tersebut masih saja muncul pro kontra di tengah masyarakat terkait beberapa pasal yang dinilai tidak me
Lapor Hansip
10-12-2022 06:31

Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina

icon-verified-thread
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
Heboh RKUHP pasal perzinahan dan kumpul kebo, apakah perzinahan itu hanya untuk kondisi perselingkuhan?


Media sosial tengah dihebohkan dengan pembahasan telah disahkannya RKUHP pada beberapa hari yang lalu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia atau DPR RI.

Dari disahkannya RKUHP tersebut masih saja muncul pro kontra di tengah masyarakat terkait beberapa pasal yang dinilai tidak memiliki logika hukum atau juga dianggap sebagai pasal karet karena bisa dipergunakan sesuai dengan kepentingan tertentu.

Di media sosial warganet juga tengah menghebohkan terkait pasal yang mengatur perzinahan dan juga kumpul kebo, dimana sesuai pasal 411 dan juga pasal 412 RKUHP bagi pasangan bukan suami istri yang tinggal bersama satu atap atau setiap orang yang melakukan persetubuhan bukan dengan suami atau istri meskipun keduanya lajang, mereka dapat dikenakan sanksi pidana penjara dengan masa tahan tertentu atau denda jika anak atau orang tua dari salah satu pihak tidak terima dengan adanya perzinahan tersebut.

Pasal yang melarang perzinahan dan hubungan kumpul kebo ini pun menuai banyak komentar tanggapan termasuk dari pengacara kondang Hotman Paris Hutapea yang menganggap pasal tersebut tidak ada logika hukum nya sama sekali.

Lantas apa sih pengertian dari perzinahan itu sendiri, apakah perzinahan hanya bisa disematkan kepada orang yang berselingkuh dari pasangannya saja?

Mari kita bahas singkat dan sekilas tentang apa itu hubungan zina.


Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ZINAmemiliki arti perbuatan bersenggama antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat oleh hubungan pernikahan atau perkimpoian.

Selain itu juga diartikan dengan arti, perbuatan bersenggama seorang laki-laki yang terikat perkimpoian dengan seorang perempuan yang bukan istrinya, atau seorang perempuan yang terikat perkimpoian dengan seorang laki-laki yang bukan suaminya.

Merujuk dari arti kata zina dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI tersebut tentu sudah dapat dilihat jelas bahwa pasal aturan terkait perzinahan dan kumpul kebo di RKUHP tidak menyalahi arti dari KBBI.

Di dalam pasal tersebut secara tidak langsung dijelaskan bahwa pelaku perzinahan adalah mereka orang yang bersetubuh tanpa adanya ikatan pernikahan atau yang kumpul kebo tinggal satu atap tanpa adanya pernikahan.

Munculnya pro kontra terkait disahkannya aturan dan pasal tentang perzinahan ini tentu wajar saja terjadi GanSis. Sebab memang meskipun banyak orang paham tentang arti perzinahan tetapi masih banyak orang yang masih melakukannya dengan sadar tanpa memikirkan dosa atau yang lainnya.

Saat ini kita tinggal melihat, apakah DPR RI akan tetap mempertahankan aturan tersebut di tengah protes masyarakat, atau kembali mencabut aturan dan memperbaiki isinya sesuai dengan permintaan masyarakat yaitu memperbolehkan perzinahan selagi tidak ada yang dirugikan atau melaporkan dari pihak suami atau istri pelaku perzinahan.


Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina


Berikut tadi GanSis sekilas tentang arti zina dan keterkaitannya dengan pasal-pasal di RKUHP yang sedang hangat dibahas di media sosial.

Sebagaimana yang sudah sangat sering terjadi, setiap aturan baru akan selalu mendapatkan penentangan dari orang-orang yang merasa dirugikan atas adanya aturan tersebut.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.


Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
59.9K Anggota • 916.4K Threads
Halaman 1 dari 2
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 06:32
emoticon-Ngakak gimana nih yang lagi heboh protes
0 0
0
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 06:32
emoticon-Matabelo jangan bilang protes karena ada kepentingan tertentu
0 0
0
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 06:32
emoticon-Cape d... zina itu nggak hanya untuk kasus perselingkuhan ya, tapi juga untuk semua hubungan diluar pernikahan
0 0
0
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 06:59
emoticon-Ngakak kelihatan banget sih yang kontra punya kepentingan apa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hasbi93 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 07:04
Tapi kalau sekelas Hotman Paris aja kontra, kayaknya memang pasal tersebut bermasalah ya emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
hasbi93 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 07:12
Dari dulu kenapa kalau ada aturan baru pada heboh? emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 07:15
itu pasal karet gan, melanggar ham juga.
kalau ada pasangan sukak sama sukak berzina, trus bapaknya ga setuju lapor aparat, diproses hukum.
kan jadi lucu, hukum kok kek sinetron.
ga logis.

itu salah satu masalah kuhp baru.
belum yg lain.


emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 08:19
Mau selingkuh atau enggak kalau berhubungan badan bukan sama suami atau istrinya itu ya zina emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
asteration dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 08:26
emoticon-Ngakak Bang Hotman semangat banget buat ngelawan pasal ini
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 08:26
Zina ya zina aja, korup yor ya koruptor aja emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 08:28
Quote:Original Posted By dasiemsidas
emoticon-Ngakak Bang Hotman semangat banget buat ngelawan pasal ini
emoticon-Ngakak karena ada sesuatu

Quote:Original Posted By sempaksional
Zina ya zina aja, korup yor ya koruptor aja emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
emoticon-No Hope gimana sih gan
0 0
0
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 08:39
Keknya lbh pd takut dipidana dr pda digrebek warga trs diarakemoticon-Leh Uga lbh nakutin mana hayoo?
Bagi ane ttp sm aja kek kuhp yg lama,dlu buat yg lajang jg gada aturan terkait jg pd apes kena grebek,klo buat pasutri aturannya dr dulu ya kek gitu ga ada yg berubah.
Intinya tetep sama aja tinggal apes ga apesnya doangemoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 09:41
mereka protes karena ada kepentingan tertentu atau gimana yah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 10:16
Anyway yg protes, itu setan ngk sih? bayangin mau jadi negara yang bersih, yg kotor harus di hapus dong
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 11:01
Belajar Teori matematika sekarang sedang praktek.
Negatif tambah negatif hasilnya positif emoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip
Diubah oleh semokmontok7980
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 11:10
congli juga termasuk zina kaga gan?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 13:07
Kentut. Selangkangan diurus pemerintah. Makannya gak maju. Dia buat aturan itu mending ngaca dulu. Sudah suci? Sudah pasti masuk surga? Makan tuh senggama eh agama....
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 13:08
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Apakah Perzinahan Itu Hanya Tentang Perselingkuhan? Ini Dia Sekilas Pengertian Zina
10-12-2022 14:10
Negara yg doyanya urusin kerang bulu doank
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia