News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6390b4d7a470e6425b359ed7/terjadi-lagi-pangkalan-udara-khalino-milik-rusia-terbakar-akibat-serangan-drone
Foto kebakaran di pangkalan udara di wilayah Kursk pada Selasa pagi. Sumber Foto: Status-6/Twitter Ledakan kembali mengguncang pangakalan udara Rusia, ini menjadi serangan ketiga kali dalam tiga hari terakhir. Serangan ketiga kali ini menimbulkan kebakaran. Pada 5 Desember lalu dilaporkan jika pangkalan udara di wilayah Saratov dan Ryazan diserang memakai drone, dua pangkalan ini menjadi sarang ba
Lapor Hansip
07-12-2022 22:44

Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone

icon-verified-thread
Quote:
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone

Foto kebakaran di pangkalan udara di wilayah Kursk pada Selasa pagi. Sumber Foto: Status-6/Twitter

Ledakan kembali mengguncang pangakalan udara Rusia, ini menjadi serangan ketiga kali dalam tiga hari terakhir. Serangan ketiga kali ini menimbulkan kebakaran.


Pada 5 Desember lalu dilaporkan jika pangkalan udara di wilayah Saratov dan Ryazan diserang memakai drone, dua pangkalan ini menjadi sarang bagi pesawat pembom Rusia. Dilaporkan jika dua pesawat Tu-95MS dan satu pesawat Tu-22M3 Backfire mengalami kerusakan. Dan tak berselang lama, sehari kemudian pada 6 Desember 2022 pangkalan udara di wilayah Kursk dilaporkan terbakar akibat serangan drone.

Mengutip artikel TheDrive.com, pihak berwenang Rusia menyalahkan Ukraina atas kebakaran yang terjadi selasa pag di pangkalan udara Rusia di wilayah Kursk, sekitar 100 km dari perbatasan Ukraina. Sementara itu, Ukraina masih enggan berkomentar terkait tuduhan tersebut.

Insiden itu hanya terjadi sehari setelah ledakan mengguncang dua pangkalan udara Rusia lainnya yang lebih jauh, Engels dan Dyagilevo. Moskow mengatakan insiden itu melibatkan penggunaan jenis drone era Soviet, hampir pasti merujuk pada Tu-141 dan Tu-143 bertenaga jet, di mana awalnya drone dibuat untuk melakukan misi pengintaian.

Gubernur daerah Kursk Oblast, Roman Starovoy, melalui Telegram mengatakan bahwa serangan pesawat tak berawak di Pangkalan Udara Khalino pada hari Selasa lalu telah memicu kebakaran. Serangan mungkin telah mengenai depot penyimpanan bahan bakar di pangkalan udara tersebut. Ia menambahkan, petugas pemadam kebakaran kemudian dikirim untuk memadamkan api. Beberapa video yang diposting ke media sosial menunjukkan api berkobar ke langit, asap hitam pekat juga menandakan bahwa ada kebakaran bahan bakar.

Quote:






Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone

Foto satelit menunjukkan asap hitam pekat mebumbung tinggi dari Pangkalan Udara Khalino. Foto: Planet Labs Inc


Pangkalan Udara Khalino adalah fasilitas Angkatan Udara Rusia yang telah memainkan peran penting dalam perang di Ukraina. Lapangan udara ini biasanya menjadi rumah bagi Resimen Penerbangan Tempur Pengawal ke-14 dengan dua skadron jet tempur Su-30SM Flanker-H. Resimen memiliki kekuatan 24 jet tempur, dalam insiden Selasa pagi tidak dilaporkan adanya kerusakan jet tempur di pangkalan udara tersebut.

Sementara itu, ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa serangan drone lainnya telah menargetkan depot bahan bakar di Lesnoye, di wilayah Bryansk. Dalam serangan ini, drone dilaporkan gagal mencapai target. Lokasi ini bahkan lebih dekat dengan Ukraina, hanya sekitar 50 km dari perbatasan terdekat.

Moskow menyalahkan Ukraina atas ledakan pada hari Senin (5 Desember 2022) di Pangkalan Udara Engels dan Dyagilevo dan, sementara Ukraina masih bungkam atas tuduhan yang dilontarkan Rusia tersebut. Sementara seorang pejabat Ukraina yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada New York Times bahwa, Kyiv berada di balik serangan itu. Beberapa jam setelah ledakan di pangkalan udara Engels dan Dyagilevo, Rusia meluncurkan rentetan rudal jelajah terbarunya terhadap sasaran di Ukraina. Hal ini menunjukkan bahwa, serangan pesawat tak berawak mungkin telah diatur waktunya untuk mengganggu operasi ini.


Pangkalan Udara Rusia Telah Menjadi Sasaran Sejak Awal Invasi


Sejak Putin melakukan invasi ke Ukraina pada Februari lalu, beberapa pangkalan udara di Rusia telah jadi sasaran serangan oleh Ukraina. Menyadari jika jet tempur yang dimiliki kalah jumlah dari Rusia, maka Ukraina mulai menyerang beberapa pangkalan udara yang lokasinya berdekatan dengan perbatasan kedua negara. Ukraina memakai rudal balistik jarak pendek hingga drone, yang merupakan warisan Soviet.

Di awal konflik, ada laporan bahwa Ukraina telah menargetkan Pangkalan Udara Millerovo yang berjarak 30 km dari perbatasan Ukraina, serangan ini diduga menggunakan rudal balistik jarak pendek Tochka (SS-21 Scarab). Serangan paling dramatis seperti itu juga menargetkan Pangkalan Udara Saki di Krimea pada 9 Agustus 2022, di mana ledakan menyebabkan setidaknya 10 jet rusak parah atau hancur.

Masih di Krimea di bulan Agustus, laporan Rusia mengaitkan kepulan asap di atas Pangkalan Udara Gvardeyskoe dengan tindakan Ukraina, meskipun citra satelit yang tersedia tampaknya tidak menunjukkan kerusakan yang serius di sana.

Sementara itu ada satu serangan sabotase di lapangan terbang Rusia, tepatnya di Pangkalan Udara Ostrov di wilayah Pskov. Pangkalan udara itu tampaknya disusupi oleh agen/pasukan khusus Ukraina yang meledakkan bahan peledak yang ditempatkan di helikopter yang berada di sana.

Sementara serangan paling jauh terhadap pangkalan udara Rusia terjadi di Engels dan Dyagilevo, laporan Rusia menyebutkan jika Ukraina menggunakan drone pengintai Tu-141 yang dimodifikasi untuk serangan tersebut. Tetapi serangan terhadap Pangkalan Udara Khalino di Kursk bisa saja menggunakan drone jenis lain atau bahkan dengan cara lain.

Quote:
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone

Serangan di Pangkalan Udara Saki pada 9 Agustus 2022. Foto: Planet Labs Inc


Pangkalan udara adalah fasilitas sangat penting untuk perang udara Rusia, baik untuk meluncurkan serangan rudal jelajah atau mengirim kekuatan udara taktis; guna mendukung pasukan Rusia dalam upaya merebut kendali udara.

Sejauh menyangkut misi ofensif, rudal jelajah yang diluncurkan dari udara menjadi lebih penting, karena Rusia telah menghabiskan stok senjata standoff yang diluncurkan dari darat dan laut. Bahkan rudal jelajah nuklir yang telah dimodifikasi tampaknya sudah mulai digunakan, meski hanya sebagai umpan.

Di sisi lain, kemampuan nyata Ukraina untuk menyerang pangkalan udara Rusia bahkan yang berjarak jauh sekali pun, sekali lagi menunjukkan kurang mampunya pertahanan udara Rusia untuk melindungi instalasi utama ini, yang sebenarnya memiliki nila strategis dalam perang di Ukraina.

Dan kini tampaknya militer Rusia mungkin menyadari risiko kesulitan dalam mempertahankan diri dari serangan-serangan ini. Di Dyagilevo, misalnya, dinding pelindung untuk melindungi dari pecahan peluru dan ledakan baru-baru ini dibangun di sepanjang jalur penerbangan, ditmbah oleh dinding dari ban khusus. Perkembangan serupa terlihat di pangkalan udara Rusia di Khmeimin , di Suriah, setelah pangkalan itu menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak pada 5 Januari 2018.

Quote:
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone

Lokasi yang menunjukkan lokasi pangkalan udara Rusia. Ilustrasi: Google Earth


Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone

Setelah serangan pada 5 Desember, tampak dinding pelindung dipasang di dekat pesawat yang berada di Pangkalan Udara Dyagilevo. Foto: LotA/Twitter


Sementara itu juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, mengatakan pihaknya akan memindahkan pesawat pembom dan jet tempur yang berbasis di dekat Ukraina ke pangkalan udara lain yang lebih jauh. Lebih lanjut, Rusia akan mengidentifikasi dan menjatuhkan sanksi berat pada perwira Rusia yang dianggap bertanggung jawab karena kebakaran di tiga pangkalan udara Rusia.

Selain memindahkan pembom dan kemungkinan juga pesawat lain, Peskov mengatakan jika Rusia akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan perlindungan di fasilitas militernya yang kritis. Sementara itu serangan dua hari berturut-turut terhadap 3 pangkalan udara Rusia, menunjukkan jika mereka kurang persiapan dalam melawan ancaman seperti drone.

Meski drone yang menuju Pangkalan Udara Dyagilevo sudah ditembak jatuh, tetapi serpihan drone tersebut kemudian menghantam truk tangki berisi bahan bakar dan menyebabkan ledakan. Selain itu keputusan Rusia untuk menempatkan pesawat pembom dan jet tempur di pangakalan aju (pangkalan untuk mendukung operasi udara) juga masih menjadi hal yang membingungkan; terutama penempatan pesawat pembom.

Lazimnya pesawat pembom tak perlu berada di pangkalan aju, pasalnya pesawat sedari lahir didesain punya jangkauan terbang yang jauh. Jika pesawat kehabisan bahan bakar sebelum sampai wilayah pengeboman, pesawat bisa mengisi ulang bahan bakar dengan dukungan pesawat tanker. Tetapi hal itu tidak dilakukan Rusia. Dan kini mereka harus membayar mahal tindakan sembrononya dengan kehilangan 3 pesawat pembom yang sejatinya akan digunakan menyerang target penting di Ukraina.



Quote:
------------------




Referensi Tulisan: TheDrive.com & New York Times &
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk untuk memberikan balasan
militer
Militer
3.8K Anggota • 19.1K Threads
Halaman 1 dari 2
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
07-12-2022 22:44
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone

Ukraina yang dipimpin mantan komedian pasti tidak mungkin bisa melakukan serangan ini, apalagi mereka hanya punya senjata bekas Soviet dan hibah senjata tua dari Barat. Ini pasti ulah Ivan, Dmitry dkk yang suka membuang puntung rokok sembarangan, sehingga menyebabkan kebakaran emoticon-Ngacir



@yoseful ,@gonugraha76
@mynameisant,@nowbitool, @jlamp, @jagotorpedo @gabener.edan, @black.robo, @banditos69, @PhaantomPain, @bukan.bomat, @redemption878, Quote:Original Posted By Stand_Not_Still
, @badbironk, @victimaye
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
07-12-2022 22:50
Gile...... Stok drone2 era cold war nya pro kiev, ternyata sakti jg.... Bs tembus jauh ke belakang nya genk putin, dr medan garis pertempuran di ukraina......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
07-12-2022 23:09
Sepertinya bakal saling balas membalas serangan, target nya pangkalan militer bukan pemukiman sipil. Heran juga kenapa drone2 bisa lolos masuk ke wilayah Rusia sih, ada apa dengan pertahanan udara Rusia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
07-12-2022 23:18
URAAAAAA

ini artinya udah SAH buat rus buat menyerang2 besar2an emoticon-Wakaka


bersiap2lahemoticon-Traveller
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
07-12-2022 23:42
Drone semakin efektif ini buat serang ke Rusia.
Ada apa dengan Rusia sampe kebobolan? emoticon-Confused
Ngeri ini perkembangan drone yg cukup pesat. Awalnya utk intai sekarang jadi utk serangan emoticon-army
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 01:51
Semoga kekacauan dan keributan ini segera mereda...
Kasian banyak korban.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 05:15
oh ternyata drone dipake buat ngebom toh, canggih jugaemoticon-Ngakak

semoga kekacauan ini cepat berakhir, banyak korban yg tak bersalah, ga usah caplok2 negara orang, lagian ukraina itu negara termiskin di eropa beda dengan taiwan, taiwan lebih kaya, mau di caplok china nantiemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
69banditos dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 05:54
Sa ae makeen lama makeen ngeri tjoy
profile-picture
.bindexee. memberi reputasi
0 1
-1
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 05:55
maju terus rusia, kami rakyat indonesia mendukung mu rahmatan lil muhaimin maruf amin 👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Post ini telah dihapus
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 08:08
keren banget dronenya ya

#bata
profile-picture
profile-picture
kddnmt dan ariel1910 memberi reputasi
1 1
0
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 08:18
semakin gencar nih melakukan serangan
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 08:23
ini serangan dari siapa ya?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 08:31
gawat juga serangannya ya
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 08:34
Rusia sekarang banyak ya ancaman nya dari ukraina sendiri atau dari temen-temennya Ukraina
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 08:37
povhinki ada ngk sih wkwwkwk
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Terjadi Lagi, Pangkalan Udara Khalino Milik Rusia Terbakar Akibat Serangan Drone
08-12-2022 08:40
semoga cepat berakhir perangnya
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia